2 Ribu Atlet dari 14 Cabor Bakal Mentas di ASEAN Para Games 2022

Akan memakai format bubble dan diperketat

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 2 ribu atlet dari 14 cabang olahraga (cabor) akan mentas di ajang multievent ASEAN Para Games (APG) 2022. Mereka akan bersaing meraih prestasi terbaik dalam ajang yang digelar di Surakarta (Solo) pada 30 Juli-6 Agustus mendatang.

Hal itu diungkapkan langsung Ketua Umum (Ketum) Komite Paralimpik Nasional (NPC) Indonesia, Senny Marbun, usai menggelar rapat koordinasi yang dipimpin Menpora RI, Zainudin Amali, Selasa (28/6/2022).

"Ada 2 ribu atlet yang akan hadir, 14 cabor akan dipertandingkan," kata Senny.

1. ASEAN Para Games gunakan format bubble

2 Ribu Atlet dari 14 Cabor Bakal Mentas di ASEAN Para Games 2022Rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022, Selasa (28/6/2022). (IDN Times/Tino Satrio)

Wali Kota Solo, sekaligus Ketua Organizing Committee ASEAN Para Games (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka, menyebut jika pesta olahraga difabel Asia Tenggara itu akan menggunakan format bubble

Gibran berujar, pihaknya bakal meningkatkan protokol kesehatan selama APG. Kenyamanan dan kesehatan jadi prioritas mereka. Maka dari itu, hotel atlet akan per cabor, bukan per negara.

"Sistem bubble-nya akan lebih ketat karena hotelnya pun per cabor bukan per negara. Kami pastikan sejak kedatangan dan kepulangan dalam keadaan sehat," kata Gibran.

Baca Juga: Api Obor Diambil Dari Mrapen, Jadwal Torch Relay ASEAN Para Games 2022

2. Antisipasi penyebaran COVID-19 di ASEAN Para Games (APG) 2022

2 Ribu Atlet dari 14 Cabor Bakal Mentas di ASEAN Para Games 2022Rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022, Selasa (28/6/2022). (IDN Times/Tino Satrio)

Diperketatnya sistem bubble itu guna untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di ajang ASEAN Para Games (APG) 2022. Skema mitigasi COVID-19 juga sudah disiapkan. Sebab, APG dibayangi dengan melonjaknya kasus virus berbahaya itu.

Dalam rapat yang digelar sejak siang hingga sore kemarin, dibahas pula langkah mengatasi penyebaran varian baru, BA.4 dan BA.5.

"Kuncinya menjaga kedisiplinan. Dimohon agar kembali ke seperti saat varian Delta merebak, masker jangan sampai dilepas. Jadi, sekarang sudah mulai naik dan perkiraannya pada saat itu, kita sedang puncak-puncaknya (pandemik)," kata Amali.

3. Penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) 2022 sudah sangat siap

2 Ribu Atlet dari 14 Cabor Bakal Mentas di ASEAN Para Games 2022(Tim renang di ASEAN Para Games 2017) Media CDM APG

Persiapan pemerintah dalam menyelenggarakan APG 2022 sudah terbilang matang. Gibran juga menyatakan rasa bangganya karena Solo kembali menjadi tuan rumah, untuk kedua kalinya.

"Ini suatu kehormatan buat Solo karena kedua kalinya jadi tuan rumah. Persiapan sudah sangat matang, venue, hotel, dan volunteer itu, sudah sangat siap sekali," kata Gibran.

Baca Juga: Antisipasi COVID-19, ASEAN Para Games Terapkan Sistem Bubble

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya