Bibit Srikandi Indonesia Muncul di Asia Junior Championship 2023

PB Djarum kasih bonus puluhan juta

Jakarta, IDN Times - Sektor tunggal putri Indonesia akhirnya pecah telur di Asia Junior Championsips (AJC) 2023. Atlet muda PB Djarum, Mutiara Ayu Puspitasari, sukses menjadi yang pertama di nomor ini yang menjadi kampiun di AJC.

Atlet asal Ngawi, Jawa Timur, ini juara setelah menekuk wakil Korea Selatan, Kim Min Ji dua game langsung 21-11, 21-17. Keberhasilan Mutiara tak lepas dari performa apik dan daya juang tinggi dalam turnamen yang dihelat di Yogyakarta ini.

Baca Juga: PBSI Yakin Lebih Baik Ketimbang China di AJC 2023

1. Biasanya, China yang juara di sektor tunggal putri

Bibit Srikandi Indonesia Muncul di Asia Junior Championship 2023Ilustrasi bulu tangkis. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Tentu hasil yang membanggakan, mengingat sektor tunggal putri di AJC selalu didominasi China. Betapa tidak, sejak diselenggarakan 26 tahun lalu, titel kampiun di nomor ini selalu didominasi pemain asal negeri Tirai Bambu tersebut.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, berharap kemenangan Mutiara dapat membuka keran prestasi tunggal putri junior ke depan.

"Kami berharap setelah Mutiara sukses di tahun ini, pada tahun-tahun yang akan datang lahir juga pebulutangkis putri yang menjadi juara di Asia Junior Championships," kata Yoppy, dalam keterangan resminya.

2. Dapat bonus puluhan juta

Bibit Srikandi Indonesia Muncul di Asia Junior Championship 2023Mutiara Ayu Puspitasari mendapat bonus dari PB Djarum setelah juara AJC 2023 di nomor tunggal putri. (Dok. PB Djarum).

Atas prestasi tersebut, PB Djarum memberikan bonus besar kepada Mutiara. Bonus tersebut bernilai Rp45 juta, untuk mendongkrak semangat Mutiara dalam meraih prestasi yang lebih bergengsi lagi.

"Sedangkan untuk Mutiara, apresiasi dari Bakti Olahraga Djarum Foundation ini harus menjadi motivasi, dan pelecut semangat untuk dapat meraih gelar yang lebih tinggi lagi. Jangan berpuas diri," ujar Yoppy.

Baca Juga: Ini Daftar Skuad Indonesia untuk Kejuaraan Asia Junior 2023

3. Turun di dua nomor, Mutiara bangga

Bibit Srikandi Indonesia Muncul di Asia Junior Championship 2023Mutiara Ayu Puspitasari mendapat bonus dari PB Djarum setelah juara AJC 2023 di nomor tunggal putri. (Dok. PB Djarum).

Kemenangan ini semakin terasa istimewa bagi Mutiara karena turun di dua nomor, yakni beregu dan perorangan. Selama pertandingan, dia menahan sakit akibat cedera ringan di kakinya.

"Pada babak final, saya sadar kalau saya satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa. Jadi saya termotivasi untuk meneruskan langkah dan perjuangan untuk bisa naik podium tertinggi. Sebenarnya kondisi saya dan Kim juga sama-sama sedang tidak maksimal, karena kaki kami sedang cedera. Dengan begitu, saya manfaatkan peluang dari kelemahan Kim yang sering mati sendiri ketika bermain," kata Mutiara.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya