Gulat dan Tenis Indonesia Berjaya di SEA Games 2023

Sukses menyumbang banyak emas

Jakarta, IDN Times - Cabang olahraga (cabor) gulat dan tenis Indonesia meraih kejayaan di SEA Games 2023. Gulat panen emas, sementara tenis berhasil menjadi juara umum dalam multievent yang digelar di Kamboja tersebut.

Kegemilangan gulat didapat di nomor greco roman putra. Empat medali emas berhasil diraih, lewat aksi Suparmanto (63 kg), Muhammad Aliansyah (67 kg), Andika Sulaeman(77 kg) dan Lulut Gilang Saputra (87 kg).

Sementara, tenis menjadi juara umum setelah menorehkan empat emas, dua perak, dan tiga perunggu. Petualangan mereka telah selesai pada Minggu (14/5/2023).

1. CdM Indonesia beri apresiasi

Gulat dan Tenis Indonesia Berjaya di SEA Games 2023CdM Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. (Dok, NOC Indonesia)

Sebelum gulat dan tenis, ada beberapa cabor lain yang menorehkan prestasi gemilang. Seperti silat dan wushu yang juga menjadi juara umum.

Chef de Mission (CdM) Indonesia, Lexyndo Hakim, memberikan apresiasi besar atas prestasi tersebut. Medali yang didulang berhasil melewati target tim Merah Putih yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Kami mengapresiasi prestasi yang ditorehkan seluruh atlet dari berbagai cabor yang membuat Tim Indonesia hingga saat ini bisa mendapat 70 medali emas lebih," kata Lexyndo dalam keterangan resminya.

Baca Juga: PUBG Amankan Emas ke-70 Indonesia di SEA Games 2023

2. Indonesia sedang berada di peringkat ketiga

Gulat dan Tenis Indonesia Berjaya di SEA Games 2023Atlet Indonesia meraih emas di SEAGames 2023. (Dok. NOC Indonesia).

Kini, Indonesia sedang bertengger di peringkat ketiga dengan perolehan 74 emas, 51 perak dan 80 perunggu. Jumlah emas yang didapat melebih 11 keping dari target yang hanya diprediksi 60 emas.

"Terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berjuang. Terima kasih kepada Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta seluruh pengurus federasi cabor atas konsistensinya membina atletnya masing-masing," ujar Lexyndo.

3. Medali emas berpotensi terus bertambah

Gulat dan Tenis Indonesia Berjaya di SEA Games 2023Lifter Indonesia, Eko Yuli meraih medali emas di SEA Games 2023. (Dok. NOC Indonesia).

Total, 74 emas keping yang telah diraih pun masih berpotensi bertambah. Ada beberapa cabor yang sedang berjuang, dan selangkah lagi meraih emas.

Seperti sepak bola, dan basket 5x5 putra. Timnas Indonesia menuju final, sementara basket 5x5 putra masih di semifinal.

Baca Juga: Sepak Takraw dan Angkat Besi Tambah 3 Emas dari SEA Games 2023 Kamboja

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya