Jokowi Tutup ASEAN Para Games, Kamboja Jadi Tuan Rumah 2023

Indonesia kantongi 175 medali emas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi menutup pesta olahraga ASEAN Para Games XI Tahun 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Sabtu (6/8/2022).

ASEAN Para Games XI ditutup dengan Indonesia keluar sebagai juara umum. Indonesia berhasil mengantongi 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu dengan total perolehan 425 medali.

Kegiatan yang bertemakan striving for equality ini diikuti oleh 1.907 orang, terdiri dari 1.248 atlet dan 659 official. ASEAN Para Games XI ini mempertandingkan 14 cabang olahraga dengan 457 nomor pertandingan serta memperebutkan 1.260 medali.

"Indonesia sangat bangga bisa menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 ini. Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara-negara Asia," ujar Jokowi saat menutup perhelatan ASEAN Para Games XI yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (6/8/2022).

1. Jokowi berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung suksesnya ASEAN Para Games XI

Jokowi Tutup ASEAN Para Games, Kamboja Jadi Tuan Rumah 2023Kalangan pelajar hingga mahasiswa memberi dukungan ke perenang difabel yang berlaga di ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jati Diri Semarang, Senin (1/8/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara, terutama para atlet yang telah menunjukkan sportivitas persaudaraannya. Kemudian kepada ASEAN Para Sports Federation (APSF), The International Sports Federations, National Paralympic Committee (NPC), dan Komite Nasional ASEAN Para Games XI.

Jokowi tak lupa berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, serta masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang menjunjung keramahtamahan.

"Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi. Solidaritas antar bangsa-bangsa, ASEAN yang ditunjukkan oleh para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan bagi penyandang disabilitas. Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas," ujarnya.

2. Jokowi serahkan tongkat estafet tuan rumah ASEAN Para Games 2023 kepada Kamboja

Jokowi Tutup ASEAN Para Games, Kamboja Jadi Tuan Rumah 2023Ilustrasi bendera Kamboja dan salah satu landmark di kota Phnom Penh. (unsplash.com/@nardly)

Jokowi juga menyampaikan dukungan kepada Kamboja yang akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-12 pada tahun depan. Wakil Ketua Komite Paralimpik Nasional Kamboja hadir mewakili negaranya.

"Dengan mengucap puji syukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala, alhamdulillahirobbilalamin, ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini. Sampai jumpa di ASEAN Para Games ke-12 tahun 2023 di Kamboja," tutup Jokowi.

3. Ribuan personel keamanan amankan penutupan

Jokowi Tutup ASEAN Para Games, Kamboja Jadi Tuan Rumah 2023Perenang difabel Aris Wibawa (tengah) meraih medali emas di ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Senin (1/8/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan pihaknya menyiapkan sekitar 2.137 personel yang disebar di beberapa lokasi pada acara penutupan ASEAN Para Games.

Pengamanan closing ceremony di Stadion Manahan dibagi menjadi 3 ring. Ring pertama di dalam Stadion Manahan, kedua di area parkir Stadion Manahan, dan ketiga di pagar luar sepanjang Stadion Manahan.

"Selain tiga ring tersebut, kami juga akan menerjunkan 5 tim gabungan dari Polri, TNI, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta yang akan memonitor kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dan kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) baik sebelum, saat, maupun setelah closing ceremony ASEAN Para Games 2022," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2022

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya