Kebakaran Hutan di Dekat Venue Asian Games, 3 Helikopter Dikerahkan

Asapnya bisa mengganggu para atlet, nih!

Palembang, IDN Times - Kebakaran hutan gambut dan lahan kering seluas 2 hektare terjadi sekitar venue Asian Games, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Selasa (21/8). Namun api yang diduga muncul sejak pukul 15.00 WIB itu kini telah padam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Iriansyah, bersama Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin, langsung meninjau lokasi kebakaran.

"Ini jadi prioritas. Sudah diberi personel tambahan, sudah mendirikan posko juga. Di sekitar Jakabaring (Sport City) jadi prioritas utama," kata Iriansyah di lokasi kebakaran, Selasa (21/8).

1. Pemerintah provinsi menurunkan 4 helikopter

Kebakaran Hutan di Dekat Venue Asian Games, 3 Helikopter DikerahkanDok. IDN Times

Guna mencegah meluasnya kebakaran lahan, pemerintah provinsi langsung mengerahkan tiga helikopter dengan muatan air untuk membasahi lahan.

"Yang saya senang inu adalah dalam waktu 15 menit tim darat kita sudah nyemport air. Kemudian helikopter dalam waktu 20 menit sudah datang. 10 menit lagi datang 1 helikopter. 10 menit lagi datang 1. Jadi 3 helikopter. Ini kan artinya kita profesional," sambut Alex di lokasi kejadian.

Selain tiga helikopter, sekurangnya ada 10 mobil pemadam kebakaran yang berjaga di lokasi.

Baca Juga: Perolehan Hari Ini: Indonesia Rebut Tiga Medali Asian Games 2018

2. Belum bisa diketahui penyebab kebakaran

Kebakaran Hutan di Dekat Venue Asian Games, 3 Helikopter DikerahkanDok. IDN Times

Hingga saat ini, baik BPBD ataupun Pemerintah Provinsi tidak ingin berspekulasi soal pemicu kebakaran. Namun, Alex menduga kemarau panjang yang melanda Palembang menjadi salah satu penyulutnya.

"Sekarang puncak kemarau yang cukup panas. Ini kalau angin kuat bergesar-geser, perckan api bisa jadi kebakar atau puntung rokok," tutur Alex.

3. Kebakaran di titik yang sama sudah dua kali terjadi

Kebakaran Hutan di Dekat Venue Asian Games, 3 Helikopter DikerahkanDok. IDN Times

Sebagaimana diketahui, sekurangnya dua kebakaran sempat terjadi di lokasi yang sama. Untuk mencegah kebakaran yang ketiga kalinya, BPBD berencana untuk membasahi seluruh lahan kering.

"Ya akan dibasahi (lokasi kebakaran). Bisa kami basahi walau gak ada spot kebakaran. Kami lihat dulu kondisi airnya yang penting. Air kan bisa diambil dari Sungai Musi ya," tambah Iriansyah. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Ternyata Sudah Memprediksi Eko Yuli Dapat Medali Emas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya