10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 Meter

Banyak dari Rusia

Selain basket, cabang olahraga yang dikenal memiliki atlet-atlet dengan tinggi badan di atas rata-rata adalah bola voli. Baik laki-laki maupun perempuan, atlet voli biasanya memiliki tinggi badan yang menjulang. Tujuannya agar mereka mampu melakukan lompatan-lompatan hingga blocking di udara.

Namun, berbeda dengan pemain posisi libero yang biasanya memiliki tinggi badan lebih rendah. Sebab, pemain libero tidak memiliki kebebasan untuk berotasi, menyerang, blocking, ataupun servis.

Buat yang penasaran, berikut 10 atlet voli putri tertinggi di dunia dengan tinggi badan 1,9 meter hingga lebih dari dua meter. Ketahui selengkapnya di bawah ini!

1. Nelly Alisheva (2,08 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterNelly Alisheva, atlet voli putri tertinggi di dunia asal Rusia (instagram.com/alishevoy)

Nelly Alisheva merupakan mantan pemain voli kelahiran Lipetsk, Rusia pada 20 Desember 1983. Nelly Alisheva menjadi pemain voli putri tertinggi di dunia dengan tinggi badan mencapai 2,08 meter.

Alisheva memulai karier volinya di MGFSO. Kemudian sempat bermain di Dinamo-Yantar pada 2003-2011, lalu Omitchka Omsk pada 2011-2013, dan bertahan di VK Protong hingga pensiun.

2. Ekaterina Gamova (2,02 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterEkaterina Gamova, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (instagram.com/ekaterinagamova)

Masih dari Rusia, atlet voli putri tertinggi di dunia yang kedua adalah Ekaterina Gamova dengan tinggi badan 2,02 meter. Ekaterina lahir di Chelyabinsk, Rusia pada 17 Oktober 1980.

Ekaterina memulai keriernya pada 1997 dengan bermain di klub Rusia, Uralochka-NTMK. Kemudian, dia juga pernah membela beberapa klub ternama seperti Dinamo Moscow, Fenerbahce, dan Dinamo Kazan.

Selama aktif sebagai atlet, Ekaterina pernah tampil empat kali di Olimpiade, dua kali Kejuaraan Dunia Bola Voli, dan beberapa kejuaraan Eropa. Ekaterina memutuskan pensiun pada 2015 dengan membawa sejumlah trofi dan penghargaan di berbagai ajang.

3. Thaisa Menezes (1,96 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterThaisa Menezes, atlet voli putri tertinggi di dunia (olympics.com)

Thaisa Menezes merupakan pemain voli putri asal Brasil dengan tinggi 1,96 meter kelahiran Rio de Janeiro pada 15 Mei 1987. Thaisa memulai karier profesionalnya sejak 2005 di sebuah klub voli Brasil, Osasco.

Selama kariernya, Menezes pernah membela beberapa klub seperti Eczacıbaşı VitrA, Barueri, dan Minas Tênis Clube. Menezes juga menjadi salah satu pemain kunci di timnas voli Brasil. Beberapa kejuaraan internasional yang pernah diikutinya, antara lain Olimpiade dan beberapa Kejuaraan Dunia Voli FIVB.

Baca Juga: 10 Kiper Tertinggi di Dunia, Siapa Saja Mereka?

4. Zhu Ting (1,96 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterZhu Ting, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (olympics.com)

Sama seperti Menezes, atlet voli putri tertinggi di dunia dengan tinggi 1,96 meter berikutnya adalah Zhu Ting. Zhu Ting merupakan atlet voli kelahiran Henan, China pada 29 November 1994.

Zhu Ting mengawali karier voli profesionalnya di klub Henan pada 2011. Kemudian, dia berkarier di Eropa dengan bergabung ke klub top Eropa, VakıfBank Istanbul pada 2016.

Zhu Ting juga sudah tampil dan menjuarai berbagai ajang internasional. Mulai dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia Voli FIVB, Asian Championship, hingga Turkish League.

5. Tatiana Kosheleva (1,96 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterTatiana Kosheleva, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (kosheleva11)

Tatiana Kosheleva merupakan atlet voli asal Rusia yang lahir pada 23 Desember 1998 dengan tinggi badan 1,96 meter. Kosheleva mengawali kariernya dengan bergabung ke klub Rusia, Uralochka-NTMK pada 2006.

Setelah dari sana, Kosheleva sempat membela beberapa klub seperti Dinamo Krasnodar, Galatasaray, dan Eczacıbaşı VitrA. Kosheleva juga tampil bersama timnas voli putri Rusia pada beberapa kejuaraan seperti Kejuaraan Dunia Voli FIVB hingga European Championship.

Baca Juga: 8 Fakta Park Hye Min, Pemain Red Sparks yang Curi Perhatian Fans

6. Christa Harmotto Dietzen (1,95 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterChrista Harmotto Dietzen, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (triblive.com)

Christa Harmotto Dietzen merupakan pemain voli putri Amerika Serikat dengan tinggi 1,95 meter yang lahir di Pennsylvania pada 12 Oktober 1986. Dia memulai karier voli profesionalnya dengan tampil bersama timnas AS pada 2008.

Kemudian, Christa Harmotto bergabung ke beberapa klub ternama seperti Foppapedretti Bergamo dan Guangdong Evergrande sebelum memutuskan pensiun pada 2016.

7. Sarah Pavan (1,95 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterSarah Pavan, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (instagram.com/sarah_pavan)

Pemain voli putri tertinggi di dunia selanjutnya adalah Sarah Pavan dengan tinggi badan mencapai 1,95 meter. Sarah Pavan lahir di Ontario, Kanada pada 16 Agustus 1986.

Pavan mengawali kariernya pada 2008 dan pernah bermain untuk beberapa klub seperti Villa Cortese, Unendo Yamamay Busto Arsizio, dan Fujian Xi Meng Bao. Menariknya, Pavan beralih ke cabang olahraga voli pantai pada 2013. Dia ber-partner dengan Heather Bansley, lalu dengan Melissa Humana-Paredes.

Baca Juga: Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia Bersinar di Korea

8. Maret Grothues-Balkestein (1,94 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterMaret Grothues-Balkestein, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (youtube.com)

Maret Grothues-Balkestein, pemain voli Belanda yang lahir pada 16 September 1988 ini memiliki tinggi badan sekitar 1,94 meter. Dia memulai kariernya dengan bergabung ke klub Belanda, AMVJ Amstelveen pada 2004. Kemudian, dia juga sempat bergabung ke beberapa klub seperti TVC Amstelveen, Chieri Torino, dan Aydın Büyükşehir Belediyespor.

Selama aktif sebagai atlet, Maret Grothues-Balkestein pernah meraih beberapa gelar dan penghargaan seperti Kejuaraan Eropa, Grand Prix Dunia FIVB, Montreux Volley Masters, hingga Piala Turki.

9. Irina Zaryazhko (1,94 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterIrina Zaryazhko, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (twitter.com/russiavolley)

Lagi-lagi dari Rusia, atlet voli putri tertinggi di dunia berikutnya adalah Irina Vladimirovna Koroleva (Zaryazhko). Zaryazhko merupakan pemain voli kelahiran Nizhny Tagil, Rusia pada 17 Juli 1991 yang memiliki tinggi badan 1,94 meter.

Zaryazhko mengawali karier voli profesionalnya pada 2009 dengan bergabung ke Uralochka-NTMK. Kemudian, dia sempat bergabung ke beberapa klub seperti Dinamo Kazan dan Zarechie Odintsovo.

Selama kariernya, Zaryazhko pernah meraih beberapa penghargaan seperti Kejuaraan Eropa, Grand Prix Dunia FIVB, Kejuaraan Rusia, Liga Super Rusia, hingga penghargaan Best Middle Blocker.

10. Haleigh Washington (1,93 meter)

10 Atlet Voli Putri Tertinggi di Dunia, Lebih dari 2 MeterHaleigh Washington, salah satu atlet voli putri tertinggi di dunia (instagram.com/hales_storm)

Haleigh Washington merupakan pemain voli asal Colorado, Amerika Serikat yang lahir pada 22 September 1995. Haleigh memiliki tinggi badan sekitar 1,93 meter.

Dia memulai karier volinya di klub Penn State University pada 2014-2017. Kemudian, dia baru bergabung ke klub voli profesional di Pallavolo Scandicci, Igor Gorgonzola Novara, dan Imoco Volley Conegliano.

Sejumlah trofi dan penghargaan sudah pernah diraih Haleigh Washington. Mulai dari Kejuaraan Bola Voli Wanita Divisi I NCAA 2014, medali emas FIVB Volleyball Nations League 2019, medali emas Piala Pan Amerika 2019, medali emas Kejuaraan NORCECA 2019, hingga medali emas Kejuaraan Italia.

Nah, itulah 10 atlet voli putri tertinggi di dunia yang menarik diketahui. Kalau berdiri di samping mereka, kira-kira tinggimu setara dengan bagian tubuh apa dari mereka, ya?

Baca Juga: Pesan Perpisahan Haru Gia Red Sparks untuk Megawati

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya