Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Aturan, dan Tekniknya

Menggunakan tongkat khusus

Olahraga hoki merupakan salah satu permainan bola kecil selain golf dan tenis yang dimainkan secara beregu dengan menggiring bola menggunakan tongkat untuk memasukkannya ke gawang lawan. Olahraga hoki memiliki beberapa jenis, seperti hoki lapangan, hoki indoor, dan hoki es.

Olahraga hoki sekilas mirip sepak bola karena dimainkan secara beregu oleh dua tim dan masing-masing tim berusaha mencetak gol ke gawang lawan. Namun, olahraga ini juga mirip olahraga golf karena sama-sama menggunakan tongkat untuk memukul bola.

Bagi kamu yang penasaran, berikut pembahasan lengkap tentang olahraga hoki. Mulai dari pengertian, sejarah, jenis, perlengkapan, peraturan, dan teknik bermainnya.

1. Pengertian olahraga hoki

Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Aturan, dan Tekniknyailustrasi olahraga hockey (pexels.com/pixabay)

Hoki adalah olahraga yang populer di Eropa dan Amerika yang dimainkan oleh 11 pemain setiap tim menggunakan tongkat bengkok atau stik untuk menggiring dan memukul bola agar masuk ke gawang lawan. Pemenang pertandingan hoki ditentukan dari jumlah gol terbanyak pada satu tim di satu pertandingan.

Olahraga hoki bisa dimainkan di beberapa lapangan, seperti indoor, es, dan lapangan sintetis. Di Indonesia, olahraga hoki jarang dimainkan pada lapangan ice ring karena berada di iklim tropis. Berbeda dengan negara-negara Eropa yang memiliki musim salju.

2. Sejarah olahraga hoki

Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Aturan, dan TekniknyaTim hoki es Indonesia, Batavia Demons (instagram.com/bataviademonsicehockey)

Sejarah olahraga hoki bisa bersumber dari dua asal-usul, yaitu Persia Kuno dan Mesir Kuno. Jika berdasarkan relief di makam dinding Raja Bani Hasandi Mesir Kuno, permainan bola menggunakan stik ini bernama hoksa yang pada akhirnya menyebar ke Arab dan Afrika Utara.

Pada dunia modern, olahraga hoki mulai berkembang di Inggris pada 1800. Sejarah ini tercatat pada almanak yang sudah menyebut permainan ini dengan nama hockey. Nama hockey berasal dari kata hook atau bagian bengkok pada stiknya. Sumber sejarah lain mengatakan hoki berasal dari Prancis yang berasal dari kata hoquet atau tongkat gembala.

Sedangkan klub hoki pertama yang terbentuk di dunia adalah Black Heat Hockey Club. Lalu, pada 1886 dibentuk induk organisasi hoki pertama bernama English Hockey Association.

Sulit masuk cabang olahraga Olimpiade

Olahraga hoki pada awalnya sulit masuk sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Selama bertahun-tahun, hoki hanya dimainkan negara-negara Britania Raya. Lalu pada 1920, olahraga hoki baru diakui dan diterima negara lain.

Hingga saat ini, hoki menjadi salah satu olahraga paling populer di negara-negara belahan bumi utara. Meski begitu, Indonesia sebagai negara tropis juga dapat menggelar pertandingan olahraga hoki lapangan.

Sejarah hoki di Indonesia

Pada masa penjajahan, olahraga hoki banyak dimainkan oleh para kolonis dan beberapa pribumi yang diizinkan mengikuti organisasi hoki. Olahraga hoki sempat diajarkan sebagai pelajaran di bangku sekolah setingkat SMA yang diisi oleh murid Belanda.

Pada 1939, Prakarsa iskandar Simanjuntak mendirikan Perkumpulan Hoki Andalas di Medan. Organisasi tersebut terdiri dari guru dan siswa MULO Joshua Institut Medan.

Lalu saat Indonesia merdeka tahun 1945, olahraga hoki mulai dikenalkan sebagai olahraga resmi oleh beberapa tokoh olahraga, yaitu Yusuf Ismail, Padmo, Sumasto, dan S. Asikin. Keempatnya mendirikan induk organisasi hoki di Indonesia bernama Persatuan Hoki Seluruh Indonesia atau PHSI.

Pasca kemerdekaan selama 1950-1965, olahraga hoki kian populer di Indonesia. Olahraga ini dikenalkan di bangku SMA. Saat itu, olahraga ini makin banyak peminatnya karena perlengkapan permainan seperti tongkat yang terjangkau.

3. Jenis olahraga hoki

Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Aturan, dan Tekniknyailustrasi olahraga hoki lapangan (pexels.com/Pixabay)

Ada tiga jenis olahraga hoki berdasarkan tempat memainkannya, yaitu:

1. Hoki lapangan

Hoki lapangan atau field hockey merupakan jenis olahraga hoki yang dimainkan di lapangan luar ruangan berbahan rumput sintetis. Lapangan yang digunakan berukuran 60 x 100 yard dengan ukuran gawang sebesar 7 fit x 4 yard atau setara 2,13 x 3,55 meter.

2. Hoki es

Hoki es atau ice hockey sama dengan hoki lapangan dari sisi jumlah pemain. Hal yang membedakannya hanya permukaan lapangannya saja. Hoki es dimainkan di lapangan dengan permukaan es. Jenis ini lebih banyak ditemukan di negara-negara Eropa dan Amerika.

3. Hoki dalam ruangan

Hoki dalam ruangan atau indoor hockey dimainkan di dalam ruangan dengan lapangan yang terbuat dari ubin atau bahan sintetis tertentu. Berbeda dengan hoki lapangan, hoki indoor biasanya dimainkan oleh 6 pemain dari setiap tim.

4. Perlengkapan olahraga hoki

Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Aturan, dan Tekniknyailustrasi penjaga gawang pada olahraga hoki (pexels.com/Tony Schnagl)

Olahraga hoki dimainkan di lapangan seluas 92 x 55 meter. Dalam pertandingan, setiap pemain biasanya menggunakan pelindung kaki dan mulut sambil memegang tongkat kayu khusus atau stik.

Sedangkan pemain yang menjadi penjaga gawang biasanya menggunakan perlengkapan yang lebih banyak di kaki dan tangan agar melindungi tubuh dari hantaman bola lawan. Berikut beberapa perlengkapan olahraga hoki yang wajib kamu ketahui:

1. Stik atau tongkat pemukul

Tongkat pemukul pada olahraga hoki juga harus sesuai ketentuan, yaitu:

  • Bobotnya minimal 12 ons dan maksimal 23 ons untuk perempuan serta 28 ons untuk laki-laki.
  • Stik memiliki bagian yang rata di sebelah kiri hingga gagang atau pegangan.
  • Kepala stik terbuat dari kayu di bagian tengah stik.
  • Ujung stik harus melengkung, sehingga tidak lancip.
  • Stik tidak boleh disambung, dimasukkan, atau direkatkan ke logam atau sejenisnya karena bisa membahayakan pemain.

2. Bola

Bola pada olahraga hoki terbuat dari kulit dan dijahit seperti bola kriket. Ukuran bola hoki berdasarkan standar internasional adalah:

  • Ukuran minimal 8,8 inci dan maksimal 9.75 inci.
  • Berat minimal 5,50 oz dan maksimal 5,75 oz.

3. Kicker

Kicker pada olahraga hoki adalah pelindung sepatu yang diikat untuk mengurangi risiko cedera. Kicker menjadi perlengkapan wajib bagi penjaga gawang untuk menahan bola dari lawan.

4. Protector

Protector pada olahraga hoki adalah perlengkapan tambahan untuk melindungi tubuh dan wajah agar mengurangi risiko cedera.

5. Peraturan olahraga hoki

Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Aturan, dan Tekniknyailustrasi olahraga hoki (pexels.com/Tony Schnagl)

Olahraga hoki memiliki serangkaian peraturan dasar yang wajib dipatuhi setiap pemain dalam sebuah pertandingan. Berikut peraturannya:

  1. Dimainkan menggunakan stik yang bagian ujungnya melengkung untuk menggiring dan memukul bola.
  2. Setiap tim memiliki pemain cadangan sebanyak enam orang.
  3. Pada awal pertandingan, sikap siap adalah posisi kedua kaki dibuka selebar bahu.
  4. Tim hoki terdiri dari empat posisi, yaitu attacker, midfielder, defender, dan goalkeeper.
  5. Pertandingan hoki terdiri dari dua babak. Setiap babak terdiri dari dua kuarter, Setiap kuarter berlangsung selama 15 menit.
  6. Pemain harus mencetak gol di circle atau wilayah yang sah.
  7. Pemain tidak boleh sengaja mendorong atau menjatuhkan lawan menggunakan badan atau stik.
  8. Pemain akan dianggap melakukan pelanggaran jika sengaja memukul bola ke arah lawan dengan tujuan mencederai, menggunakan anggota tubuh untuk memegang bola, mengangkat stik hingga atas pinggang, dan memukul lawan menggunakan stik.

Baca Juga: Tim Hoki Indoor Sukses Catatkan Sejarah di SEA Games 2023

6. Teknik olahraga hoki

Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Aturan, dan Tekniknyailustrasi olahraga hoki (pexels.com/Patrick Case)

Terdapat sejumlah teknik dalam olahraga hoki yang perlu dikuasai setiap pemain, berikut selengkapnya:

  1. The grip, yaitu cara memegang stik yang dilakukan dengan tangan kiri memegang bagian bawah ujung stik dengan bentuk lurus. Posisi tangan segaris dengan bagian kepala stik. Lalu tangan kanan sedikit di bawah atau rapat dengan tangan kiri. Supaya pegangan kuat, lakukan latihan forehand, backhand, stopping, tapping, dan push.
  2. The stance, yaitu sikap siap dengan posisi berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu. Lalu, lutut ditekuk sedikit dengan badan agak membungkuk dan kedua mata mengikuti arah bola.
  3. Ball control, yaitu penguasaan bola yang bisa dilatih dengan mendorong bola ke depan sekitar 20-30 cm.
  4. Tapping, yaitu teknik hoki yang bisa dilatih dengan cara melakukan tarikan pada stik ke belakang sekitar 20-30 cm dari bola, lalu hempaskan stik ke arah bola. Kemudian stik yang datar diarahkan ke sasaran dengan batas ayunan kepala stik hingga setinggi lutut.
  5. Stopping, yaitu teknik menghentikan bola dengan memegang stik menggunakan dua tangan. Jika sulit, bisa dengan satu tangan saja. Ada dua teknik stopping, yaitu forehand stop dan backhand stop.
  6. Dribbling, yaitu menggiring bola dengan jangkauan stik sekitar satu meter di depan kaki atau agak ke samping kanan agar mudah jika ingin mengoper dan menembak.
  7. Pushing, yaitu operan jarak pendek dengan mendorong bola menggunakan stik.
  8. Hitting, yaitu memukul bola dengan posisi siap dan bola berada di depan kaki kiri supaya berat badan ditumpu oleh kaki kiri. Baiknya lakukan ayunan pendek dengan timing yang tepat dan gerakan lanjutan yang benar.
  9. Tackling, yaitu merebut bola menggunakan tiga cara, yaitu the jab dengan memegang stik pakai satu tangan, the flick, dan the scoop.

Olahraga hoki merupakan permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, akurasi, dan kekuatan tangan dan kaki yang maksimal. Berlatihlah secara rutin agar bisa menguasai teknik-tekniknya. Selamat bermain!

Baca Juga: Sejarah Hoki, Sudah Dimainkan Sejak Ribuan Tahun Lalu 

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya