7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum Bertanding

Siapkan gear terbaikmu!

Futsal adalah olahraga beregu yang banyak diminati di Indonesia. Penyewaan lapangan futsal juga tersebar di setiap kota di Indonesia. Seperti olahraga lainnya, ada beberapa perlengkapan futsal yang harus dimiliki setiap pemain.

Meski ada yang sifatnya tidak wajib, tapi dalam pertandingan resmi biasanya panitia akan mewajibkan setiap pemain menggunakan perlengkapan tertentu. Selain itu, perlengkapan ini juga berguna untuk menunjang performa pemain di lapangan.

Apa saja perlengkapan yang diperlukan saat bermain futsal? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bola futsal

7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum BertandingIlustrasi bola futsal. (Pixabay/Kai_NITEandDAY)

Satu hal yang paling wajib dalam olahraga futsal adalah bola. Bola futsal berbeda dengan bola sepak untuk lapangan besar. Ada beberapa spesifikasi khusus bola futsal dengan standar yang berbeda, yaitu:

  • Bola futsal memiliki keliling sekitar 62-64 cm.
  • Bola futsal memiliki berat 400-600 gram.
  • Bola futsal memiliki tekanan 0,4-0,6 atmosfer atau 400-600 gram/cm3.
  • Pantulan bola futsal dari ketinggian 2 meter tidak boleh lebih dari 65 cm.

2. Jersey

7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum BertandingIlustrasi jersey futsal (unsplash.com/Marcel Strauß)

Perlengkapan futsal yang kedua adalah jersey atau seragam tim. Jersey adalah identitas tim yang juga menjadi pembeda dengan tim lain.

Dalam satu tim, warna jersey kiper akan berbeda dari jersey pemain yang berada di depan. Tujuannya agar pemain dan wasit lebih mudah mengetahui keberadaan kiper.

Jersey kiper juga biasanya dilengkapi dengan bantalan di bagian siku, bahu, dan dada untuk memberi perlindungan saat bermanuver di depan gawang.

3. Sepatu futsal

7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum BertandingIlustrasi sepatu futsal (instagram.com/specs_indonesia)

Sepatu futsal juga menjadi perlengkapan futsal yang harus disiapkan. Sepatu futsal bisa memberikan performa khusus bagi pemain dengan posisi tertentu. Misalnya untuk melakukan tembakan, menggiring bola, hingga men-tackle lawan.

Pada dasarnya, sepatu futsal dirancang khusus dengan sol karet yang membantu pemain bergerak cepat dan dinamis di lapangan. Saat ini, sepatu futsal juga memiliki berbagai fitur dan teknologi tertentu untuk menyesuaikan kebutuhan pemain.

4. Kaus kaki futsal

7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum Bertandingilustrasi sepatu futsal Ortuseight (canva.com)

Sepatu futsal belum lengkap tanpa kaus kakinya. Pada dasarnya, kaus kaki futsal sama seperti kaus kaki untuk sepak bola. Selain itu, tidak ada aturan spesifik tentang kaus kaki futsal. Namun, kaus kaki kiper berbeda dengan kaus kaki pemain lainnya.

Kaus kaki berfungsi untuk melindungi kaki dan menahan dekker atau pelindung betis agar tidak bergeser ke mana-mana saat bermain futsal. Fungsi kaus kaki futsal juga untuk menghindari risiko cedera, seperti pada pergelangan dan belakang kaki.

5. Shin guard atau deker

7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum BertandingShin guard adidas (adidas.co.id)

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan barang ini. Shin guard atau deker adalah pelindung tulang kering yang digunakan pemain futsal dan pemain sepak bola agar terhindaar dari risiko cedera.

Perlengkapan futsal ini dipakai untuk melindungi tulang kering saat terjadi benturan dengan pemain lain. Dalam pertandingan resmi biasanya wasit akan mengecek kelengkapan pemain, seperti kaus kaki dan deker.

Baca Juga: 8 Formasi Futsal Terbaik untuk Menyerang dan Bertahan, Catat!

6. Knee pad

7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum BertandingTimnas Futsal Indonesia coba memutus dominasi Thailand di final Piala AFf Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Knee pad adalah perlengkapan futsal khusus bagi kiper untuk melindungi lutut. Ada juga elbow pad yang dipakai untuk melindungi siku seorang kiper. Keduanya digunakan untuk melindungi bagian tubuh tersebut dari benturan keras.

Sebab lutut adalah bagian tubuh yang menopang hampir seluruh tubuh, sehingga harus dijaga jangan sampai cedera dan menyebabkan efek jangka panjang bagi pemain.

Umumnya, knee pad dan elbow pad terbuat dari bahan kain elastis dan busa atau plastik yang tebal, tapi tetap ringan. Alhasil kiper tetap bisa melakukan manuver-manuver dengan mudah.

Baca Juga: 11 Pemain Futsal Terbaik Dunia, Ada yang Berkarier di Indonesia!

7. Finger tape

7 Perlengkapan Futsal yang Wajib Dipunya Sebelum BertandingKiper futsal Timnas Indonesia, Muhammad Albagir (instagram.com/muhammadalbagir13)

Satu lagi perlengkapan futsal untuk kiper, yaitu finger tape. Finger tape adalah pengganti sarung tangan futsal yang berfungsi mencegah risiko keseleo dan cedera pada jari tangan saat menghalau tendangan dari lawan.

Finger tape juga berfungsi memudahkan kiper mencengkeram bola saat ingin mengontrol dan melempar bola. Alhasil lemparannya pun akurat dan bisa menunjang serangan tim.

Umumnya, ada dua jenis finger tape, yaitu yang berbahan karet dan plester. Finger tape plester biasanya lebih sering digunakan untuk pertandingan resmi internasional. Jenis finger tape ini memiliki cengkeraman yang lebih kuat.

Biasanya kiper futsal menggunakan finger tape pada jari tengah dan jari manis. Namun tidak menutup kemungkinan digunakan juga pada jari lain. Sebab, finger tape juga berguna untuk mencegah dislokasi pada jari-jari kiper yang rawan.

Nah, demikianlah tujuh perlengkapan futsal yang wajib dimiliki sebelum bertanding. Sudah punya yang mana, Bro?

Baca Juga: 6 Teknik Dasar Futsal yang Harus Dikuasai Pemain, Catat Ya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya