Profil Kunlavut Vitidsarn, Bintang Muda Thailand Juara India Open 2023

Singkirkan Viktor Axelsen di final tunggal putra

Kunlavut Vitidsarn adalah atlet bulu tangkis muda asal Thailand yang sukses menjuarai nomor tunggal putra di India Open 2023. Ia mengalahkan Viktor Axelsen, pebulutangkis senior Denmark yang sudah malang melintang di kejuaraan badminton dunia.

Pencapaian Kunlavut Vitidsarn begitu mengejutkan penggemar bulu tangkis mengingat Viktor Axelsen telah memenangi 13 turnamen bergengsi. Sebelumnya, Kunlavut Vitidsarn juga menyingkirkan Anthony Ginting di partai semifinal dengan dua set langsung.

Berikut ini IDN Times rangkum profil lengkap pebulu tangkis Thailand kelahiran tahun 2001 yang banyak dibicarakan belakangan ini karena berhasil menjuarai nomor tunggal putra di India Open 2023. Yuk, simak!

1. Profil Kunlavut Vitidsarn

Profil Kunlavut Vitidsarn, Bintang Muda Thailand Juara India Open 2023Kunlavut Vitidsarn (instagram.com/kunlavut.v)

Kunlavut Vitidsarn lahir di Chonburi, Thailand pada 11 Mei 2001. Atlet yang memiliki sapaan akrab View ini memiliki tinggi badan 173 cm dan banyak bermain pada nomor tunggal putra. Data terakhir pada 24 Januari 2023, Vitidsarn menduduki ranking ke-6 di nomor tunggal putra di seluruh dunia.

Pada saat berusia 16 tahun, Vitidsarn sudah menjalani karier badmintonnya dengan menjuarai World Junior Championships pada tahun 2017 di Yogyakarta. Kemudian ia menjuarai turnamen tersebut lagi secara berturut-turut pada tahun 2018 dan 2019.

Vitidsarn dikenal sebagai atlet yang bermain di nomor tunggal putra. Namun, sebelumnya ia juga pernah bermain di nomor ganda campuran. Pada turnamen Badminton Asia U17 Junior, ia berpasangan dengan Pattarasuda Chaiwan dan berhasil naik ke podium.

2. Prestasi yang diraih

Profil Kunlavut Vitidsarn, Bintang Muda Thailand Juara India Open 2023Kunlavut Vitidsarn (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Kunlavut Vitidsarn sudah memenangkan sejumlah kejuaraan dan mendapat medali dari berbagai kompetisi yang dilakoninya. Berikut rinciannya:

  • Juara tunggal putra India Open 2023 
  • Juara German Open 2022
  • Runner Up BWF World Tour Finals 2021
  • Runner Up Spain Masters 2020
  • Runner Up Swiss Open 2020

 Sejumlah medali yang diperoleh Kunlavut Vitidsarn sepanjang kariernya, yaitu:

  • Medali Emas BWF World Junior Championships 2019
  • Medali Perunggu BWF World Junior Championships 2019 (Ganda campuran)
  • Medali Emas Asian Junior Championships 2019
  • Medali Emas Asian Junior Championships 2019 (Ganda campuran)
  • Medali Emas BWF World Junior Championships 2018
  • Medali Perak Asian Junior Championships 2018
  • Medali Emas BWF World Junior Championships 2017
  • Medali Perunggu Asian Junior Championships 2017
  • Medali Perunggu BWF World Junior Championships 2016 (Ganda campuran)

3. Singkirkan Viktor Axelsen di final

Profil Kunlavut Vitidsarn, Bintang Muda Thailand Juara India Open 2023Viktor Axelsen (Denmark) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand) di podium tunggal putra India Open 2023 (Instagram.com/viktoraxelsen)

India Open 2023 nomor tunggal putra menyajikan partai final yang menarik, yaitu mempertemukan calon kuat juara asal Denmark, Viktor Axelsen dengan atlet muda Thailand, Kunlavut Vitidsarn. Secara mengejutkan, Vitidsarn sukses menyingkirkan Axelsen dengan rubber game, yaitu 22-20, 10-21, dan 21-12.

Pertandingan tersebut dihelat di KD Jadhav Indoor Hall pada Minggu, 22 Januari 2023. Pertandingan itu sekaligus menjadi kemenangan pertama Vitidsarn atas Axelsen sepanjang kariernya. Laga itu sekaligus menjadi gelar Super 750 pertama bagi Kunlavut Vitidsarn.

Mereka berdua sudah bertemu sebanyak tujuh kali termasuk final India Open 2023 dalam berbagai kejuaraan. Tiga dari enam pertemuan sebelumnya merupakan partai final juga. Terakhir pada BWF World Tour Finals 2021, Axelsen berhasil mengalahkan Kunlavut Vitidsarn dengan skor telak 12-21 dan 8-21.

Nah, itulah tadi profil Kunlavut Vitidsarn, pebulu tangkis muda andalan Thailand di nomor tunggal putra. Kariernya bisa dikatakan masih sangat panjang, sehingga patut dinantikan bagaimana penampilan demi penampilannya dalam berbagai kejuaraan dunia.

Baca Juga: Daftar Peraih Gelar di India Open 2023!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya