Profil Mills, Apparel Jersey Timnas Indonesia Sebelum Erspo

Rilis dua seri jersey timnas

Timnas Indonesia belum lama ini meluncurkan jersey terbaru hasil kerja sama dengan apparel Erspo milik Erigo pada Senin (18/3/2024). Sayangnya, jersey baru ini menuai banyak komentar negatif dari warganet di media sosial.

Tak sedikit yang membandingkannya dengan jersey timnas Indonesia sebelumnya yang dipegang oleh Mills. Mills adalah apparel sportswear asal Indonesia yang bekerja sama dengan PSSI untuk merilis dua seri jersey timnas pada 2020 dan 2022.

Berikut profil Mills dan sepak terjangnya di industri perlengkapan olahraga yang menarik diketahui.

1. Sejarah Mills

Profil Mills, Apparel Jersey Timnas Indonesia Sebelum ErspoBrand Mills Sport (instagram.com/millssportid)

Mills merupakan merek perlengkapan olahraga asal Indonesia di bawah PT Mitra Kreasi Garmen Ltd. Mills secara resmi didirikan pada 2018, tapi sebenarnya pabrik ini sudah terjun di bidang industri garmen lebih dari 20 tahun.

Tjia Kong Hau, CEO Mills berkomitmen untuk mengangkat industri garmen nasional ke pasar global dengan membangun brand berstandar internasional. Mills memproduksi berbagai perlengkapan olahraga seperti jersey, sepatu, jaket, sarung tangan kiper, topi, tas, kaus kaki, hingga tumbler.

2. Jadi apparel timnas Indonesia pada 2020

Profil Mills, Apparel Jersey Timnas Indonesia Sebelum ErspoGelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, di laga lawan Thailand dalam final Piala AFF, Rabu (29/12/2021) / Dokumentasi PSSI

Di tengah pandemi yang menghantam dunia pada 2020, Mills resmi mengumumkan menjalin kerja sama dengan PSSI untuk memproduksi jersey timnas Indonesia sebagai pengganti Nike.

Saat itu, Mills memang belum banyak dikenal luas oleh masyarakat. Mulanya, tak sedikit yang juga meragukan kualitas produksi Mills. Pada peluncuran seri pertama jersey timnas Indonesia pada 2020, ada pula warganet yang memberikan komentar negatif dan tidak suka dengan desain jersey tersebut.

Berbagai masukan dan kritik dari berbagai pihak kemudian dijadikan pembelajaran bagi tim Mills untuk merancang seri kedua jersey timnas Indonesia pada 2022. Hasilnya pun lebih baik, banyak masyarakat yang antusias dengan jersey home dan away yang lebih bagus dari sebelumnya.

Setelah meluncurkan dua seri jersey timnas Indonesia, Mills harus mengakhiri kontrak kerja samanya dengan PSSI. Meski Mills ikut kembali dalam tender apparel timnas pada 2023, tapi sayangnya mereka kalah dengan apparel pendatang baru milik Erigo bernama Erspo.

Baca Juga: 25 Jersey Timnas Indonesia dari Masa ke Masa, Mana Favoritmu?

3. Daftar klub bola dan futsal yang jalin kerja sama

Profil Mills, Apparel Jersey Timnas Indonesia Sebelum ErspoBhayangkara FC menang dramatis atas Madura United, Jumat (1/3/2024). (X/@bhayangkarafcid).

Mills tidak hanya menjadi apparel resmi timnas Indonesia. Ada beberapa klub sepak bola dan futsal di Indonesia yang juga pernah menggandeng Mills sebagai apparel resmi, yaitu:

  • Bhayangkara 2021, 2022, dan 2023
  • Persita 2022 dan 2023
  • Sulut United 2021 dan 2022
  • Dewa United 2021 dan 2022
  • PSG Pati 2021
  • Bali United 2021
  • Cosmo JNE
  • Fafage Banua

Demikianlah profil Mills, apparel jersey timnas Indonesia pada 2020 menggantikan Nike.

Baca Juga: Profil Erspo, Apparel Jersey Baru Timnas Indonesia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya