Comscore Tracker

Persija Hentikan Laju Catatan Impresif Borneo FC di SUGBK

Persija berhasil menang dengan skor 2-0

Borneo FC harus rela catatan tak pernah kalah milik mereka berhenti di pekan keempat Liga 1 2018. Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Sabtu (14/4/2018) malam, tim asal kota Samarinda tersebut dipaksa menyerah oleh Persija dengan dua gol tanpa balas.

Tuan rumah sudah tampil trengginas sejak menit pertama, mereka bahkan sudah memperoleh peluang emas di menit ke-6 melalui sepakan Marko Simic yang masih terlalu tinggi.

Menit ke-26, giliran Ramdani Lestaluhu yang mencoba peruntungan dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun kiper Borneo, Muhammad Ridho, masih sigap dalam mengamankan gawangnya.

Barulah pada menit ke-40 Persija bisa memecah kebuntuan. Tendangan bebas mendatar yang dieksekusi oleh bek Jamerson Xavier berhasil mengecoh pertahanan dan kiper Borneo FC. Babak pertamaditutup dengan keunggulan sebiji gol milik tuan rumah.

1. Persija berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Borneo FC yang dikawal kiper Muhammad Ridho

Persija Hentikan Laju Catatan Impresif Borneo FC di SUGBKInstagram.com/persijajkt

Di babak kedua, Borneo FC harus bermain dengan 10 orang setelah bek Leonard Tupamahu diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-49, akibat pelanggaran yang dilakukannya kepada gelandang Ramdani Lestaluhu. Upaya Pesut Etam untuk mengejar ketertinggalan skor pun menjadi kian sulit.

Macan Kemayoran berhasil memperlebar defisit angka di menit ke-64 berkat sundulan Rohit Chand memanfaatkan skema tendangan bebas Riko Simanjuntak. Pemain berkebangsaan Nepal itu lolos dari penjagaan Diego Michiels dan Mohamadou Al Hadji sebelum menanduk bola dengan leluasa.

Serangkaian peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim di sisa pertandingan namun tidak berhasil menjadi gol. Keunggulan dua gol tanpa balas terpampang di papan skor SUGBK hingga wasit meniup peluit panjang.

Ini jadi kekalahan pertama Borneo FC musim ini sekaligus menghentikan tren positif di tiga laga sebelumnya.

2. Pelatih Persija mengaku 3 poin ini penting sebab diawali dengan masa persiapan yang mepet

Persija Hentikan Laju Catatan Impresif Borneo FC di SUGBKLiga-Indonesia.id

Dalam jumpa pers pasca pertandingan, Stefano Cugurra selaku juru taktik Persija mengaku tak mempermasalahkan dua gol yang tercipta dari situasi bola mati.

Yang terpenting bagi sosok yang biasa disapa Teco itu adalah kemenangan, apalagi masa recovery Ismed Sofyan dan kawan-kawan pasca laga kontra Johor Darul Ta'zim di ajang AFC Cup terbilang cukup singkat.

"Kami sebetulnya punya beberapa peluang tidak lewat bola mati, tapi kiper Borneo (M. Ridho) melakukan beberapa penyelamatan. Skor 2-0 tentunya sangat bagus dan saya tidak terlalu permasalahkan kami cetak gol dari bola mati. Melawan Borneo, persiapan kami hanya sedikit. Tapi tim tetap memiliki semangat dan organisasi bermain yang baik. Kami menang 2-0 dan itu bagus. Dan kami mendapat poin lagi di liga," ujarnya, seperti dikutip dari Persija.id.

3. Faktor kekalahan Borneo FC adalah aura SUGBK yang baru mereka rasakan

Persija Hentikan Laju Catatan Impresif Borneo FC di SUGBKInstagram.com/borneofc.id

Sementara itu Dejan Antonic sebagai pelatih kepala Borneo FC mengakui keunggulan tuan rumah. Apalagi laga ini menjadi kali pertama Diego Michiels beserta kolega bermain di SUGBK yang memang dikenal angker.

Diusirnya Leo Tupamahu di awal-awal babak kedua juga membuat fokus permainan skuatnya berubah dari menyerang menjadi bertahan.

"Selamat buat Persija karena hari ini mereka bermain lebih bagus dari kami dengan menang 2-0. Ini merupakan pertandingan yang berat buat Borneo FC dan buat kebanyakan pemain kami, ini menjadi yang pertama buat mereka bermain di SUGBK di depan suporter seperti ini," ujar coach Dejan dalam kesempatan yang sama, seperti dilansir oleh situs resmi BorneoFC.id.

Di pekan kelima mendatang, Persija akan menjadi tamu PSIS Semarang dalam laga yang digelar pada hari Jumat (20/4/2018). Sementara Borneo FC kembali melakoni laga tandang kontra Persib Bandung di hari Sabtu (21/4/2018).

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You