Tundukkan Persipura 2-0, Duet Maut Persib Kembali Unjuk Gigi

Alhasil "Mutiara Hitam" lengser dari predikat pemuncak klasemen sementara

Duet maut penyerang Persib, Ezechiel N'Douassel dan Jonathan Bauman, sekali lagi menunjukkan bahwa mereka patut diwaspadai dalam kontelasi Liga 1 musim ini. Ketajaman mereka kembali menjadi bahan pembicaraan saat Persib berjumpa Persipura di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada hari Sabtu (12/5/2018) malam lalu.

Persib yang tampil dengan kekuatan penuh tampil menyerang sejak sepak mula. Mereka langsung mengancam melalui tendangan keras Ghozali Siregar dari luar kotak penalti di menit ke-5, namun masih bisa ditepis oleh kiper Persipura Dede Sulaiman.

Menit ke-11, suasana sempat tegang saat bek Persipura Abdoulaye Maiga melayangkan tangannya ke wajah kapten Persib Bojan Malisic. Namun sayangnya tidak ada kartu yang diberikan oleh wasit. Empat menit berselang, Ezechiel N'Douassel mendapat kartu kuning setelah terlihat menyentuh bola dengan tangan.

Menit ke-24, sepakan Hilthon Moreira masih sedikit tinggi dari mistar gawang Maung Bandung yang dijaga Deden Natshir. Menit ke-28, tuan rumah mendapat hadiah penalti usai Yohanis Tjoe dianggap melanggar Ezechiel di kotak penalti. Eze yang diserahi tugas ekseskusi berhasil melaksanakannya dengan baik.

1. Ezechiel N'Douassel (Tengah) kembali menambah koleksi golnya berkat sepakan penalti di menit ke-28

Tundukkan Persipura 2-0, Duet Maut Persib Kembali Unjuk GigiLiga-Indonesia.id

Menit ke-40, Jonathan Bauman hampir saja bisa memaksimalkan peluang emas tepat di depan gawang Persipura namun bola masih bisa dihalau oleh Muhammad Tahir. Skor 1-0 bertahan hingga kedua tim masuk masa istirahat.

Tensi tinggi seolah tidak luntur di babak kedua, Persipura bahkan berbalik memberi ancaman di menit ke-54, melalui tendangan keras Boaz Solossa. Namun masih menyamping tipis dari gawang Deden Natshir.

Masuk menit ke-64, giliran Joni Bauman mencetak gol setelah bola yang digiring Eze membentur kaki para pemain belakang tim lawan, kemudian mengarah langsung ke kaki pemain asal Argentina tersebut.

Menit ke-80, tendangan keras Marcel Sacramento gagal membobol gawang Persib sebab masih bisa dimentahkan oleh sang kiper. Eze punya kesempatan menambah keunggulan menjadi 3-0 seandainya sundulannya di menit ke-87 tidak membentur tiang gawang. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 tetap tidak berubah.

2. Mario Gomez, pelatih Persib, berujar bahwa raihan poin penuh ini berkat strategi menekan yang sukses

Tundukkan Persipura 2-0, Duet Maut Persib Kembali Unjuk GigiPersib.co.id/M. Jatnika Sadili

Mario Gomez, pelatih Persib, dalam konferensi pers pasca pertandingan menganggap Supardi Nasir dan kawan-kawan bisa bermain disiplin entah dalam menyerang maupun bertahan. Terlebih taktik menekan yang diinstruksikan pelatih berusia 61 tahun tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik.

"Para pemain sangat bekerja keras. Kita bisa lihat ketika mereka kehilangan bola, mereka berusaha keras untuk merebutnya kembali. Bagi kami yang terpenting adalah menjalankan instruksi di lapangan sebagai tim. Karena, jika kita menjalankan sesuai apa yang diinstruksikan, kita bisa mempertahankan bola dan menguasai pertandingan," tutur coach Gomez, seperti dikutip dari situs resmi Persib.co.id.

3. Hasil ini menjadi kekalahan kedua Persipura saat melakoni laga tandang

Tundukkan Persipura 2-0, Duet Maut Persib Kembali Unjuk GigiLiga-Indonesia.id

Peter Butler, pelatih Persipura, mengakui bahwa sang tuan rumah bermain lebih bagus. Ini pun jadi kali kedua Mutiara Hitam kembali gagal memetik poin dari laga tandang pasca kalah dari Arema FC dua pekan sebelumnya. Dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id, dirinya pun mengakui bahwa gol tercipta akibat kesalahan pemainnya sendiri.

Di pekan kesembilan, Persib sedianya melawat ke Surabaya sebagai tamu Persebaya dalam laga yang digelar pada hari Sabtu (19/5/2018) akhir pekan ini. Namun partai berlabel "big match" tersebut terpaksa ditunda.

Sehubungan situasi ibu kota Jawa Timur tersebut tidak kondusif pasca rentetan peristiwa pengeboman pada hari Minggu (13/5/2018) dan Senin (14/5/2018) kemarin.

Sementara Persipura punya kesempatan merebut kembali posisi puncak klasemen dari Madura United. Setelah pada hari yang sama memberi kekalahan kandang pertama untuk Persija dengan skor 0-2. Mereka akan menjamu Laskar Sape Kerrab di Stadion Mandala juga pada hari Sabtu mendatang.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya