Tumbangkan Madura United di Bantul, PS TIRA Kembali Bikin Kejutan

Akankah "The Young Warriors" bisa terus melanjutkan performa apik mereka?

PS TIRA lagi-lagi menghadirkan kejutan di Liga 1 2018. Usai menahan imbang Persib di kandangnya pada pekan lalu, kini mereka menceoreng tren positif tim bertabur bintang Madura United, dalam laga yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul pada hari Senin (2/4/2018) malam.

Sebenarnya, Madura United yang berstatus tim tamu bisa menguasai jalannya pertandingan di babak pertama. Mereka bahkan bisa menciptakan beberapa peluang emas. Di menit ke-22, sepakan Raphael Maitimo masih bisa dimentahkan oleh kiper PS TIRA Syahrul Fadil. 

Setelah sempat mengancam melalui sepakan Alexandar Rakic pada menit ke-30, PS TIRA membuka keunggulan berselang 8 menit kemudian. Wawan Febrianto berhasil membobol gawang Satria Tama memanfaatkan assist dari Firmansyah. Keunggulan 1 gol The Young Warriors menutup babak pertama.

1. Meski Madura United tampil dominan, PS TIRA berhasil memaksimalkan peluang

Tumbangkan Madura United di Bantul, PS TIRA Kembali Bikin KejutanLiga-Indonesia.id

Di babak kedua, Madura United yang bernafsu memburu ketertinggalan berusaha lebih menyerang dengan memasukkan Bayu Gatra, Engelberd Sani dan Cristian Gonzales. Raphael Maitimo kembali memperoleh peluang di menit ke-60, namun sepakannya hanya membentur tiang gawang yang sudah kosong.

Menit 65, Wawan nyaris mencetak brace namun bola sambarannya dari umpan mendatar masih menyamping. Menit 86, bola hasil tendangan akrobatik Dimad Drajad yang masuk sebagai pemain pengganti PS TIRA masih melayang di atas gawang Satria Tama.

10 menit jelang laga berakhir, Laskar Sape Kerrab melancarkan serangan bertubi-tubi. Peluang emas mereka dapatkan di menit ke-87 melalui tendangan bebas Greg Nwokolo. Namun bola eksekusi penyerang naturalisasi itu masih terlampau tinggi. Skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah bertahan hingga selesai.

2. Kredit dilayangkan kepada barisan belakang PS TIRA yang tak canggung menghadapi permainan agresif tim tamu

Tumbangkan Madura United di Bantul, PS TIRA Kembali Bikin KejutanLiga-Indonesia.id

Rudy Eka Priyambada, pelatih kepala PS TIRA, mengungkapkan rasa puas atas penampilan skuatnya. “Alhamdulillah kami bisa ambil poin penuh di kandang. Pemain bermain seperti yang saya mau,” kata coach Rudy Eka dalam konferensi pers pasca pertandingan seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id.

Kredit dia berikan kepada lini pertahanan yang digawangi oleh sang kapten Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu, Kim Sang-min dan Safrial Irfandi. Mereka melakukan tugasnya dengan baik sekaligus tak canggung menghadapi para penyerang Madura United yang dikenal agresif.

3. Bagi Madura United, kekalahan ini memutus tren positif yang mereka usung

Tumbangkan Madura United di Bantul, PS TIRA Kembali Bikin KejutanLiga-Indonesia.id

Pelatih kepala Madura United, Milomir Seslija, mengatakan skuatnya lengah dalam mengantisipasi gol Wawan. Menurut sosok asal Bosnia-Herzegovina itu, Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan masih mengalami kendala dalam transisi permainan alias dari bertahan ke menyerang.

''Permainan kami bagus dan berjalan sesuai rencana. Namun satu kesalahan membuat kami kemasukan dan gagal menyamakan skor. Transisi kami di babak pertama sedikit bermasalah, namun membaik di babak kedua. PS Tira juga bermain bagus dengan mengandalkan fisik pemain," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

PS TIRA selanjutnya akan melakoni laga tandang sulit pada pekan depan, di mana mereka akan bertandang ke Jayapura sebagai tamu Persipura pada hari Sabtu (7/4/2018). Madura United akan melakoni big match dengan menjamu Sriwijaya FC  di hari yang sama.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya