Sepasang Gol Ahmed Musa Hentikan Kejutan Islandia

#WorldCup2018 Nigeria menang meyakinkan dengan skor 2-0

Volgograd , IDN Times - Kejutan Islandia di Piala Dunia pertamanya akhirnya terhenti. Saat bertemu Nigeria dalam lanjutan pertandingan Grup D di Volgograd Arena pada Jumat (22/6) petang waktu setempat, mereka ditekuk dengan skor 2-0.

Kedua tim kompak melakukan beberapa perubahan di starting eleven. Nigeria yang amat mencolok dengan formasi 3-5-2, menurunkan beberapa nama yang tidak turun pada matchday pertama seperti duet bek Kenneth Omeruo - Brian Idowu serta striker Ahmed Musa.

Sementara, Islandia memasukkan Emil Halfredsson - Johann Gudmundsson di lini tengah. Menerapkan strategi ofensif ternyata membuat Nigeria berhasil menguasai aliran bola di babak pertama. Sementara Islandia yang hanya mengandalkan serangan balik ternyata sanggup beberapa kali merepotkan lini pertahanan The Eagles. Namun beberapa peluang masih bisa dimentahkan oleh kiper Nigeria, Francis Uzuho.

1. Kedua tim bermain terbuka meski peluang emas yang tercipta bisa dihitung jari

Sepasang Gol Ahmed Musa Hentikan Kejutan IslandiaFIFA.com

Islandia baru bermain lebih terbuka pada 15 menit akhir babak pertama. Di sisi lain, Nigeria ternyata tak sanggup membongkar pertahanan berlapis andalan tim asuhan Heimir Halgrimsson. Secara umum, tempo pertandingan terbilang sedang-sedang saja.

Menit ke-40, winger Birkir Bjarnason berhasil mengirim umpan silang mendatar. Sayangnya tidak ada yang menyambut bola, peluang emas pun terbuang percuma. Menit ke-44, pelanggaran Idowu terhadap striker Jon Bodvarsson membuahkan kartu kuning.

Hadiah tendangan bebas yang diberi oleh wasit tak mampu dikonversi dengan sempurna oleh Gylfi Sigurdsson akibat pengawalan ketat. Di masa injury time, sundulan Bodvarsson usai menerima bola hasil sepak pojok masih menyamping dari sasaran. Skor kacamata menutup interval pertama pertandingan.

2. Ahmed Musa menjadi juru selamat Nigeria berkat borongan dua golnya di babak kedua

Sepasang Gol Ahmed Musa Hentikan Kejutan IslandiaFIFA.com

Awal babak kedua, pelatih Gernot Rohr mengganti Idowu yang menerima kartu kuning dengan Tyronne Ebuehi. Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-49. Berawal dari serangan balik, Victor Moses mengirim umpan silang ke striker Ahmed Musa. Kontrol sempurna di kotak penalti saat menerima bola berhasil diakhiri dengan gol cantik ke gawang Hannes Halldorson.

Unggul satu gol membuat Nigeria makin agresif. Sepakan keras gelandang Wilfred Ndidi tujuh menit berselang hampir menggandakan keunggulan. Untung Halldorson, yang tak rela kembali kebobolan, berhasil menepis bola dengan sempurna.

Tertinggal satu gol membuat Aron Gunnarson dan kawan-kawan mulai melancarkan serangan secara sporadis. Salah satunya dari sepakan gelandang Rurik Gislason di menit ke-63 yang masih mengangkasa.

3. Ini jadi kekalahan pertama Islandia dalam debut mereka di Piala Dunia

Sepasang Gol Ahmed Musa Hentikan Kejutan IslandiaFIFA.com

Tak tinggal diam, Nigeria mencari gol kedua. Usaha tak kenal lelah akhirnya buahkan hasil. Menit ke-75, Ahmed Musa berhasil gandakan keunggulan. Diawali dari serangan balik cepat, striker Leicester City tersebut berhasil mengecoh Halldorson yang sudah meninggalkan posnya. Berdiri bebas tanpa penjagaan, Ahmed menceploskan bola tanpa kendala berarti.

Menit ke-82, pelanggaran terhadap Bjarnason di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Sayang, eksekusi penalti Gylfi Sigurdsson malah meninggi, gagalkan harapan Islandia untuk memperkecil jarak.

Tambahan waktu enam menit tak bisa dimanfaatkan oleh Strákarnir okkar. Ketika peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 terpampang dengan jelas di papan skor. Tanpa poin di Volgograd jadi kekalahan perdana mereka dalam ajang Piala Dunia.

4. Kunci kemenangan Nigeria adalah dominasi di lini tengah

Sepasang Gol Ahmed Musa Hentikan Kejutan IslandiaFIFA.com

Formasi 3-5-2 memang berpengaruh banyak terhadap agresifitas Nigeria. Sepanjang 90 menit, mereka sanggup memberi 16 kali ancaman serta menguasai 68% ball posession. Sempat buntu, kombinasi umpan-umpan pendek gelandang Wilfred Ndidi - John Obi Mikel membuat kokohnya pertahanan sang lawan runtuh perlahan.

Sementara Islandia malah tetap kukuh dengan gaya bermain bertahan seperti saat menahan imbang Argentina. Taktik tersebut tak lagi manjur, berbalik jadi gagal total. Mereka tak berkutik dengan umpan-umpan kreasi John Obi Mikel serta kelincahan Victor Moses yang "menggila" di babak kedua.

Raihan tiga poin ini menjaga peluang Nigeria untuk maju ke babak 16 besar meski harus berjuang berat dengan menaklukkan Argentina di partai terakhir. Islandia? Harapan masih ada, dengan catatan mereka menang 4-0 atas Kroasia dan berdoa dengan kencang agar Nigeria tumbang dari Argentina.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Nigeria (3-5-2)

(Kiper) Francis Uzuho; (Belakang) Leon Balogun, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo; (Tengah) Victor Moses, Wilfred Ndidi, John Obi-Mikel, Oghenekaro Etebo (Alex Iwobi, '91+1), Brian Idowu (Tyronne Ebuehi, '46); (Depan) Ahmed Musa; Kelechi Ihenacho (Odion Ighalo, '85).

Islandia (4-4-2)

(Kiper) Hannes Halldorson; (Belakang) Birkir Saevarsson, Kari Arnason, Ragnar Sigurdsson (Sverrir Ingason, '65), Hordur Magnusson; (Tengah) Birkir Bjarnason, Gylfi Sigurdsson, Aron Gunnarson (Ari Skulason, '87), Rurik Gislason; (Depan) Albert Finnbogason, Jon Bodvarsson (Bjorn Sigurdarson, '71).

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya