Timnas Futsal Putri Gagal ke Semifinal Piala Asia 2018

Kalah tipis dari Vietnam!

Indonesia keluar sebagai runner up Grup A Piala Futsal Wanita AFC 2018. Dengan demikian Indonesia bertemu dengan juara grup B, Vietnam di babak perempat final. Vietnam sendiri lolos sebagai juara grup dengan raihan poin sempurna 9. Di babak kualifikasi Vietnam belum terkalahkan apalagi bermain seri.

Sayangnya, pada babak perempat final langkah skuad srikandi Indonesia terpaksa berhenti. Bagaimanakah jalannya pertandingan Indonesia kontra Vetnam? Simak ulasan pertandingan berikut ini. 

1. Indonesia tertinggal 1-0 di babak pertama

Timnas Futsal Putri Gagal ke Semifinal Piala Asia 2018the-afc.com

Indonesia berjumpa Vietnam pada babak perempat final di Bangkok Arena, Bangkok, Rabu (9/5) malam. Kedua negara sama-sama melakukan permainan agresif dan saling jual beli serangan. Namun, lini belakang timnas putri lengah dan itu dimanfaatkan oleh Vietnam. 

Pada menit ke-13, pemain Vietnam Bui Thi Trang berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia. Di babak pertama Indonesia tidak bisa menyamakan kedudukan dan skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

2. Sempat membuka asa pada babak kedua saat menyamakan kedudukan

Timnas Futsal Putri Gagal ke Semifinal Piala Asia 2018the-afc.com

Pada babak kedua, Indonesia bermain lebih agresif lagi dan tampil menekan ke pertahanan Vietnam. Hasilnya pada menit keempat, Febriana Kusumaningrum berhasil mencetak gol ke gawang Vietnam. Alhasil Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Laga kemudian sangat menarik di mana instensitas serangan kedua tim hampir sama. Indonesia juga sangat semangat ketika skor imbang 1-1 dan berpeluang untuk mengalahkan Vietnam. Namun apa yang terjadi, serangan cepat Vietnam justru kembali mampu unggul, lewat gol Nguyen Thi Hue. Skor 2-1 untuk ke-unggulan Indonesia.

Indonesia sempat menggunakan strategi Power Play untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun pertahanan yang kokoh dari Vietnam membuat Indonesia harus menyerah dengan skor 2-1. Hasil ini membuat skuad timnas putri gagal ke semifinal piala Asia atau AFC Cup. 

Kemenangan 2-1 atas Indonesia membuat pelatih Vietnam Truong Quoc Tran sangat senang sekali. ''Saya mengucapkan selamat kepada para pemain saya karena mereka bermain sangat berani dan mereka bermain dengan disiplin',' ujarnya seperti dilansir oleh AFC.com.

3. Pelatih Indonesia Kensuke Takahashi sangat sedih Indonesia langkahnya terhenti

Timnas Futsal Putri Gagal ke Semifinal Piala Asia 2018the-afc.com

Pertandingan antara Indonesia dan Vietnam memang sangat ketat. Pelatih Indonesia Kensuke Takahashi sangat sedih melihat hasil kekalahan Indonesia vs Vietnam. Dia juga sudah memberi tahu para pemain timnas tentang gaya bermain Vietnam yang mengandalkan serangan balik. Namun, sayangnya itu masih belum diterapkan oleh timnas futsal putri.

Indonesia sendiri bisa mengimbangi Thailand yang notabene tim favorit juara. Namun, Indonesia justru takluk dari Vietnam. Padahal target Takahashi sendiri mampu menang atas Vietnam melihat kualitas yang ada.

''Saya percaya secara keseluruhan hasil yang telah dicapai srikandi Indonesia adalah kinerja yang positif. Ini adalah kompetisi AFC pertama kami dan saya pikir ini adalah pengalaman yang baik untuk para pemain." ujar Kensuke Takahashi.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya