7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!

Teknologi ini memberikan dampak besar dari segala sisi

Sepak bola saat ini merupakan olahraga yang paling populer. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, sepak bola juga tak luput dari dampak semakin canggihnya teknologi yang ada.

Teknologi dapat membantu pengembangan para pemain sampai membantu wasit dalam mengambil keputusan. Sudah banyak teknologi yang diterapkan oleh FIFA dalam dunia sepak bola.

Lantas, apa saja teknologi yang sudah dipakai dalam sepak bola? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini!

1. Goal Line Technology

7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!Goal Line Technology (skysports.com)

Teknologi Goal Line Technology merupakan teknologi yang membantu wasit dalam menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum. Ini merupakan inovasi yang sangat bagus karena sering terjadi kemelut di depan gawang yang membuat wasit kesulitan membuat keputusan dalam waktu yang singkat.

Cara kerja dari teknologi ini adalah dengan menempatkan tujuh kamera yang diletakkan pada atap stadion dengan mengarah ke gawang. Kamera tersebut akan mengirimkan sinyal jika bola sudah melewati garis gawang. Goal Line Technology pertama kali digunakan pada tahun 2012 dalam ajang Piala Dunia Antar Klub.

Dengan adanya teknologi ini, sudah banyak membantu keputusan wasit jika terdapat sapuan yang tepat berada di garis gawang. Sangat jarang kontroversi yang terjadi terkait teknologi ini.

2. Video Assistant Referee (VAR)

7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!Video Assistant Referee (ligalaga.id)

Video Assistant Referee atau VAR merupakan teknologi terbaru yang diterapkan oleh FIFA. Fungsinya adalah mengkaji insiden-insiden yang mungkin terlewatkan oleh wasit utama. Dalam ruangan VAR biasanya terdapat empat wasit yang mengoperasikannya.

Teknologi ini sudah mulai di uji coba sejak 2017. Lalu, VAR mulai dipopulerkan lewat ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Setelah itu, banyak liga-liga besar yang sudah menggunakan VAR.

Baca Juga: 6 Momen Comeback Terbaik dalam Pertandingan Sepak Bola, Dramatis!

3. miCoach Soccer

7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!miCoach Soccer (medium.com)

Tak hanya membantu di lapangan dalam pengambilan keputusan wasit, teknologi juga dapat membantu perkembangan pemain. Salahs atu contohnya adalah miCoach Soccer yang diproduksi oleh Adidas.

Teknologi ini pertama kali dipakai oleh Lionel Messi. MiCoach Soccer merupakan aplikasi yang dapat mengakses chip yang ditempatkan dalam sepatu. Aplikasi tersebut dapat memuat data dari aktivitas pemain mulai dari jarak lari, kecepatan lari, serta data lainnya.

Aplikasi terkait miCoach Soccer saat ini baru tersedia bagi iPhone dan iPod Touch. Salah satu sepatu yang terdapat teknologi ini adalah Adidas Adizero F50.

4. FootBonaut

7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!FootBonaut (viva.co.id)

Untuk perkembangan pemain, teknologi juga sudah diterapkan dalam sesi latihan pemain. Salah satunya adalah teknologi yang bernama FootBonaut yang digunakan oleh salah satu raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund.

Teknologi ini berbentuk ruangan 14 x 14 meter yang terdiri dari 72 panel. Para pemain akan berdiri di tengah ruangan tersebut dan pemain tersebut akan menerima serta mengoper bola yang akan keluar dari setiap panel.

5. Electronic Performance & Tracking System (EPTS)

7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!EPTS (football-technology.fifa.com)

Keuntungan adanya teknologi yang masuk dalam dunia sepak bola tidak hanya dapat dirasakan oleh wasti dan pemain saja, pelatih pun ikut kecipratan keuntungan tersebut. Electronic Performance and Tracking System (EPTS) merupakan teknologi yang dapat menjadi acuan pelatih dalam merancang strategi.

Dalam penerapannya, para pemain harus memakai rompi khusus yang dilengkapi sensor. Selama pertandingan berjalan, sensor tersebut akan mengirimkan data secara real-time melalui aplikasi.

Selain dari sensor, data tersebut diambil langsung dari 396 kamera yang tersebar di stadion. Hasilnya dari tangkapan kamera tersebut akan dioleh serta akan tersaji dalam bentuk grafik yang akurat serta lengkap.

6. GPS Sport Vest

7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!GPS Sport Vest (bolatory.com)

GPS Sport Vest mungkin menjadi teknologi yang sudah tersebar di seluruh dunia. Australian Institute of Sport (AIS) dan Cooperative Research Centres (CRC) adalah lembaga yang memperkenalkan pertama kali teknologi tersebut pada publik pada 2006.

Teknologi ini dapat mengumpulkan data pergerakan para pemain dalam sesi latihan mau[un pertandingan. Data-data tersebut nantinya dapat diakses dalam aplikasi yang terhubung pada smartphone.

7. Video Wall

7 Teknologi yang Dipakai dalam Dunia Sepak Bola, Semakin Modern!Video Wall (bundesliga.com)

Tak ingin kalah dari Borussia Dortmund, Hoffenheim juga memiliki teknologi yang membantu mereka dalam sesi latihan. Teknologi tersebut adalah Video Wall.

Teknologi ini adalah layar yang berukuran 6 x 3 meter dengan 4 kamera yang masing-masing sudah teringtegrasi. Layar tersebut akan berisi video latihan yang dapat digunakan pelatih untuk menyusun strategi serta menganalisa permainan secara detail.

 

Dengan adanya teknologi memang sangat membantu sepak bola dari segala sisi. Selain itu, dengan banyaknya teknologi yang masuk membuat dunia sepak bola terasa lebih modern. Teknologi mana yang menurutmu paling inovatif? Yuk, tulis pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Formasi Paling Populer dan Sering Digunakan oleh Pelatih Sepak Bola

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya