Comscore Tracker

Genap Berusia 36 Tahun, Begini Kiprah Manuel Neuer di Dunia Sepak Bola

Neuer dianggap sebagai kiper terbaik di Jerman saat ini

Manuel Neuer merupakan salah satu veteran yang masih memberikan dampak signifikan di level atas Eropa. Ambisi untuk memecahkan banyak rekor rupanya masih membara di dalam dirinya.

Bayern Munchen dan tim nasional Jerman masih sangat bergantung kepada Manuel Neuer. Dari perjalanan karier, kiprah, hingga pencapaian sang pemain, berikut ulasan lengkapnya.

1. Bulan ini Manuel Neuer bertambah usia

Genap Berusia 36 Tahun, Begini Kiprah Manuel Neuer di Dunia Sepak Bolapotret Manuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Lahir dengan nama panjang Manuel Peter Neuer, penjaga gawang satu ini sekarang menginjak usia 36 tahun. Sang pemain lahir di Gelsenkirchen, Jerman, pada 27 Maret 1986 silam. Ia memiliki tinggi badan mencapai 1,93 cm.

Angka tersebut terbilang sudah tua bagi pesepak bola profesional yang masih bermain di kancah Eropa. Sampai saat ini Neuer masih jadi kiper utama di Bayern Munchen dan jadi harapan besar tim nasional Jerman untuk Piala Dunia 2022 di Qatar nanti.

2. Manuel Neuer sudah belajar sepak bola sejak berusia 5 tahun, lho!

Genap Berusia 36 Tahun, Begini Kiprah Manuel Neuer di Dunia Sepak Bolapotret Manuel Neuer (uefa.com)

Pemain hebat lahir dari ketekunan belajar dan kerja keras. Siapa sangka, Manuel Neuer sudah belajar sepak bola sejak berusia 5 tahun. Ia pertama kali bergabung dengan tim junior Schalke 04 pada tahun 1991.

Pada 2001, Manuel Neuer bermain di tim U-17 dan 2 tahun setelahnya bermain di tim U-19. Ia diangkat ke tim utama setelah berusia 19 tahun pada musim panas 2005. Namun, Neuer baru melakoni laga debut setahun setelahnya pada 19 Agustus 2006.

Bayern Munchen terkesan dengan statistik Neuer selama 6 tahun bersama Schalke 04 yang menorehkan 80 clean sheet dari 203 penampilan. Die Roten kemudian memboyongnya pada 2011.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Sering Membobol Gawang Manuel Neuer, Siapa Saja?

3. Sampai saat ini Neuer masih jadi kiper andalan Die Roten

Genap Berusia 36 Tahun, Begini Kiprah Manuel Neuer di Dunia Sepak Bolapotret Manuel Neuer (twitter.com/ChampionsLeague)

Manuel Neuer direkrut oleh Bayern Munchen pada era Jupp Heynckes dan resmi menandatangani kontrak pada 1 Juli 2011. Ia melakoni laga debutnya dengan clean sheet dalam kemenangan 0-3 atas Eintracht Braunschweig pada 1 Agustus 2011 di DFB Pokal.

Sejak saat itu Manuel Neuer dengan cepat jadi kiper utama di Allianz Arena. Sampai saat ini pun ia masih jadi andalan dan kapten Die Roten. Neuer total telah bermain dalam 464 pertandingan dengan 41,985 menit berada di lapangan. 224 pertandingan di antaranya telah dilalui tanpa kebobolan.

4. Kiprah Manuel Neuer di tim nasional Jerman juga tak boleh dianggap remeh

Genap Berusia 36 Tahun, Begini Kiprah Manuel Neuer di Dunia Sepak Bolapotret Manuel Neuer (twitter.com/Squawka)

Manuel Neuer harus bermain di tim nasional Jerman U-18, U-19, U-20, dan U-21 lebih dulu. Ia baru dipanggil ke tim senior setelah memasuki usia 23 tahun. Joachim Low memberikan kesempatan debut kepada Neuer dalam laga persahabatan pada 2 Juni 2009 menghadapi Uni Emirat Arab.

Neuer pertama kali memimpin tim dalam laga persahabatan pada 2014. Akan tetapi, ia baru resmi diangkat menjadi kapten pada 2016 dan masih bertahan hingga sekarang. Sejauh ini, dari total 109 pertandingan yang telah dilakoni, Neuer berhasil menyelamatkan 47 pertandingan tanpa kebobolan untuk tim nasional Jerman.

5. Sejumlah trofi telah diraih Manuel Neuer bersama klub dan timnas

Genap Berusia 36 Tahun, Begini Kiprah Manuel Neuer di Dunia Sepak Bolapotret Manuel Neuer (twitter.com/ChampionsLeague)

Manuel Neuer beruntung karena ikut andil besar dalam membantu Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Sebelumnya, ia juga ikut meraih Kejuaraan Eropa U-21 UEFA bersama tim U-21. Secara individu, Neuer telah 2 kali dinobatkan sebagai Footballer of the Year pada 2011 dan 2014.

Bersama Bayern Munchen, Neuer berhasil meraih 9 trofi Bundesliga Jerman, 2 trofi Liga Champions, 2 trofi FIFA Club World Cup, 2 trofi UEFA Supercup, dan 11 trofi domestik lainnya. Tidak hanya itu, Manuel Neuer telah 5 kali dinobatkan sebagai World's Best Goalkeeper (2013, 2014, 2015, 2016, dan 2020).

 

Harus diakui, kiprah Manuel Neuer di dunia sepak bola cukup luar biasa. Meskipun belum pernah melancong ke luar Jerman, ia tetap bersinar di berbagai kompetisi kancah Eropa bersama Bayern Munchen. Jangan lupa, Neuer juga jadi andalan Timnas Jerman di ajang internasional. Hebat!

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Manuel Neuer, Jadi Andalan pada Usia 36 Tahun

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya