5 Pemain Aktif Timnas Jepang Paling Berpengalaman di Piala Dunia

Kembali jadi penggawa di Piala Dunia 2022

Timnas Jepang debut di Piala Dunia 1998 saat Prancis jadi tuan rumah. Selang 4 tahun kemudian, Jepang bersama Korea Selatan jadi negara Asia pertama yang ditunjuk menjadi tuan rumah.

Sejak saat itu, tim berjuluk Samurai Blue ini tidak pernah absen di gelaran Piala Dunia. Sayangnya, mereka belum mampu bertahan lebih lama. Timnas Jepang selalu terdepak pada fase grup atau fase gugur.

Sudah berpartisipasi dalam enam edisi Piala Dunia terakhir, Timnas Jepang lolos lagi ke Piala Dunia 2022 Qatar. Sejumlah pemain yang sudah sering tampil di Piala Dunia pun masih dibawa ke Qatar. 

Era pemain senior belum berakhir, ini dia pemain aktif Timnas Jepang paling berpengalaman di Piala Dunia!

1. Eiji Kawashima (11 penampilan)

5 Pemain Aktif Timnas Jepang Paling Berpengalaman di Piala DuniaEiji Kawashima (instagram.com/eijikawashima01)

Usia Eiji Kawashima sudah hampir berkepala empat, tetapi pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, masih mengikutsertakannya ke dalam skuad untuk Piala Dunia 2022 Qatar.  Pengalaman Kawashima di Piala Dunia tak perlu dipertanyakan lagi. Pemain berusia 39 tahun ini pernah tampil 11 kali dalam 3 edisi Piala Dunia terakhir (2010, 2014, dan 2018).

Kawashima selalu jadi tumpuan di bawah mistar gawang Timnas Jepang. Akan tetapi, sepertinya kali ini ia hanya menjadi kiper pelapis ketiga. Sebab, ada Daniel Schmidt dan Shuichi Gonda yang jauh lebih muda darinya.

2. Yuto Nagatomo (11 penampilan) 

5 Pemain Aktif Timnas Jepang Paling Berpengalaman di Piala DuniaYuto Nagatomo (instagram.com/yutonagatomo55)

Bek, Yuto Nagatomo, juga sudah berpengalaman mentas di tiga edisi Piala Dunia terakhir. Jumlah penampilan yang dibuatnya mencapai sebelas penampilan bersama Timnas Jepang.

Bermain di posisi bek kiri, Yuto Nagatomo tidak pernah tergantikan. Timnas Jepang selalu menurunkannya sebagai starter dan ia selalu tampil penuh di lapangan. Nagatomo pernah menorehkan dua assist. 

Berbeda dari Eiji Kawashima, pemain senior berusia 36 tahun ini masih jadi tumpuan Samurai Blue. Nagatomo tersedia untuk memainkan lebih banyak laga di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Dibawa Timnas Jepang ke Piala Dunia 2022

3. Maya Yoshida (7 penampilan) 

5 Pemain Aktif Timnas Jepang Paling Berpengalaman di Piala DuniaMaya Yoshida (instagram.com/mayayoshida22)

Timnas Jepang memanggil para pemain pilihan untuk dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar. Begitu pun pemain berpengalaman yang masih sanggup menembus persaingan. 

Maya Yoshida tentu saja lolos seleksi. Ia memiliki pengalaman bermain di Piala Dunia 2014 Brasil dan Piala Dunia 2018 Rusia. Bahkan, harusnya bermain pula di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Sayang, ia saat itu absen lantaran cedera. 

Yoshida yang saat ini sudah berusia 34 tahun menjabat kapten Tim Samurai Blue sejak didapuk pada 2018. Secara total, tujuh pertandingan telah dilakoni sang pemain di Piala Dunia. Ia berpotensi menambah jumlah pertandingannya di Piala Dunia 2022 Qatar.

4. Hiroki Sakai (4 penampilan) 

5 Pemain Aktif Timnas Jepang Paling Berpengalaman di Piala DuniaHiroki Sakai (instagram.com/hiroki.sakai_19)

Hiroki Sakai sebenarnya hanya memiliki empat penampilan di Piala Dunia. Pasalnya, ia baru mentas di turnamen tersebut pada Piala Dunia 2018 Rusia. Timnas Jepang kala itu bertahan sampai fase gugur. 

Meski begitu, jika dibandingkan dengan pemain lainnya di skuad Timnas Jepang yang dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar, Hiroki Sakai setidaknya lebih berpengalaman. Sebanyak 73 caps, 1 gol, dan 12 assist sudah dikantongi pemain berusia 31 tahun ini di level international. Sebagai bek kanan, jasa Hiroki Sakai sangat dibutuhkan Timnas Jepang untuk memperkokoh pertahanan di Piala Dunia 2022 Qatar yang sengit.

5. Gaku Shibasaki (4 penampilan)

5 Pemain Aktif Timnas Jepang Paling Berpengalaman di Piala DuniaGaku Shibasaki (instagram.com/official_gaku)

Gaku Shibasaki tidak dipanggil saat Timnas Jepang mentas di Piala Dunia 2014 Brasil. Kariernya di timnas memang kerap kali naik turun, hingga akhirnya panggilan datang di Piala Dunia 2018 Rusia. 

Bermodal pengalamannya yang sudah pernah tampil empat kali di Piala Dunia, Gaku Shibasaki kembali dipercaya memperkuat Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia biasa bermain di posisi gelandang tengah. 

Gaku Shibasaki memiliki catatan 3 gol dan 7 assist yang ia torehkan dalam 60 penampilan untuk Timnas Jepang di seluruh ajang internasional. Meski bukan tugas utamanya, harusnya ia bisa berkontribusi lebih banyak dalam menciptakan gol. 

Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar didominasi wajah baru yang tidak berpengalaman bermain di Piala Dunia. Adapun dua pemain lainnya, Shuichi Gonda dan Wataru Endo, ikut ke Piala Dunia 2018 Rusia, tetapi hanya jadi penonton di kursi cadangan.

Baca Juga: 7 Pemain Lama di Skuad Timnas Jepang untuk Piala Dunia Qatar 2022

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya