5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier League

Dua di antaranya bermain di Liverpool

Dalam beberapa musim terakhir, kompetisi Bundesliga diwarnai oleh ancaman baru. Ancaman itu berupa kenaikan pesat yang dialami RB Leipzig. Mereka bertransformasi menjadi salah satu tim papan atas Bundesliga. Meski masih minim prestasi, klub berjuluk Die Roten Bullen ini dikenal dengan kehebatannya melahirkan pemain-pemain berbakat.

Beberapa eks pemain Leipzig bahkan telah menorehkan tinta emas bersama klub lain. Dari keseluruhan pemain yang pernah membela Die Roten Bullen, ternyata beberapa di antaranya memilih hijrah ke Premier League.

1. Oliver Burke

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueOliver Burke (twitter.com/BBCSport)

Potensi Oliver Burke sewaktu membela Nottingham Forest sukses membuat RB Leipzig kepincut. Ia akhirnya direkrut Die Roten Bullen pada musim panas 2016 lalu sebagai aset jangka panjang yang berharga. Namun, Burke malah gagal bersinar di Jerman yang memaksa kiprahnya untuk Leipzig bertahan selama semusim saja.

Burke dilepas ke klub Premier League, yaitu West Bromwich Albion seharga 15,2 juta euro atau sekitar Rp248 miliar. Alih-alih bisa kembali bangkit, Burke justru mengalami hal berbeda. Ia gagal menyelamatkan timnya dari degradasi dan sempat terkatung-katung bersama Celtic dan Alaves. Pada awal musim 2020/2021, karier Burke diselamatkan Sheffield United.

2. Bernardo

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueBernardo (twitter.com/premierleague)

Brighton & Hove Albion menambah amunisi di lini pertahanannya dengan memboyong Bernardo ke Inggris. Ia didatangkan dari RB Leipzig pada musim panas 2018 lalu seharga 10 juta euro atau sekitar Rp163 miliar. Sebelumnya, karier pemain Brasil itu selama 2 musim bertualang untuk Leipzig tak terbilang buruk.

Keputusan Bernardo hijrah ke klub berjuluk The Seagulls itu melahirkan kombinasi yang klop, tetapi tak bertahan lama. Ia dipercaya mengisi sisi kiri pertahanan selama 2,5 musim dengan catatan 51 penampilan di semua kompetisi. Kiprahnya bersama Brighton terhenti pada awal tahun ini usai dilepas ke RB Salzburg.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual RB Leipzig ke Klub Premier League

3. Naby Keita

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueNaby Keita (skysports.com)

Liverpool rela mengucurkan dana besar untuk memboyong pemain asal Guinea ini. The Reds membayar biaya transfer sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp978 miliar demi mendaratkan Naby Keita ke Anfield pada musim panas 2018 lalu. Bermodalkan pengalaman impresif sewaktu membela RB Leipzig, Keita datang dengan kepercayaan diri tinggi.

Sampai sejauh ini, pemain berusia 26 tahun tersebut belum mampu menunjukkan performa terbaiknya. Keita kerap mengalami cedera yang menghambat kariernya berkembang di Anfield. Secara keseluruhan, ia baru tampil 88 kali bersama Liverpool dengan catatan 10 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

4. Timo Werner

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueTimo Werner (twitter.com/goal)

Timo Werner menikmati perjalanan indah selama 4 musim berseragam RB Leipzig. Keran golnya terus mengalir disertai keberhasilannya menjadi ujung tombak Die Roten Bullen dalam waktu lama berhasil membangkitkan minat sejumlah klub top Eropa. Pada akhirnya, Werner memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea musim lalu.

Proses kepindahannya ke Stamford Bridge memakan biaya 53 juta euro atau sekitar Rp864 miliar menurut catatan Transfermarkt. Digadang-gadang bakal moncer di Inggris, pemain berusia 25 tahun itu justru terlihat kesulitan menemukan sentuhan terbaiknya. Werner baru mengoleksi 17 gol dan 17 assist bersama Chelsea sejauh ini.

5. Ibrahima Konate

5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier LeagueIbrahima Konate (twitter.com/IbrahimaKonate_)

Krisis bek tengah yang menimpanya musim lalu membuat Liverpool bergerak cepat dalam membenahi komposisi pemain di lini pertahanan. The Reds akhirnya menambah pemain baru pada musim panas lalu usai merekrut Ibrahima Konate dari RB Leipzig. Ia digaet dengan banderol 40 juta euro atau sekitar Rp652 miliar.

Keputusan bijak itu mampu memperkokoh pertahanan The Reds yang makin stabil. Di satu sisi, kepergiannya menuju Liverpool menyusul Naby Keita yang juga masih bertahan sampai sekarang. Pada usianya yang masih 22 tahun, Konate hanya berstatus pelapis dari Virgil van Dijk dan Joel Matip lantaran baru tampil sebanyak delapan kali.

Kehebatan RB Leipzig dalam mengorbitkan pemain-pemain hebat dengan harga mahal tentu tak perlu diragukan lagi. Namun, dari kelima nama di atas, justru tak semuanya mampu tampil impresif setelah hengkang ke klub Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Klub Premier League yang Dibeli dari Klub Terdegradasi

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya