5 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Masa Premier League, Fantastis!

Dibeli mahal, apakah layak?

Hegemoni Premier League sebagai kompetisi terketat terus berlanjut. Ini menjadi patokan utama terkait kepindahan banyak pemain menuju liga Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Terlebih bagi mereka yang jadi incaran banyak klub dan ditebus dengan harga mahal.

Sudah banyak transfer pemain ke klub Premier League yang terjadi lewat harga fantastis, khususnya para kiper. Proses perekrutan kiper dengan biaya besar sejatinya cukup langka lantaran lebih pemain mahal ini didominasi oleh pemain outfield. Namun, hal tersebut bukanlah penghalang bagi kelima kiper ini berstatus rekrutan mahal.

1. Kepa Arrizabalaga (80 juta euro)

5 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Masa Premier League, Fantastis!Kepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Status rekrutan kiper termahal dipegang oleh Kepa Arrizabalaga. Hal ini terjadi saat Chelsea merekrutnya dari Athletic Bilbao seharga 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Biaya tersebut dinilai terlalu mahal mengingat karier Kepa yang masih hijau dan belum terlalu berpengalaman di kancah kompetisi top Eropa.

Di sisi lain, The Blues merekrut Kepa untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Thibaut Courtois. Selama dua musim perdananya di klub London utara, Kepa mendapatkan kepercayaan menjadi kiper utama. Namun, performanya justru angin-anginan dan kerap membuat blunder. Posisinya lantas tergantikan oleh nama baru, Edouard Mendy.

2. Alisson Becker

5 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Masa Premier League, Fantastis!Alisson Becker (twitter.com/Squawka)

Liverpool berbenah usai gagal meraih trofi Liga Champions 2017/2018. Salah satu sektor yang paling disorot adalah penjaga gawang mengingat inkonsistensi Simon Mignolet dan Loris Karius. Bermodalkan uang hasil penjualan Philippe Coutinho, The Reds lantas memboyong Alisson Becker dengan biaya fantastis.

Demi mendaratkan kiper Brasil itu dari AS Roma, Liverpool harus merogoh kocek sebesar 62,5 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Tak sia-sia, perekrutan Alisson berhasil memperkokoh lini pertahanan The Reds. Alisson mengunci pos kiper utama dan membawa timnya meraih sejumlah titel bergengsi ke Anfield.

Baca Juga: Alisson Jadi Biang Kerok Liverpool Kalah

3. Ederson Moraes

5 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Masa Premier League, Fantastis!Ederson Moraes (twitter.com/Squawka)

Penampilan Claudio Bravo yang tak kunjung membaik membuat Manchester City hilang kesabaran. The Cityzens memutuskan untuk memboyong kiper anyar pada musim panas 2017 lalu. Nama yang dipilih manajemen City itu adalah Ederson Moraes, kiper Brasil yang tengah berseragam Benfica.

Proses transfer Ederson ke klub sekota Manchester United itu menghabiskan dana 40 juta euro atau sekitar Rp648 miliar. Biaya mahal tersebut lantas dibayar tuntas oleh Ederson dengan tampil solid di bawah mistar gawang. Didukung bek yang juga mumpuni, kiprah Ederson bersama City berjalan sesuai harapan.

4. Jordan Pickford

5 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Masa Premier League, Fantastis!Jordan Pickford (twitter.com/GOAL_ID)

Terlepas dari penampilannya di kompetisi Premier League, Everton juga termasuk salah satu klub yang terkenal cukup royal. Salah satu pemain yang pernah direkrut mahal oleh The Toffees beroperasi sebagai penjaga gawang. Transfer ini mengacu pada kepindahan Jordan Pickford pada musim panas 2017 lalu.

Saat itu Everton rela merogoh kocek yang cukup mahal, yakni 28,5 juta euro atau sekitar Rp462 miliar demi membawa Pickford ke kota Merseyside. Pemain berusia 27 tahun tersebut mampu tampil reguler bersama Everton. Posisinya nyaris tak tersentuh dengan catatan 179 penampilan sejauh ini.

5. Aaron Ramsdale

5 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Masa Premier League, Fantastis!Aaron Ramsdale (twitter.com/Squawka)

Melengkapi daftar 5 besar, Aaron Ramsdale sempat mencuri perhatian lantaran kepindahannya menuju Arsenal. Bagaimana tidak, Ramsdale didatangkan The Gunners dengan banderol mencapai 28 juta euro atau sekitar Rp454 miliar. Transfer tersebut bahkan memicu pro dan kontra dari banyak kalangan.

Sebelum bergabung dengan Arsenal, karier Ramsdale tak begitu menjanjikan karena pernah terdegradasi dua kali berturut-turut. Namun, kiper berusia 23 tahun itu berhasil mematahkan semua keraguan. Ramsdale tampil apik saat diberikan kesempatan tampil. Kini ia berstatus kiper utama Arsenal dan menggusur Bernd Leno ke bangku cadangan.

 

Yang jelas, merekrut pemain dengan harga mahal tentu punya dampak dari dua sisi yang berbeda, klop atau flop. Dari kelima kiper di atas, apakah mereka layak didatangkan dengan harga fantastis?

Baca Juga: 5 Alasan Aaron Ramsdale Layak Menjadi Kiper Utama Arsenal

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya