5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier League

Ada dua pemain Manchester United

Liga sepak bola Portugal memiliki beberapa klub besar di dalamnya. Selain Benfica dan Sporting Lisbon, ada juga Porto yang rutin menghiasi papan atas klasemen. Klub berjuluk The Dragons ini sering tampil di kompetisi Eropa.

Di satu sisi, Porto juga dikenal mahir melahirkan pemain berbakat. Para pemain itu dilepas ke klub lain dengan harga yang tinggi, termasuk klub Premier League. Berikut 5 pemain terakhir yang dilepas Porto ke Premier League.

1. Diogo Dalot

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier LeagueDiogo Dalot (twitter.com/DalotDiogo)

Manchester United terpikat dengan penampilan Diogo Dalot. Meski belum semusim di skuad utama Porto, Dalot sudah menjadi pilihan utama. Itu sebabnya Setan Merah dengan cepat mengamankan jasanya pada musim panas 2018.

Dalot sempat kesulitan di Inggris. Ia bahkan dipinjamkan ke AC Milan pada musim 2019/2020. Setelah pinjamannya selesai, Dalot akhirnya mulai menemukan performa terbaiknya. Ia menjadi bek kanan utama Setan Merah dan menggusur Aaron Wan-Bissaka.

2. Alex Telles

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier LeagueAlex Telles (twitter.com/ChampionsLeague)

Manchester United menambah amunisi di sektor bek kiri pada awal musim 2020/2021. Saat itu, Setan Merah merekrut Alex Telles dari Porto. Sang pemain dibeli dengan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp246 miliar.

Telles direkrut untuk menjadi kompetitor Luke Shaw. Sayangnya, ia kesulitan bersaing. Telles hanya menjadi pelapis dengan catatan 50 penampilan dalam 2 musim perdana. Pada musim panas 2022, ia bahkan dipinjamkan ke Sevilla.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir Sevilla dari Premier League, Alex Telles Terbaru!

3. Fabio Silva

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier LeagueFabio Silva (premierleague.com)

Fabio Silva baru semusim menghiasi skuad utama Porto. Namun, itu sudah cukup bagi Wolves. Klub berlogo serigala ini tertarik dengan potensinya. Alhasil, Silva berlabuh ke Premier League pada awal musim 2020/2021.

Wolves harus membayar 40 juta euro atau sekitar Rp657 miliar untuk menebusnya. Harga itu dinilai terlalu mahal. Apalagi, Silva belum mampu berkontribusi lebih untuk Wolves. Ia juga dipinjamkan beberapa kali, seperti ke Anderlecht dan PSV Eindhoven.

4. Luis Diaz

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier LeagueLuis Diaz (premierleague.com)

Lini serang Liverpool makin sangar setelah hadirnya Luis Diaz. Ia bergabung dari Porto pada pertengahan musim 2021/2022. Dalam proses kepindahannya, Liverpool merogoh kocek hingga 47 juta euro atau sekitar Rp772 miliar.

Hasilnya pun berbuah manis. Diaz membuktikan ketajaman dan kualitasnya bersama The Reds. Pemain berpaspor Kolombia itu mampu tampil menjanjikan. Total, Diaz sudah mengoleksi 10 gol dan 8 assist dari 40 penampilan di semua kompetisi.

5. Fabio Vieira

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier LeagueFabio Vieira (instagram.com/fabiodfvieira)

Porto kembali meraup dana segar pada bursa transfer musim panas 2022. Kali ini, The Dragons menjual Fabio Vieira ke Arsenal. Sang pemain dilepas dengan biaya 35 juta euro atau sekitar Rp575 miliar.

Di sisi lain, hadirnya Vieira menunjukkan ambisi kuat Arsenal. Ia semakin menguatkan komposisi skuad The Gunners yang didominasi oleh para pemain muda. Vieira mampu beradaptasi dengan baik. Ia sudah tampil sebanyak 31 kali di semua ajang.

 

Porto tetap konsisten di papan atas Liga Portugal. Sekalipun mereka melepas banyak pemainnya, The Dragons masih mampu bertahan dengan kebijakan transfer dan pengembangan bakat akademi yang baik.

Baca Juga: Capaian FC Porto di Liga Champions 5 Musim Terakhir, Naik Turun

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya