5 Pemain Ternama yang Punya Garis Keturunan Negara Asia, Ada Indonesia

David Alaba salah satunya!

Berbicara mengenai sepak bola di dunia saat ini, bisa dibilang Eropa merupakan magnet utama. Hal itu tak terlepas dengan perkembangan dan kompetisi olahraga si kulit bundar yang semakin pesat di Benua Biru. Akibatnya, terjadi kesenjangan antarbenua lain yang belum merasakan hal yang sama. Sebut saja yang dialami negara-negara di benua Asia saat ini.

Kualitas sepak bolanya terbilang masih tertinggal dibandingkan benua lain. Dengan permasalahan itu, efek domino yang hadir tentu merambat ke pemain-pemain yang kalah dari berbagai segi. Menilik tentang Asia, ternyata ada beberapa nama top yang punya garis keturunan negara-negara di benua tersbeut. Siapa sajakah mereka? Check this out!

1. Alphonse Areola (Filipina)

5 Pemain Ternama yang Punya Garis Keturunan Negara Asia, Ada IndonesiaAlphonse Areola (psgtalk.com)

Nama Alphonse Areola begitu lekat dengan Paris Saint-Germain. Bersama Les Parisiens, Areola mulai menanjak. Hebatnya lagi, ia menjadi bagian dari kesuksesan Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Ia memang lahir dan besar di sana, tetapi ternyata Areola sempat berpeluang membela negara lain, yaitu Filipina.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran darah Filipina yang mengalir deras di raga kiper berusia 28 tahun itu. Meski lahir di Prancis, kedua orangtua Areola merupakan penduduk asli Filipina yang pindah ke sana. Namun, pada akhirnya, Areola memilih untuk bermain dengan Timnas Prancis yang merupakan tempat kelahirannya.

2. Yohan Cabaye (Vietnam)

5 Pemain Ternama yang Punya Garis Keturunan Negara Asia, Ada IndonesiaYohan Cabaye (eurosport.fr)

Karier sepak bola Yohan Cabaye bak rollercoaster yang kerap naik turun. Ia tampil apik bersama Lille, tetapi gagal total saat membela Paris Saint-Germain. Akan tetapi, hal tersebut tetap tak menampik bahwa dirinya punya kans untuk membela Timnas Prancis. Ia sudah mencatatkan 48 caps bersama negaranya tersebut.

Namun, siapa yang menduga bahwa pemain yang baru saja gantung sepatu itu punya darah Vietnam. Cabaye mengklaim ia mendapatkannya dari nenek sang ayah yang merupakan penduduk asli Vietnam. Tak hanya itu, Cabaye juga menyanjung keindahan alam yang ada di negara leluhurnya tersebut.

Baca Juga: Keturunan Arab, 9 Potret Manis Kedekatan Fanny Ghassani dan Mama 

3. David Silva (Jepang)

5 Pemain Ternama yang Punya Garis Keturunan Negara Asia, Ada IndonesiaDavid Silva (twitter.com/FootballFunnnys)

Sosok David Silva tentunya sudah familier di benak pencinta sepak bola. Ia begitu terkenal karena kesetiaannya bersama Manchester City dan juga balutan jersei Spanyol. Namun, tak ada yang menyangka bahwa pemain yang kini membela Real Sociedad itu punya garis keturunan Jepang.

Silva lahir di Kepulauan Canaria, region yang berada di dekat Benua Afrika, tetapi secara administratif masih dimiliki oleh Spanyol. Ia berasal dari keturunan campuran Spanyol dan Jepang. Darah Spanyol mengalir dari sang ayah, sedangkan keturunan Negeri Sakura diwarisi oleh sang ibu yang bernama Eva.

4. Radja Nainggolan (Indonesia)

5 Pemain Ternama yang Punya Garis Keturunan Negara Asia, Ada IndonesiaRadja Nainggolan (goal.com)

Dilihat dari namanya saja, Radja Nainggolan begitu identik dengan Indonesia. Ia memang memiliki keturunan Indonesia, lebih tepatnya dari suku Batak. Ayahnya yang bernama Marianus Nainggolan menetap lama di Belgia dan menikah dengan warga asli di sana, yaitu Lizi Bogaerts Nainggolan.

Dengan kepastian itu, Radja sempat punya kans tampil membela Timnas Indonesia. Hanya saja, ia memilih untuk berseragam Timnas Belgia yang merupakan tempat asalnya. Keputusan Radja itu terbukti tepat bagi karier sepak bolanya. Ia kerap dipanggil The Red Devils dan kini bermain untuk klub top Serie A, Inter Milan.

5. David Alaba (Filipina)

5 Pemain Ternama yang Punya Garis Keturunan Negara Asia, Ada IndonesiaDavid Alaba (eurosport.fr)

David Alaba punya kisah menarik di balik masa kecilnya dulu. Ia lahir di Wien, Austria, dan kini Alaba membela negara asalnya itu. Akan tetapi, kedua orangtuanya tidak berasal dari negara tersebut. Sang ayah yang sejatinya merupakan keturunan pangeran di suatu desa di Nigeria memilih pindah ke Austria.

Sang ibu adalah mantan ratu kecantikan di Filipina. Dengan fakta tersebut, Alaba sempat punya kans untuk tampil di 3 negara yang berbeda. Kendati begitu, pilihan akhir pemain yang kini membela Real Madrid tersebut jatuh ke Austria dan ditandai dengan debut pertamanya pada tahun 2009 silam.

 

Selain mereka, masih ada beberapa nama lain yang juga memiliki hal serupa. Seperti Emil Audero, kiper Sampdoria yang punya keturunan Indonesia. Adakah pemain favoritmu yang masuk ke dalam daftar di atas?

Baca Juga: Alasan Alaba Bungkam Arnautovic saat Austria Kalahkan Makedonia Utara

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya