5 Pemain Top Jepang yang Bermain di Kompetisi Eropa, Siapa Saja?

Dari Kubo hingga Minamino

Dikenal sebagai negara industri, Jepang ternyata juga dikenal sebagai salah satu negara penghasil pemain bola berbakat di benua Asia. Ada beberapa nama pemain asal Jepang yang pernah bermain di klub besar Eropa beberapa tahun ke belakang, sebut saja Yuto Nagatomo dan Shinji Okazaki.

Dan di zaman yang kian modern sekarang, industri sepak bola di Jepang ternyata semakin menggeliat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemain Jepang yang merantau ke luar negeri, khususnya Eropa guna merintis karier. 

Dilansir Transfermarkt, berikut ada lima pemain top Jepang yang bermain di kompetisi Eropa. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Daichi Kamada - Eintracht Frankfurt

5 Pemain Top Jepang yang Bermain di Kompetisi Eropa, Siapa Saja?90min.de

Pemain pertama asal Jepang yang bermain di kompetisi Eropa adalah Daichi Kamada. Pemain yang berusia 24 tahun ini bermain untuk klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt. Kamada telah bermain bersama Frankfurt sejak musim 2017/2018 setelah direkrut dari Sagan Tosu.

Kamada sempat tampil di bawah ekspektasi hingga harus dipinjamkan ke klub Belgia, Sint-Truiden pada musim 2018/2019. Namun, perlahan Kamada mulai menunjukkan performa impresifnya.

Di musim ini bersama Frankfurt, Kamada telah tampil di 13 laga dengan torehan 2 gol dan 6 assist. Kamada lantas memiliki harga pasar senilai 16 juta euro atau sekitar Rp276 miliar saat ini.

2. Shoya Nakajima - Porto

5 Pemain Top Jepang yang Bermain di Kompetisi Eropa, Siapa Saja?Goal.com/FC Porto

Diboyong Porto dari klub Qatar, Al Duhail senilai 12 juta euro pada awal musim lalu, Shiyo Nakajima belum mampu memberikan kontribusi lebih untuk tim asal Portugal tersebut. Tercatat, di musim ini Nakajima telah tampil di 9 laga dengan torehan 1 assist. 

Nakajima yang berposisi sebagai winger kiri ini harus bersaing dengan beberapa nama beken lainnya di posisi yang sama di Porto, seperti Felipe Anderson dan Joao Mario. Yang terbaru, Nakajima mempunyai market value senilai 12 juta euro atau sekitar Rp207 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italia

3. Takehiro Tomiyasu - Bologna

5 Pemain Top Jepang yang Bermain di Kompetisi Eropa, Siapa Saja?Twitter.com/FtblPhotos/by Nicolò Campo

Pemain selanjutnya adalah bek tengah andalan klub Serie A, Bologna yaitu Takehiro Tomiyasu. Keberadaannya di sektor pertahanan Bologna begitu vital. Hal ini dibuktikan dengan dirinya yang selalu bermain di 15 laga yang telah dijalani Bologna musim ini di semua kompetisi.

Di usianya yang masih muda yaitu 22 tahun, Tomiyasu sudah menjadi langganan dipanggil timnas Jepang. Kemampuannya yang bisa bermain di berbagai posisi menjadi modal bagus untuk timnya apabila saat melakukan rotasi. Yang terbaru, Tomiyasu memiliki harga pasar senilai 18 juta euro atau sekitar Rp311 miliar.

4. Takumi Minamino - Liverpool

5 Pemain Top Jepang yang Bermain di Kompetisi Eropa, Siapa Saja?Yahoo.co.jp/Getty Images

Pemain selanjutnya adalah Takumi Minamino yang bermain untuk klub besar Premier League, Liverpool. Minamino yang telah bermain bersama Liverpool awal tahun ini direkrut dari RB Salzburg senilai 8,5 juta euro atau sekitar Rp147 miliar. Namun, bersama The Reds, Minamino sulit menembus skuad inti.

Minamino yang berposisi asli sebagai winger kiri harus bersaing dengan beberapa nama beken lainnya seperti Sadio Mane. Hal inilah yang membuatnya minim menit bermain dan dicap sebagai pemain pelapis.

Di musim ini, Minamino telah tampil di 15 laga di semua kompetisi dengan torehan 4 gol dan 1 assist. Minamino memiliki harga pasar senilai 10 juta euro atau sekitar Rp173 miliar saat ini.

5. Takefusa Kubo - Villarreal

5 Pemain Top Jepang yang Bermain di Kompetisi Eropa, Siapa Saja?medium.com

Pemain terakhir asal Jepang yang bermain di kompetisi Eropa adalah wonderkid milik Real Madrid, Takefusa Kubo. Di musim ini, Kubo bermain bersama Villarreal guna mendapatkan menit bermain yang lebih banyak.

Kubo telah tampil di 19 laga di semua kompetisi musim ini dengan torehan 1 gol dan 3 assist. Didatangkan Real Madrid dari FC Tokyo musim lalu, Kubo yang masih berusia muda 19 tahun ini harus rela dipinjamkan ke klub lain guna menambah jam terbang.

Di musim lalu, Kubo dipinjamkan ke klub sesama La Liga, RCD Mallorca hingga akhir musim. Saat ini, Kubo memiliki harga pasar 30 juta euro atau sekitar Rp519 miliar, dan menjadikannya sebagai pemain termahal Jepang.

 

Lima pemain di atas membuktikan bahwa pemain Asia tak kalah dengan pemain-pemain dari benua lain. Perjuangan mereka dalam merintis karier sepakbolanya patut diapresiasi. Semoga para pemain Indonesia bisa mengikuti jejak mereka, ya!

Baca Juga: 5 Pemain Asia Terbaik yang Berkarier di Eropa, Siapa Saja? 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya