5 Pembelian Termahal Liverpool Selama Ditangani Juergen Klopp

Mohamed Salah tergeser Diogo Jota

Juergen Klopp mulai membesut Liverpool pada 2015/2016. Sejak saat itu, ia mengangkat performa tim ke papan atas klasemen English Premier League (EPL).

Klopp membawa Liverpool meraih beberapa gelar bergengsi. Dalam keberhasilan ini, ada perubahan besar yang ia lakukan. Klopp merekrut banyak pemain. Beberapa nama di antaranya bahkan diboyong dengan harga mahal.

Siapa saja pembelian termahal Liverpool selama ditangani Juergen Klopp?

1. Diogo Jota

5 Pembelian Termahal Liverpool Selama Ditangani Juergen KloppDiogo Jota (premierleague.com)

Juergen Klopp memperkuat lini serang Liverpool dengan menambah satu penyerang pada musim panas 2020. Dari sejumlah nama, Diogo Jota dipilih untuk memperkaya opsi penyerangan tim. Ia direkrut dari Wolverhampton Wanderers.

Untuk mendaratkan Jota ke Anfield, Liverpool harus membayar 45 juta euro atau sekitar Rp741 miliar. Hasilnya pun berbuah manis. Jota mampu bersinar sebagai andalan The Reds. Ia sudah mencetak 34 gol dan 15 assist dari 100 penampilan per 14 Maret 2023.

2. Fabinho

5 Pembelian Termahal Liverpool Selama Ditangani Juergen KloppFabinho (twitter.com/_fabinhotavares)

Fabinho resmi bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2018. Dalam proses kepindahannya dari AS Monaco, Fabinho dibeli dengan harga yang cukup besar. Ia ditebus senilai 45 juta euro atau sekitar Rp741 miliar.

Harga mahal yang dikeluarkan Liverpool sukses dibayar lunas olehnya. Fabinho menjelma jadi sosok penting sebagai gelandang jangkar The Reds. Ia tampil reguler dengan koleksi 206 penampilan di semua kompetisi hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool Tertajam di Bawah Asuhan Juergen Klopp, Moncer!

3. Naby Keita

5 Pembelian Termahal Liverpool Selama Ditangani Juergen KloppNaby Keita (premierleague.com)

Selain Fabinho, Liverpool juga merekrut gelandang lainnya pada musim panas 2018. Pemain yang dimaksud adalah Naby Keita. Ia digaet dari RB Leipzig dengan mahar mencapai 60 juta euro atau sekitar Rp988 miliar.

Meski begitu, Keita cenderung kesulitan menjadi pilihan utama. Ia lebih banyak menepi akibat cedera yang terus menghantui. Secara keseluruhan, Keita baru mengoleksi 129 penampilan bersama The Reds.

4. Alisson Becker

5 Pembelian Termahal Liverpool Selama Ditangani Juergen KloppAlisson Becker (instagram.com/liverpoolfc)

Liverpool sempat memecahkan rekor transfer seorang kiper pada musim panas 2018. Kepastian ini diperoleh usai menebus Alisson Becker dari AS Roma. Liverpool harus membayar 62,5 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Perjudian ini merupakan pilihan tepat. Pasalnya, Alisson mampu menjadi tembok kokoh di bawah mistar gawang The Reds. Ia tampil konsisten, nyaris tak tergantikan. Alisson sudah membukukan 99 clean sheet dari 219 penampilan per 14 Maret 2023.

5. Virgil van Dijk

5 Pembelian Termahal Liverpool Selama Ditangani Juergen KloppVirgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Pembelian Juergen Klopp satu ini sekaligus menjadi rekrutan termahal dalam sejarah Liverpool. Virgil van Dijk memecahkan rekor transfer klub usai ditebus dari Southampton pada musim dingin 2018. Ia digaet seharga 85 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Harga semahal itu sesuai dengan kualitasnya. Van Dijk memperkuat barisan pertahanan Liverpool. Ia tampil solid di jantung pertahanan The Reds. Pemain berpaspor Belanda itu sudah diturunkan dalam 211 penampilan di semua ajang.

Biaya besar yang dikeluarkan Liverpool berbuah manis. Kelima nama di atas sukses memberikan kontribusi signifikan dalam permainan The Reds hingga 2022/2023 ini.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van Dijk

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya