TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mandala Kembali Bertuah, Persipura Libas Barito Putera

Kemenangan kandang pertama sejak bulan Mei

Liga-Indonesia.id

Sempat kehilangan tuah dalam tiga laga kandang terakhir, Stadion Mandala akhirnya kembali ramah untuk sang penghuni. Menjamu Barito Putera pada hari Sabtu (4/8/2018) lalu, Persipura berhasil melibas sang tamu dengan skor cukup telak yakni 5-1.

Dari susunan pemain, kubu tuan rumah relatif sama dengan tim yang turun pada pekan sebelumnya. Perubahan hanya terjadi di sektor tengah, yakni Prisca Womsiwor yang turun sebagai gelandang serang. Sementara Addison Alves lengkapi skema trisula bersama Hilton Moreira dan Boaz Solossa sejak menit pertama.

Begitu pula yang dilakukan oleh kubu Barito. Pelatih Jacksen F Tiago memilih Ady Setiawan sebagai starter alih-alih kembali kepada opsi pemain muda M. Rafi Syaharil. Dua rekrutan baru yakni bek sayap Jajang Sukmara serta penyerang Marcel Sacramento memulai laga dari bangku cadangan.

1. Barito Putera sempat memimpin 1-0 di babak pertama

Liga-Indonesia.id

Tak dinyana, hentakan pertama hadir dari Barito saat pertandingan baru berjalan empat menit. Diawali dari serangan balik di sisi kiri, Rizky Pora mengirim umpan mendatar ke Samsul Arif. Bola pun dieksekusi oleh sang kapten tim dengan sempurna, tinggalkan kiper Dede Sulaiman yang tak berkutik.

Tersengat gol cepat, Persipura kontan menggempur habis sektor belakang tim tamu. Berturut-turut peluang datang dari Yustinus Pae ('14), Addison Alves ('15), hingga Prisca Womsiwor ('19). Hilton Moreira juga tak tinggal diam. Tendangan bebasnya di menit ke-25 membuat Adhitya Harlan susah payah menepis bola.

Legiun asing asal Brasil tersebut ikut berperan aktif dalam membangun serangan. Di menit ke-35, umpan silangnya hampir saja berbuah gol andai sundulan Addison tak menyamping. Hasilnya baru kelihatan di penghujung babak. Ekskusi Hilton usai wasit memberi hukuman penalti atas handball. Skor 1-1 menutup interval pertama.

2. Persipura baru menggila pada babak kedua, lima gol bersarang ke gawang tim tamu

Instagram.com/persipurapapura1963

Mutiara Hitam baru menggila di babak kedua. Rangkaian serangan seolah enggan dikendurkan. Menit ke-63, Boaz Solossa berhasil balikkan keadaan. Manfaatkan bola pantul dari Hilton, tendangan first time nan keras kaki kiri Boci dari luar kotak penalti menghujam gawang Barito dengan telak.

Petakan datang untuk Barito di menit ke-67. Bek tengah Aaron Evans mendapat kartu kuning kedua usai melakukan pelanggaran. Unggul jumlah pemain tak disia-siakan oleh tuan rumah.

Semenit berselang, giliran Addison yang catatkan nama di papan skor. Manfaatkan skema tendangan penjuru Ian Louis Kabes, sundulannya memantul di tiang dalam gawang sebelum bersarang. Tinggalkan Adhitya Harlan yang tak bergerak akibat menyangka bola akan keluar.

Ribuan penonton di Stadion Mandala kembali bersorak di menit ke-73. Kerjasama satu-dua nan apik antara Addison Alves dan Gunansar Mandowen diselesaikan menjadi gol cantik sempurna oleh nama terakhir.

Verified Writer

Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya