TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiper Top yang Hanya Membela Satu Klub dalam Sedekade Terakhir

Tampil apik, mereka juga setia bersama klubnya!

Manuel Neuer (bavarianfootballworks.com)

Peran seorang kiper dalam permainan sepak bola tentu sangat krusial. Tak hanya menjaga gawang saja, tiap kiper dituntut untuk punya kemampuan dalam mendistribusikan bola ataupun kemampuan lain dengan baik. Untuk itulah, kiper-kiper top yang tersebar saat ini tak sebanyak pemain dari posisi lain, seperti penyerang.

Di liga-liga top Eropa, ada kiper-kiper papan atas yang begitu familier, seperti Jan Oblak, Thibaut Courtois ataupun Ederson Moraes. Ketiganya memang tampil solid bersama klub yang mereka bela.

Namun, tak hanya soal penampilan di bawah mistar gawang. Ada beberapa kiper yang juga dikenal loyal karena hanya membela satu klub dalam waktu sedekade terakhir. Penasaran siapa saja? 

1. Hugo Lloris

Hugo Lloris (eurosport.com)

Hugo Lloris dan Tottenham Hotspur merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Sejak direkrut musim 2012/2013 lalu, Lloris menasbihkan dirinya sebagai kiper utama The Lilywhites dengan catatan 373 penampilan. Pengamalannya yang sudah lama berseragam Spurs membuat Lloris dipercaya jadi kapten utama tim.

Kiper berusia 34 tahun ini memang belum mengantarkan Spurs meraih satupun gelar. Catatan terbaik Lloris hanyalah membawa The Lilywhites menjadi runner-up di sejumlah turnamen, seperti Premier League 2015/2016 dan Liga Champions 2018/2019 lalu. Meski begitu, kesetiannya untuk Spurs tentu sulit untuk disamai oleh pemain lain.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

2. Anthony Lopes

Anthony Lopes (90min.com)

Sepanjang kariernya, Anthony Lopes hanya membela satu klub yang sama, yaitu Olympique Lyon. Kesuksesannya naik kasta ke tim utama musim 2011/2012 lalu, menandai awal perjalanan panjang yang Lopes rajut dengan klub Ligue 1 tersebut. Bersamaan dengan itu, nama Lopes juga kian melambung.

Sama seperti Lloris, sepak terjang Lopes juga tak bergelimang trofi. Hanya saja, perjalanannya yang hanya bermain untuk Lyon bakal membuat Lopes jadi legenda yang dicintai oleh para fans. Kini dengan usia yang sudah kepala tiga, Lopes telah membuat 378 penampilan bersama Lyon dengan torehan 126 clean sheet.

3. Samir Handanovic

Samir Handanovic (twitter.com/SempreIntercom)

Ungkapan tua-tua keladi tampaknya layak disematkan bagi situasi Samir Handanovic saat ini. Pada saat performa kiper seusianya telah menurun drastis, hal berbeda justru dialami oleh Handanovic. Bahkan di musim lalu, ia jadi salah satu aktor utama di balik keberhasilan Inter Milan meraih scudetto.

Titel itu juga merupakan satu-satunya gelar bergengsi yang Handanovic raih. Memang selama berseragam Nerazzuri, nama Handanovic tak begitu disorot. Padahal, ia begitu loyal dengan klub sekota AC Milan itu dan berstatus kapten utama tim. Handanovic telah mencatatkan 389 penampilan sejak direkrut musim 2012/2013 lalu.

4. David De Gea

David De Gea (eurosport.com)

Setelah meroket bersama Atletico Madrid, David De Gea memulai perjalanan barunya dengan Manchester United musim 2011/2012 lalu. Sejak kepindahannya itu, karier De Gea semakin mentereng dan dicap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Ia begitu dipercaya untuk mengisi pos penjaga gawang utama Setan Merah.

Satu titel Premier League, 1 Piala FA, dan 2 titel Liga Europa menjadi bukti kesuksesannya selama berkarier di Manchester. Kendati dalam 2 musim terakhir, performa kiper Spanyol ini kerap dikritik karena sering membuat blunder, prestasi De Gea tentu bakal sukar untuk dilupakan sekalipun ia telah hengkang ke klub lain.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Belum Pernah Memenangkan Gelar Liga Domestik

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya