TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak bersama Borussia Dortmund

Ada dua pemain yang masih membela Dortmund

Mats Hummels (instagram.com/aussenrist15)

Borussia Dortmund merupakan salah satu kekuatan besar di Bundesliga. Meskipun dari segi prestasi klub berjuluk Die Borussen ini masih kalah dibandingkan Bayern Munchen, tetap tak membuat mereka keluar dari peta persaingan juara.

Di sisi lain, Borussia Dortmund dikenal sebagai tim yang gemar mengorbitkan pemain-pemain jempolan. Dari banyaknya pemain yang pernah membela Die Borussen, ternyata ada nama-nama yang masih aktif berkarier dengan koleksi penampilan terbanyak. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Mats Hummels (430 penampilan)

Mats Hummels (twitter.com/BlackYellow)

Mats Hummels berstatus sebagai pemain aktif Borussia Dortmund dengan koleksi penampilan terbanyak. Pemain berusia 33 tahun itu sudah menorehkan 430 penampilan di semua ajang. Capaian yang diraih Hummels itu diraih dalam waktu panjang. Terlebih ia sudah bermain untuk Die Borussen sejak 2008 silam.

Petualangannya bersama Borussia Dortmund sempat terhenti pada 2016 lalu. Hummels memilih untuk pulang ke klub masa kecilnya, Bayern Munchen. Namun, berselang tiga musim berikutnya, ia memutuskan untuk kembali membela Borussia Dortmund dan masih bertahan hingga sekarang.

Baca Juga: 7 Pemain Jerman yang Diandalkan Borussia Dortmund pada 2021/2022

2. Lukasz Piszczek (382 penampilan)

Lukasz Piszczek (twitter.com/BlackYellow)

Satu strip di bawah Hummels, ada Lukasz Piszczek. Ia berhasil mengemas 382 penampilan selama berseragam Borussia Dortmund. Piszczek mengumpulkan angka sebanyak itu selama 11 musim membela Die Borussen. Tercatat, pemain Polandia itu mulai bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2010 lalu.

Datang ke Dortmund, Piszczek menjadi bek kanan andalan nyaris selama sedekade. Ia juga mengantarkan Die Borussen meraih dua titel Bundesliga serta trofi domestik lainnya. Hanya saja, kebersamaan keduanya harus terhenti pada akhir musim 2020/2021. Piszczek hengkang ke klub kasta ketiga liga Polandia, Goczalkowice.

3. Marcel Schmelzer (367 penampilan)

Marcel Schmelzer (twitter.com/ChampionsLeague)

Marcel Schmelzer berada di posisi ketiga. Ia sukses membukukan 367 penampilan selama berseragam Borussia Dortmund. Capaian ini diraih Schmelzer lebih dari sedekade lamanya. Pertama kali bergabung dengan tim akademi Die Borussen pada 2005 silam, ia berhasil promosi ke tim utama tiga tahun berselang.

Menjadi bagian dari skuad utama, Schmelzer memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Ia menjelma jadi bek kiri utama Die Borussen yang sudah mengantongi dua titel Bundesliga sejauh ini. Meski masih berusia 34 tahun, Schmelzer tak lagi membela Dortmund mulai musim depan karena sudah memutuskan untuk pensiun.

4. Marco Reus (356 penampilan)

Marco Reus (twitter.com/bvb_central)

Aura Borussia Dortmund sudah melekat kuat di dalam diri Marco Reus sejak kecil. Bergabung di usia 6 tahun, ia sempat pindah ke Rot Weiss Ahlen dan Borussia Monchengladbach. Namun, kecintaannya terhadap klub kota kelahirannya tersebut mengantarkan Reus kembali ke Borussia Dortmund pada 2012 lalu.

Reus berkembang menjadi salah satu pilar kunci Die Borussen. Ia telah tampil 356 kali dengan sumbangan 153 gol dan 114 assist. Angka penampilannya bisa saja lebih banyak saat ini jika tak rentan dibekap cedera. Meskipun belum mampu meraih titel Bundesliga, Reus tetap berhasil merengkuh beberapa gelar domestik di Jerman.

Baca Juga: Perjalanan Karier Nuri Sahin, Pemain Muslim yang Jalani Peran Ganda

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya