TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Top yang Menjuarai Europa League Berulang Kali, Siapa Saja?

Fernando Torres hingga Jose Antonio Reyes

Antonnio Reyes (twitter.com/EuropaLeague)

Europa League dianggap sebagai kompetisi kelas kedua setelah Liga Champions. Namun, ajang ini tetap memiliki prestisenya sendiri. Bahkan, tidak semua klub besar bisa menjuarai ajang ini dengan mudah. Sevilla merupakan klub terbanyak yang mampu menjuarai ajang ini dengan 6 trofi.

Di level pemain, terdapat beberapa pemain yang mampu meraih gelar ini berulang kali sepanjang kariernya. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Fernando Torres - 2 kali

Fernando Torres (twitter.com/EuropaLeague)

Fernando Torres mencetak gol pembuka di final Liga Europa 2013 untuk Chelsea ketika melawan Benfica. Gol kemenangan di menit akhir oleh Branislav Ivanovic akhirnya memastikan kejayaan bagi The Blues.

Torres kemudian kembali ke klub masa kecilnya, Atletico Madrid, pada 2016 dan di sanalah ia memenangkan Liga Europa untuk kedua kalinya pada 2017/2018. Meski tampil bukan sebagai starter, dia bermain 12 kali di musim itu dan masuk dari bangku cadangan saat Atleti mengalahkan Marseille di final. Final itu juga menjadi penampilan terakhirnya di sepak bola Eropa sebelum memutuskan hijrah ke Liga Jepang.

Baca Juga: Gagal ke Final Liga Europa 2020/2021, Arsenal Kian Suram

2. Radamel Falcao - 2 kali

Radamel Falcao (goal.com)

Radamel Falcao dinilai sebagai ahlinya Liga Europa. Dia merasakan dua gelar ini dengan dua klub berbeda, Porto dan Atletico Madrid. Striker Kolombia itu mencetak 17 gol luar biasa di Liga Europa untuk Porto pada 2010/2011, termasuk gol kemenangan di final melawan Braga.

Dia kemudian bergabung dengan Atletico Madrid dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp 691 miliar pada 2011. Luar biasanya, di musim perdananya itu ia langsung mempersembahkan Liga Europa. Lebih hebatnya, dalam dua kesempatan itu Falcao juga keluar sebagai top skor dengan total 29 gol.

3. Jesus Navas - 3 kali

Jesus Navas (twitter.com/AlexandraJonson)

Jesus Navas sudah bisa dipastikan bakal menjadi legenda Sevilla ketika nanti gantung sepatu. Dia membela klub dalam dua periode sepanjang kariernya. Dia baru berusia 20 tahun ketika dia mendapatkan trofi Liga Europa untuk pertama kalinya dengan Sevilla mengalahkan Middlesbrough di final tahun 2006.

Sevilla memenangkannya lagi 12 bulan kemudian dengan mengalahkan Espanyol lewat adu penalti bertajuk final sesama klub Spanyol. Gelar ketiganya datang pada tahun 2020 setelah bergabung kembali dengan Sevilla usai membela Manchester City dan menandai transisi yang sukses dari pemain sayap menjadi bek sayap yang andal.

4. Dino Baggio - 3 kali

Dino Baggio (90min.com)

Mantan gelandang Italia, Dino Baggio, memenangkan Piala UEFA tiga kali selama tahun 1990-an, dimulai dengan Juventus pada musim 1992/93 ketika ia mencetak tiga gol di final dua leg melawan Borussia Dortmund. Baggio bergabung dengan Parma pada tahun 1994 dan menjadi bagian dari kejayaan Parma kala itu.

Di musim pertamanya, Baggio langsung mempersembahkan gelar Piala UEFA (Liga Europa) bagi Parma. Dia kemudian kembali mempersembahkan gelar keduanya  bagi Parma pada musim 1998/1999 usai mengalahkan Marseille 3-0 di babak final.

Baca Juga: Malunya Ronaldo, Bisa Bikin Juventus Degradasi ke Liga Europa

Verified Writer

Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya