TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keterlibatan Gol Ilkay Gundogan 5 Musim Terakhir di Manchester City

Gundogan berpotensi bawa ManCity raih treble winner

Ilkay Gundogan (mancity.com)

Ilkay Gundogan bergabung dengan Manchester City pada musim panas 2016. Dia direkrut dari Borussia Dortmund dengan mahar 27 juta euro atau Rp431 miliar. Gelandang asal Jerman tampil solid di lini tengah Manchester City asuhan Pep Guardiola.

Dia telah mempersembahkan lima gelar English Premier League (EPL) selama hampir 7 tahun di Etihad Stadium. Pemain 32 tahun ini kerap tampil sebagai pahlawan pada laga-laga krusial, termasuk dua golnya ke gawang Manchester United di final FA Cup 2022/2023. Berikut ini adalah catatan gol Ilkay Gundongan dalam 5 musim terakhir bersama Manchester City.

1. Mengoleksi 8 gol dan 6 assist sepanjang 2018/2019

Ilkay Gundogan (mancity.com)

Musim 2018/2019 adalah tahun ketiga Ilkay Gundogan berseragam Manchester City. Dia tampil apik dengan memainkan peran sebagai gelandang serang dan gelandang bertahan. Sang pemain memainkan 50 pertandingan dengan koleksi 8 gol dan 6 assist di semua ajang.

Gundogan hanya absen dalam tujuh laga di Premier League. Itu pun disebabkan cedera hamstring. Manchester City sendiri mengakhiri musim dengan sempurna di kompetisi domestik. Mereka menjuarai EPL, FA Cup, Piala Liga, dan Community Shield. Sayangnya, nasib mereka tidak mujur di Liga Champions. The Cityzens kalah gol tandang dari Tottenham Hotspurs di babak perempat final.

Baca Juga: 5 Top Skor Terakhir Manchester City di Kompetisi Domestik, Gacor!

2. Gagal juara di Premier League, Ilkay Gundogan hanya mencetak 5 gol dan 5 assist pada 2019/2020

Ilkay Gundogan (twitter.com/premierleague)

Manchester City menghadapi persaingan yang berat dari Liverpool dalam perebutan gelar Premier League 2019/2020. The Reds berhasil keluar sebagai juara dengan selisih poin 18 poin pada akhir musim. Kontribusi gol Ilkay Gundogan pun menurun dengan koleksi 5 gol dan 5 assist dari 50 pertandingan.

The Cityzens hanya meraih trofi Piala Liga pada musim tersebut dengan mengalahkan Aston Villa dengan skor 2-1. Ilkay Gundogan tampil apik pada laga itu dengan memberikan sebuah assist. Sedangkan di Liga Champions The Cityzens kembali kalah di perempat final. Kali ini giliran disingkirkan Lyon.

3. Ilkay Gundogan tampil sebagai top skor klub pada 2020/2021

Ilkay Gundogan (twitter.com/IlkayGuendogan)

Musim 2020/2021 adalah musim yang aneh bagi Premeir League karena munculnya  COVID-19 di Eropa. Klub harus bermain tanpa adanya suporter. Kendati begitu, Manchester City kembali menunjukan tajinya. Ilkay Gundogan tampil luar biasa dengan keluar sebagai top skor klub.

Dia menorehkan 17 gol dan dan 5 assist dari 45 pertandingan. Kontribusi golnya ini membawa The Cityzens meraih trofi Premier League dan Piala Liga. Mereka bahkan mencetak sejarah dengan lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya. Sayang pasukan Pep Guardiola kalah 0-1 dari sesama klub Inggris Chelsea.

4. Tampil stabil dengan torehan 10 gol dan 6 assist pada 2021/2022

Ilkay Gundogan (twitter.com/IlkayGuendogan)

Manchester City memainkan musim 2021/2022 hanya dengan memiliki seorang striker murni, yaitu Gabriel Jesus. Kendati begitu ketajaman Manchester City tetap terjaga. Gol-gol The Cityzens lahir dari barisan gelandang, salah satunya Ilkay Gundogan. Dia mengoeleksi 10 gol dan 6 assist dari 43 pertandingan.

Musim tersebut dia tampil utuh sebagai seorang gelandang serang dalam sistem Pep Guardiola. Gundogan membawa Manchester City meraih trofi Premier League. Namun, The Cityzens kalah dramatis dari Real Madrid di babak semifinal Liga Champions.

Baca Juga: 9 Potret Keren Ilkay Gundogan, Gelandang Top Milik Manchester City

Verified Writer

Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya