TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiper Berkebangsaan Jerman yang Pernah Bermain di LaLiga

Marc Andre ter Stegen memegang rekor

Marc Andre Ter Stegen (fcbarcelona.com)

Meski tergolong sebagai negara kuat di sepak bola, pesepak bola Jerman terhitung kurang peminat di LaLiga. Hingga kini, hanya ada 40 pesepak bola Jerman yang pernah merumput di kasta tertinggi sepak bola Spanyol tersebut.

Angka tersebut sangat jauh dengan jumlah pesepak bola Jerman di Premier League, Serie A, ataupun Ligue 1. Dari 40 nama yang ada, 5 di antaranya berposisi sebagai kiper. Siapa saja mereka?

1. Bodo Illgner

Bodo Illgner (mobile.twitter.com/Bodo_Illgner)

Bodo Illgner merupakan kiper utama Jerman ketika menjadi juara Piala Dunia 1990. Dalam kariernya, Illgner hanya pernah membela dua klub, yakni FC Koln dan Real Madrid. Bodo Illgner membela Real Madrid selama 5 musim (1996—2001).

Ia selalu bermain apik untuk El Real dari musim ke musim hingga akhirnya posisi Illgner tergantikan Casillas pada 1999/2000. Hingga akhirnya pensiun pada akhir musim 2000/2001, Illgner sukses mencatatkan 91 penampilan dengan torehan 24 nirbobol di LaLiga.

Baca Juga: 5 Kiper asal Jerman yang Berkarier di Luar Bundesliga, Jadi Andalan?

2. Timo Hildebrand

Timo Hildebrand (bundesliga.com)

Timo Hildebrand tak pernah memiliki karier yang begitu mentereng bersama Timnas Jerman. Selama masa emasnya, Hildebrand selalu menjadi bayang-bayang dari persaingan Oliver Kahn dan Jens Lehmann. Artinya, Hildebrand merupakan kiper ketiga Jerman.

Hildebrand pernah berlaga di LaLIga selama 1,5 musim bersama Valencia. Momen tersebut terjadi dari Juli 2007 ketika ia pindah dari VfB Stuttgart hingga ia pindah ke Hoffenheim pada Januari 2009. Dalam kurun waktu tersebut, Hildebrand mencatatkan 26 laga dengan torehan 7 nirbobol.

3. Josef Elting

Josef Elting (schalke04.de)

Josef Elting merupakan kiper Jerman pertama yang berlaga di LaLiga. Kiper kelahiran kota Bocholt ini hanya berkarier di LaLiga selama semusim pada 1974/1975 bersama Real Murcia.

Tak banyak catatan mengenai performa pemain yang paling lama bermain untuk FC Kaiserlautern ini. Ketika berkarier di LaLiga, Elting hanya mencatatkan 11 laga dengan torehan 1 nirbobol.

4. Robert Enke

Robert Enke (twitter.com/Bundesliga_EN)

Robert Enke merupakan kiper hebat yang selalu diingat oleh banyak penggemar sepak bola. Pada tahun 2009, Enke mengakhiri hidupnya secara tragis dengan melompat ke arah kereta yang berjalan cepat di lintasan Neustadt am Rubenberge.

Kematian tersebut ditengarai karena beban pikiran dan kesehatan mentalnya yang menurun akibat meninggalnya sang anak. Dalam kariernya, Enke pernah 2 musim (2002—2004) membela Barcelona. Ia hanya mencatat satu laga di LaLiga.

Baca Juga: Dari Alisson hingga ter Stegen, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1992

Verified Writer

Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya