TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Mantan Pemain yang Menjadi Pelatih PSV Eindhoven, Nistelrooy Terbaru

Kebanyakan sukses meraih trofi sebagai pemain dan pelatih

Ruud van Nistelrooy (instagram.com/psv)

PSV Eindhoven adalah salah satu klub sepak bola tersukses di Belanda. Sejak dahulu, PSV banyak menghasilkan pemain sepak bola kelas dunia yang sukses berkarier di mana-mana.

Beberapa dari mereka kemudian alih profesi menjadi pelatih sepak bola setelah gantung sepatu. Ada yang sempat menangani PSV.

Ternyata, ketika menjadi pelatih PSV, beberapa sukses meraih trofi. Inilah lima mantan pemain yang menjadi pelatih PSV Eindhoven.

1. Ronald Koeman

Ronald Koeman (premierleague.com)

Ronald Koeman adalah mantan pemain top Belanda yang bisa menjadi bek maupun gelandang. Semasa bermain, Koeman pernah jadi bagian penting kesuksesan PSV Eindhoven.

Koeman membela PSV pada 1986–1989. Ia sukses mempersembahkan enam trofi. Itu termasuk treble winners 1987/1988 saat menjabat sebagai kapten PSV.

Setelah jadi pelatih, Koeman sempat menangani PSV pada 2006/2007. Meski hanya semusim, Koeman terbilang sukses di PSV karena berhasil mempersembahkan trofi Eredivisie. Selain di PSV, Koeman juga pernah meraih trofi Eredivisie sebagai pemain dan pelatih Ajax Amsterdam.

Baca Juga: Pemain Ini Jadi Korban Kebohongan Ronald Koeman di Barcelona

2. Huub Stevens

Huub Stevens (twitter.com/PSV)

Huub Stevens pernah meraih sukses semasa menjadi pemain PSV Eindhoven. Stevens adalah mantan bek asal Belanda yang membela PSV pada 1975–1986.

Stevens mencatat 371 penampilan bersama PSV di semua ajang. Ia turut mempersembahkan 3 trofi Eredivisie, 1 Piala KNVB, dan 1 Piala UEFA.

Stevens sempat menangani PSV setelah menjadi pelatih, tetapi tidak bertahan lama. Ia mulai menjabat pada awal 2008/2009, lalu dipecat setelah separuh musim. Meski singkat, Stevens memimpin PSV meraih satu trofi Piala Super Belanda 2008 pada awal musim.

3. Philip Cocu

Phillip Cocu (instagram.com/phillipcocu8)

Berikutnya, ada Philip Cocu, mantan gelandang Belanda yang populer saat membela Barcelona. Cocu pernah berkostum PSV dalam dua periode berbeda, yaitu 1995–1998 dan 2004–2007. Ia bermain lebih dari 250 kali bareng PSV dan meraih 8 trofi, termasuk 4 Eredivisie.

Sebagai pelatih, Cocu berhasil mempersembahkan 6 trofi bagi PSV, termasuk 3 trofi Eredivisie. Setelah itu, Cocu menangani Fenerbahce dan Derby County, tetapi gagal membawa mereka tampil maksimal. Cocu pun belum melatih lagi sejak akhir 2020.

4. Mark van Bommel

Mark van Bommel (twitter.com/PSV)

Setelah ditinggal Cocu pada 2018, PSV kembali menunjuk eks pemain mereka sebagai pelatih, yaitu Mark van Bommel. Van Bommel adalah mantan gelandang yang mengawali suksesnya sebagai pemain bersama PSV.

Van Bommel membela PSV selama total 7 tahun. Ia turut mengangkat 9 trofi, termasuk 4 Eredivisie.

Sayangnya, van Bommel gagal melanjutkan suksesnya ketika menjadi pelatih PSV. Ditunjuk pada awal 2018/2019, ia hanya bertahan kurang dari 6 bulan. Mark van Bommel juga tak sempat mempersembahkan trofi bagi PSV. Ia sampai sekarang belum berhasil meraih trofi sebagai pelatih.

Baca Juga: 5 Striker Terbaik Manchester United Usai Ditinggal Ruud van Nistelrooy

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya