TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Liga Inggris Menolak Penggunaan VAR untuk Musim Ini, Apa Alasannya?

VAR sudah banyak digunakan sebagian liga besar domestik

fifa.com

Metode baru yang dibuat FIFA bernama VAR membuat sejumlah revolusi dalam sepakbola modern. Kini, peran teknologi tak bisa disingkarkan dalam kehidupan manusia. Peran VAR akan sangat dibutuhkan mengingat banyak sekali drama dalam sepakbola yang terjadi tanpa adanya VAR.

Salah satu liga terbesar Eropa yakni Liga Inggris memilih menolak untuk menggunakan VAR di musim 2018/19 karena beberapa alasan penting, berikut ini alasan dibalik penolakan yang dilakukan pihak penyelenggara Liga Primer Inggris.

1. VAR masih kurang sempurna dan memiliki risiko yang begitu besar jika digunakan sekarang

fifa.com

VAR yang tidak diikutsertakan dalam Liga Primer Inggris musim ini telah mendapat banyak kritikan dari koresponden yang memberikan voting terhadap penggunaan VAR. Pada pertandingan Piala Dunia 2018, banyak sekali kejadian tak terduga yang ditentukan oleh VAR. Banyak sekali kerugian terutama saat VAR mengalami system error atau human error.

Kejadian tersebut tentu sangat disayangkan karena disaat keputusan VAR seharusnya bersifat fair akhirnya menjadi tidak fair karena adanya gangguan tersebut. Risiko tersebut tentu tak ingin terulang dalam Liga Inggris sehingga banyak yang menyarankan agar VAR dibuat lebih sempurna dan dilakukan tes ulang agar lebih baik.

Baca Juga: Banyak Dikecam, VAR Justru Tingkatkan Akurasi Keputusan Wasit

2. Sudah diadakan voting terkait penggunaan VAR, mayoritas koresponden menolak VAR

fifa.com

Pihak penyelenggara Liga Primer Inggris sudah memberikan voting terhadap dua puluh wakil klub yang akan berlaga di musim 2018/19. Mayoritas menolak penggunaan VAR di musim ini dan meminta untuk dilakukan perbaikan secara teknis maupun non-teknis.

Kendala tersebut memang sudah tampak ketika digunakan saat FA Cup dan Carabao Cup. Pertandingan tersebut terasa terhambat karena adanya penundaan waktu dan pertandingan berjalan lebih lambat dari biasanya.

Baca Juga: Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018

Verified Writer

Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya