TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Trio Legendaris Sepak Bola yang Sangat Dominan dan Raih Banyak Gelar

Trio yang legendaris dan menjadi ikon utama pada masanya

fcbarcelona.com

Perkembangan sepak bola semakin hari semakin berkembang pesat. Pada masanya, banyak sekali pesepak bola hebat yang menjadi ikon utama dan menghiasi banyak gelar dari kurun waktu tertentu. 

Banyak tim hebat yang sudah memiliki sejarah sejak awal karena memiliki banyak gelar. Gelar itu pun secara masif mereka dapatkan karena adanya trio legendaris yang selalu menjadi andalan. Yuk kita simak trio legendaris sepak bola yang dominan pada masanya dan meraih banyak gelar!

1. Van Basten, Gullit, Rijkaard (AC Milan)

eurosport.com

Marco Van Basten, Ruud Gullit, dan Frank Rijkaard adalah salah satu trio yang dimiliki klub asal Italia, AC Milan. Pembelian sukses yang dilakukan manajemen AC Milan pada saat itu ditambah dengan keahlian Arigo Sacchi dalam meracik strategi.

Trio asal Belanda tersebut telah menyumbangkan banyak trofi seperti Liga Champions dan Serie A ketika Fabio Capello menangani AC Milan sejak tahun 1991 menggantikan Sacchi. Tren kesuksesan tersebut memberikan stigma positif mengenai kehebatan Rossoneri pada masa itu.

2. Di Stefano, Puskas, Gento (Real Madrid)

goal.com

Sekitar tahun 1950-an hingga 1960-an, Real Madrid menjadi klub bersejarah dengan memenangkan lima trofi Liga Champions berturut-turut. Gelar tersebut didapatkan karena kehadiran Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, dan Francisco Gento dalam mengatur sepak bola Los Blancos. 

Alfredo Di Stefano juga menjadi satu-satunya pemain yang selalu mencetak gol dalam lima final Liga Champions sekaligus memenangkannya. Pencapaian luar biasa dari legenda Real Madrid karena merekalah yang membuat nama besar El Real selalu dikenang banyak orang.

3. Cruyff, Keizer, Swart (Ajax Amsterdam)

ad.nl

Johan Cruyff, Piet Keizer, dan Sjaak Swart menjadi generasi emas Ajax pada tahun 1960-an sampai 1970-an. Mereka sangat dominan untuk berkompetisi di pentas Eropa dan meraih banyak gelar. 

Kehadiran trio ini telah memotivasi banyak pemain muda Ajax untuk berkembang dalam bersaing di kancah Eropa. Sosok penting Ajax ada di tangan Johan Cruyff, sebagai seorang aktor penting dalam menemukan sepak bola tiki-taka yang menjadi penyempurnaan total football timnas Belanda.

Baca Juga: 7 Peran Penyerang dalam Pertandingan Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahu

4. Best, Law, Charlton (Manchester United)

zimbio.com

Manchester United punya trio penyerang hebat pada tahun 1960-an. George Best, Denis Law, dan Bobby Charlton menjadi salah satu fondasi kuat dari Manchester United dalam meraih banyak gelar. 

Mereka telah mencetak sebanyak 46 gol dari 42 laga berturut-turut. Salah satu statistik hebat yang sangat dominan pada masanya. Gaya bermain Liga Inggris yang selalu beradu pada kekuatan fisik mampu mereka tandingi dengan baik. Ketiga ikon tersebut juga dibuatkan patung yang dapat dilihat di stadion kebanggan Manchester United, Old Trafford.

5. Rivaldo, Ronaldo, Ronaldinho (Timnas Brasil)

jornalggn.com.br

Ketiga trio asal Brasil ini memulai debutnya saat bermain di Copa America tahun 1999. Performa yang fantastis dan juga masa keemasan mereka di mana saat itu filosofi permainan Joga Bonito sangat diminati banyak klub Eropa. 

Banyak pemain Brasil yang bermain di kancah Eropa karena keahlian dalam menggiring bola dan melewati lawan. Mereka berhasil membawa timnas Brasil menjuarai Copa America 1999 dan Piala Dunia 2002.

6. Bale, Benzema, Cristiano (Real Madrid)

ghanasoccernet.com

Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo yang akrab disapa Trio BBC ini menjadi pilar penting Real Madrid dalam meraih La Decima trofi Liga Champions. Salah satu tahta terbesar El Real untuk kembali merajai Eropa. 

Trio ini baru terbentu pada tahun 2014 dan langsung melesatkan banyak gol di tahun pertamanya. Ketiga pemain tersebut mencetak total 97 gol dalam satu musim dan menjadi andalan sang pelatih pada masa itu, Carlo Ancelotti.

Baca Juga: 7 Pemain Sepak Bola Ini Dijuluki Lord, Ada dari Indonesia!

Verified Writer

Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya