TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Pemenang Golden Boy Sejak 2003, Terbaru Jude Bellingham

Penghargaan untuk pemain muda berbakat di Eropa

Potret Erling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Golden Boy adalah suatu penghargaan yang diberikan kepada pemain muda terbaik di Eropa yang tampil memukau dalam setahun berdasarkan penilaian para jurnalis. Pemenang Golden Boy diberikan kepada pemain sepak bola berusia di bawah 21 tahun.

Ada beberapa pemain hebat yang pernah mendapatkan penghargaan ini. Sebut saja Sergio Aguero, Lionel Messi, dan Paul Pogba. Mereka tampil memukau pada usia mudanya dan tetap tampil konsisten sepanjang kariernya hingga sekarang.

Ada pula pemenang Golden Boy yang tidak konsisten performanya dan akhirnya gagal memenuhi ekspektasi. Misalnya, Anderson, Mario Balotelli, dan Renato Sanches. Siapa saja daftar pemenang Golden Boy dari tahun ke tahun? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!

1. Sejarah Golden Boy

Joao Felix pemenang Golden Boy 2019 (atleticodemadrid.com)

Awal mula lahirnya penghargaan Golden Boy diusung oleh sebuah media asal Italia, yaitu Tuttosport. Penghargaan Golden Boy diadakan pertama kali pada tahun 2003 dan dimenangkan oleh Van der Vaart. Penghargaan ini diberikan kepada pemain berusia di bawah 21 tahun yang berkarier di kompetisi Eropa saja.

Pemilihan pemenang Golden Boy ini melibatkan para jurnalis dari media-media ternama di Eropa. Berbagai media tersebut seperti Marca (Spanyol), L’Equipe (Prancis), De Telegraaf (Belanda), A Bola (Portugal), Bild (Jerman), dan The Times (Inggris).

Pemilihan pemenang menggunakan sistem voting yang dilakukan jurnalis-jurnalis. Setiap jurnalis akan mengalokasikan 10 poin untuk pemain yang mereka rasa paling mengesankan selama 1 tahun.

Baca Juga: 11 Pemain Futsal Terbaik Dunia, Ada yang Berkarier di Indonesia!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya