5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!

Bellingham bergabung ke Real Madrid dengan harga selangit

Inggris dicap sebagai magnetnya sepak bola dunia. Hal ini sepenuhnya bukan tanpa alasan. Inggris memiliki kompetisi sepak bola yang dinilai paling kompetitif saat ini. Tak hanya itu, para pemainnya juga memiliki kualitas yang mumpuni.

Hanya sedikit pemain asal Inggris yang memilih berkarier di luar negeri. Meski begitu, beberapa pemain Inggris mampu memecahkan rekor transfer klub usai pindah ke klub yang berkompetisi di negara lain. Termasuk Jude Bellingham yang baru saja hijrah ke Real Madrid, berikut adalah sederet transfer pemain Inggris termahal di luar EPL.

1. Jude Bellingham

5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!Jude Bellingham (twitter.com/realmadrid)

Saga transfer Jude Bellingham akhirnya terealisasi. Sang pemain resmi menjadi milik Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2023. Los Blancos menebusnya dari Borussia Dortmund seharga 103 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun. Bellingham dikontrak selama 6 musim hingga Juni 2029 mendatang.

Ia mengikuti jejak pemain Inggris sebelumnya, seperti Michael Owen dan David Beckham yang merapat ke Real Madrid. Kedatangan Bellingham sebagai bagian dari regenerasi yang dilakukan oleh Los Blancos. Bellingham sudah ditunggu oleh gelandang muda Real Madrid lainnya, seperti Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni.

Baca Juga: 5 Gelandang Termahal yang Digaet Real Madrid sebelum Jude Bellingham

2. Tammy Abraham

5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!Tammy Abraham (twitter.com/europacnfleague)

Nasib Tammy Abraham untuk bertahan di Chelsea makin kecil. Itu sebabnya ia memilih untuk hengkang pada musim panas 2021. Tammy melanjutkan kariernya dengan hijrah ke AS Roma. Dalam proses kepindahannya ini, ia ditebus oleh Il Giallorosso dengan biaya 41 juta euro atau sekitar Rp671 miliar.

Harga mahal yang dikeluarkan oleh AS Roma sepadan dengan kualitasnya. Tammy menjelma menjadi sosok ganas di lini serang Il Giallorosso. Ia tampil impresif dengan koleksi 36 gol dari 107 penampilan. Tammy juga berhasil mempersembahkan trofi UEFA Conference League pada musim debutnya bersama AS Roma.

3. Fikayo Tomori

5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!Fikayo Tomori (twitter.com/fikayotomori_)

AC Milan mengaktifkan opsi pembelian permanen kepada Fikayo Tomori pada musim panas 2021. Hal ini bukan tanpa alasan. Tomori sukses tampil solid dan menjanjikan di lini belakang Rossoneri. Ia menunjukkan kualitas terbaiknya. Itu tak bisa ia lakukan sewaktu masih berseragam Chelsea.

Tomori dipermanenkan dengan biaya 32 juta euro atau sekitar Rp523 miliar. Perannya benar-benar tak tersentuh oleh pemain lain. Tomori menjadi salah satu pemain penting dalam membawa AC Milan kembali berjaya di kancah domestik. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi 107 penampilan di semua kompetisi bersama AC Milan.

4. Kieran Trippier

5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!Kieran Trippier (instagram.com/k.trippier2)

Kieran Trippier menjalani sebagian besar kariernya di Inggris. Meski begitu, ia sempat berkarier di Spanyol bersama Atletico Madrid. Semua bermula pada musim panas 2019 lalu. Atletico Madrid sepakat menebusnya dari Tottenham Hotspur dengan biaya 22 juta euro atau sekitar Rp360 miliar.

Trippier menjadi bek kanan utama Los Rojiblancos selama 2,5 musim. Ia punya kontribusi besar dalam mengantarkan timnya itu menjadi kampiun LaLiga pada musim 2020/2021. Tercatat, Trippier bermain dalam 86 pertandingan di semua kompetisi. Ia lalu hijrah ke Newcastle United pada pertengahan musim 2021/2022 lalu.

5. Jadon Sancho

5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!Jadon Sancho (twitter.com/Sanchooo10)

Jadon Sancho melengkapi posisi lima besar dalam daftar ini. Hal ini terjadi dalam proses kepindahannya ke Borussia Dortmund pada awal musim 2017/2018 lalu. Saat itu, Die Borussen menebusnya dari Manchester City seharga 21 juta euro atau sekitar Rp343 miliar. Kesepakatan transfer ini berbuah manis.

Sancho berkembang pesat bersama Die Borussen. Performanya melejit dan diandalkan sebagai salah satu tumpuan di lini serang. Jadon Sancho berhasil membukukan 50 gol dan 64 assist dari 137 penampilan. Ia lantas direkrut oleh Manchester United pada bursa transfer musim panas 2021 lalu.

Saat ini, Inggris memiliki banyak pemain potensial. Mereka tak hanya diincar oleh klub Inggris, tetapi juga klub dari kompetisi lain. Tak menutup kemungkinan ada pemain Inggris lain yang bisa menjadi sorotan karena pindah ke klub luar EPL dengan biaya tinggi.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 25 sebelum Jadon Sancho

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya