TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masalah Politik Sebabkan Maroko Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

#WorldCup2018 Maroko sudah lima kali kalah dalam pemungutan suara di FIFA.

instagram.com/ussoccer

Rabu kemarin (13/6) menjadi hari yang menyedihkan bagi federasi sepak bola Maroko. Ini karena mereka telah dinyatakan kalah dari Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko dalam pertarungan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

1. Maroko mengklaim kegagalan itu karena benua Afrika tak bersatu

instagram.com/ussoccer

Ini adalah kelima kalinya Maroko mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia. Sebelumnya mereka melakukannya pada 1994, 1998, 2006 dan 2010. Namun, lagi-lagi mereka harus menelan kekecewaan. Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko memenangkan 134 suara melawan 65 yang diberikan kepada Maroko.

Bagi Maroko, kekalahan ini terjadi karena Afrika tidak bersatu. "Kami sangat berharap, tapi pada akhirnya jika kamu kehilangan suara dalam jumlah tertentu dari benuamu sendiri, dan dari beberapa saudara kami di Arab, yang melempar koin, maka kamu tak punya kesempatan," kata perwakilan Maroko, Daniel Amokachi, seperti dilansir dari ESPN.

2. 11 negara Afrika mendukung Amerika Utara untuk menjadi tuan rumah

instagram.com/officielfrmf

Dalam pemungutan suara kemarin, ada 11 negara di benua Afrika yang memilih untuk memberikan dukungan kepada Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Ini menimbulkan kesedihan tersendiri bagi beberapa pihak selain otoritas sepak bola Maroko.

Misalnya, Joseph-Antoine Bell, mantan kiper timnas Kamerun. Ia melakukan lobi agar negara-negara membawa kembali Piala Dunia ke benua Afrika setelah sebelumnya Afrika Selatan menjadi tuan rumah pada 2010.

"Kami sangat kecewa untuk dua alasan: pertama kami pikir Maroko dalam soal olah raga punya kesempatan lebih baik bahkan dibanding gabungan-gabungan negara sekalipun; dan yang kedua karena negara-negara Afrika yang tidak mendukung Maroko berarti tidak berjuang untuk emansipasi kami," ujarnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya