TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perjalanan Prancis, Belgia, Inggris dan Kroasia Menuju Semifinal

#WorldCup2018 Siapa sangka Inggris menang adu penalti?

FIFA

Piala Dunia tinggal menyisakan dua pertandingan semifinal, satu play-off untuk pemenang tiga dan empat, serta satu final penentuan juara. Sejauh ini kita sudah mendapatkan empat tim yang salah satunya akan mengangkat trofi Piala Dunia. Keempatnya adalah Prancis, Belgia, Inggris dan Kroasia. Begini perjalanan mereka untuk mengukir sejarah di Rusia.

1. Prancis mengalahkan tim favorit yaitu Argentina dan Uruguay

FIFA

Prancis sebagai juara Grup C adalah tim pertama yang berhasil memastikan diri lolos ke semifinal setelah mengalahkan Uruguay 2-0. Raphael Varane dan Antoine Griezmann menjadi pencetak gol dalam pertandingan yang berlangsung di Nizhny Novgorod Stadium tersebut.

Les Bleus sendiri bermain cukup konsisten sepanjang fase grup dan penyisihan dengan menang empat kali dan seri satu kali. Selain Uruguay, tim terberat lain yang dikalahkan oleh Hugo Lloris dkk. adalah Argentina. Tim asuhan Didier Deschamps mampu menang tipis 4-3 ketika melawan perwakilan Amerika Latin tersebut.

2. Belgia hampir dipermalukan oleh Jepang, tapi sanggup kalahkan Inggris dan memulangkan Brasil

FIFA

Belgia disebut-sebut sebagai kekuatan baru Eropa. Ini karena skuat Setan Merah yang diisi oleh para pemain bintang. Pelatih Roberto Martinez pun memastikan kualitas mereka dimanfaatkan dengan baik. Meski kebobolan lima gol dalam lima pertandingan, tapi Eden Hazard dkk. membuktikan mereka berambisi besar.

Menjuarai Grup G, Belgia sanggup menang lawan Panama dan Tunisia di dua pertandingan awal. Bahkan, Inggris harus tunduk melalui satu gol Adnan Januzaj. Langkah mereka sempat dikhawatirkan tersendat ketika hampir dipermalukan Jepang. Namun, pada laga kontra Brasil di perempat final, Belgia mampu menunjukkan ketajaman lewat permainan cemerlang Romelu Lukaku, Kevin De Bryune serta Eden Hazard.

3. Inggris menang adu penalti untuk pertama kalinya dalam sejarah

FIFA

Akankah sepak bola kembali ke tempat asalnya di Inggris? Ini yang sangat dinantikan para fans The Three Lions setelah timnas kebanggaan mereka memenangkan adu penalti untuk pertama kalinya dalam sejarah, dan lolos ke semifinal untuk pertama kalinya setelah 28 tahun. Tak hanya itu, sang kapten Harry Kane bahkan menjadi kandidat terkuat pemenang Golden Boot dengan enam gol.

Inggris berada satu grup dengan Belgia. Setelah menang 2-1 lawan Panama, membabat Tunisia dengan skor 6-1, Inggris harus kalah saat berhadapan dengan Belgia. The Three Lions pun menang adu penalti melawan Kolombia dalam sebuah laga keras. Swedia pun dibuat tak berdaya dengan gol Harry Maguire dan Dele Alli di babak 16 besar.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya