TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diperiksa Bareskrim, Football Institute Justru Puji Kapolri

Cermin ketegasan Kapolri

Football Institute diperiksa di Bareskrim. (Dok. Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Founder Football Institute, Budi Setiawan, menjalani pemeriksaaan di Bareskrim Polri pada Senin (10/7/2023). Pemeriksaan ini terkait jumpa pers soal wasit di sepak bola Indonesia.

Selepas diperiksa, Budi pun memuji Kapolri.

"Saya apresiasi dan respek luar biasa terhadap pak Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang merespons dengan sangat baik dan cepat setelah konferensi pers Football Institute lalu," ujar Budi dalam keterangan resminya.

"Ini menunjukkan keseriusan dari Polri sebagai penegak hukum untuk bersama-sama PSSI membenahi masalah-masalah di sepak bola Indonesia, salah satunya match fixing atau match manupulation," tambahnya.

Baca Juga: Cerita Wasit Liga 1 Soal Tes JFA, Berstandar FIFA dan Berat

1. Budi diperiksa sebagai saksi

Survei Football Institute soal sepak bola Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Budi berujar, kedatangannya ke Bareskrim ini sebagai saksi. Pemeriksaan berlangsung selama 7,5 jam, tepatnya sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.30 WIB. Materi pemeriksaan tak jauh dari sesi jumpa pers yang dia lakukan beberapa waktu lalu.

"Saya memenuhi undangan dari Bareskrim Mabes Polri, dalam kapasitas sebagai saksi. Saya dimintai keterangan tentang materi-materi yang saya sampaikan saat sesi jumpa pers beberapa waktu lalu, termasuk soal metode risetnya," ujar Budi.

2. Pemeriksaan begitu detail

Football Institute gelar studi soal wasit Liga 1. (Dok. Istimewa)

Budi berujar, lamanya pemeriksaan ini tak lepas dari detailnya pemeriksaan yang dilakukan. Hal itu wajib dilakukan agar tak ada kesalahan dalam memberikan keterangan kepada pihak kepolisian.

"Bukti keseriusan lain adalah saya diwawancara oleh enam penyidik secara bergantian dalam durasi 7,5 jam tersebut. Sekitar 30 pertanyaan yang diajukan oleh penyidik," kata Budi.

Baca Juga: Football Institute: 25 Wasit Liga 1 Tidak Lolos Tes JFA

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya