TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bungkam Inggris, Prancis Kunci Tiket Semifinal Piala Dunia 2022

Prancis telah ditunggu oleh Maroko

timnas Prancis (fifa.com)

Jakarta, IDN Times - Inggris tumbang dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Bersua Prancis di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB, skuad Tiga Singa kalah dengan skor tipis 1-2.

Gol-gol di laga ini dicetak Harry Kane (54') untuk Inggris, serta Aurelien Tchouameni (17') dan Olivier Giroud (78') untuk Prancis. Dengan begini, tim Ayam Jantan mengunci tiket terakhir babak semifinal Piala Dunia 2022.

Sejak awal babak pertama, Inggris langsung mengambil alih kendali laga. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa, dan tidak memberikan kesempatan kepada Prancis untuk menguasai bola lama-lama.

Akan tetapi, Inggris sedikit kesulitan menembus pertahanan Prancis. Blok rendah yang sempat diterapkan Prancis membuat Phil Foden, Harry Kane, dan Bukayo Saka kesulitan mencari ruang untuk berkreasi di lini serang.

Sedikit menguasai bola nyatanya tidak menjadikan Prancis minim ancaman. Beberapa kali serangan balik yang mereka terapkan acap membuahkan hasil. Pada akhirnya, Prancis pun unggul lebih dulu pada menit 17.

Berawal dari umpan Antoine Griezmann, Aurelien Tchouameni yang menerima bola di lini kedua, melepaskan tembakan keras yang gagal dihalau Jordan Pickford. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Prancis.

Tertinggal satu angka, Inggris mulai meningkatkan intensitas permainan. Mereka melepaskan tekanan dengan lebih agresif, bahkan ketika para pemain Prancis menguasai bola di wilayah sendiri. Wajar, ini kali pertama mereka merasakan ketinggalan di Piala Dunia 2022.

Berkat permainan ini, beberapa kali Inggris sukses menembus kotak penalti Prancis. Namun, kesigapan para pemain bertahan Prancis dalam melakukan blok membuat serangan Inggris urung berbuah gol dan kerap kali tertahan.

Di sisa waktu babak pertama, situasi ini terus berulang. Kebuntuan yang dialami Inggris, membuat skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Inggris langsung memberi tekanan ketat pada Prancis. Upaya ini membuahkan hasil pada menit 54. Berawal dari pelanggaran yang terjadi di kotak penalti, Inggris mendapatkan hadiah penalti.

Harry Kane yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor jadi imbang 1-1. Terbuka kesempatan bagi Inggris untuk membalikkan angka. Prancis juga jadi lebih waspada.

Uniknya, hingga menit 75 laga, belum ada perubahan yang dilakukan oleh pelatih Inggris maupun Prancis. Tampak mereka masih menaruh kepercayaan kepada para pemain yang mentas di babak pertama.

Pada menit 78, Prancis kembali menorehkan keunggulan. Berawal dari umpan apik Griezmann, Olivier Giroud sukses membobol gawang Inggris lewat sundulannya. Skor berubah 2-1. Setelah gol ini barulah perubahan terjadi.

Inggris memasukkan Mason Mount dan Raheem Sterling, sedangkan Prancis memasukkan Kingsley Coman. Masuknya nama-nama baru ini membuat permainan hidup. Pada menit 81, Inggris kembali mendapatkan hadiah penalti.

Sialnya, Kane yang kembali ditunjuk sebagai eksekutor kali ini gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Eksekusinya melayang jauh di atas mistar gawang Hugo Lloris. Inggris gagal menyamakan angka.

Di sisa waktu babak kedua, Inggris berusaha keras menyamakan angka. Berbagai upaya, baik itu lewat open play maupun bola mati terus mereka lakukan. Akan tetapi, mereka gagal. Skor 2-1 untuk Prancis bertahan sampai laga tuntas; membawa mereka ke babak semifinal Piala Dunia 2022 untuk bertemu Maroko, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Baca Juga: Prancis Unggul Lagi Atas Inggris Lewat Gol Giroud!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya