TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Akibat European Super League, Messi dan Ronaldo Bisa Pensiun Dini

Ada hukuman berat yang menanti klub dan pemain

Pemain Barcelona Lionel Messi berjalan setelah gagal mengeksekusi penalti pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Paris, Prancis (10/3/2021). Meski PSG hanya bermain imbang 1-1 lawan Barcelona pada laga leg kedua, PSG unggul agregat skor 4-1 berkat kemenangan pada leg pertama sehingga berhasil menyingkirkan Barcelona dan berhasil maju ke perempatfinal Liga Champions. ANTARA FOTO/REUTERS / Gonzalo Fuentes

Jakarta, IDN Times - European Super League berdampak besar pada kondisi politik sepak bola Eropa dan dunia. Karena kompetisi tandingan Liga Champions itu, sejumlah klub dan pemain terancam eksistensinya.

UEFA telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait status European Super League. Mereka menegaskan, kompetisi yang diinisiasi 12 klub raksasa Eropa itu berstatus breakaway alias ilegal.

Baca Juga: 12 Klub Eropa Berkhianat Bentuk European Super League

1. Tegas menolak European Super League

uefa.com

Dalam pernyataan resminya, UEFA menegaskan bakal menjatuhkan sanksi tegas kepada siapa saja yang nekat untuk menggelar dan ikut dalam European Super League. Sanksinya berupa larangan berkompetisi di level UEFA atau FIFA, baik lokal maupun domestik.

"Pemain yang juga ikut membela klub-klub terkait, akan disanksi pula dari tim nasional," begitu pernyataan resmi UEFA di situsnya.

1. Messi, Ronaldo, dan bintang lain, bisa pensiun dini

goal.com/Getty Images

Dengan kondisi tersebut, pastinya nasib sejumlah pemain bintang terancam. Lihat saja siapa 12 klub yang menjadi pendiri European Super League.

Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Atletico Madrid, Real Madrid, Barcelona, AC Milan, Inter Milan, dan Juventus, adalah para pendiri European Super League.

Jadi, bintang-bintang besar seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bisa saja pensiun dini kalau masih nekat membela klub masing-masing di ajang European Super League.

Baca Juga: Bentuk European Super League, Big 6 Bisa Didepak dari Premier League

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya