TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selain Liga, 11 Kompetisi Sepak Bola Ini Juga Bergengsi

Siapa yang pernah melihatk Kompetisi seperti nomor 9?

mirror.co.uk

Sepak bola adalah olahraga yang mendunia. Banyak kompetisi bergengsi digelar untuk mempertemukan klub–klub terbaiknya.

Di setiap klub sepak bola selalu berisikan beberapa pemain–pemain terbaiknya. Karena itulah mereka memerlukan wadah untuk menyalurkan bakat potensialnya di kompetisi yang lebih prestis, tak hanya sekadar sebuah liga lokal di suatu negara.

Selain pengalaman dan mental bermain yang semakin terasah, koleksi gelar trofi yang berjejer dari berbagai kompetisi membuat klub mempunyai nilai lebih di mata dunia. Komposisi dan kekompakan juga dihitung penting untuk membuat klub mampu memenanginya.

Inilah macam-macam kompetisi sepak bola yang bergengsi selain liga.

1. UEFA Champion League

mirror.co.uk

Meskipun dari namanya terlihat seperti liga, namun secara sistem pertandingan tidaklah demikian. Lebih mirip seperti kompetisi pada sistem cup. Dalam kompetisi ini, diterapkan sistem fase grup dan sistem  knockout atau gugur.

Jadi awal mula kompetisi bergengsi antar klub–klub di benua Eropa ini dimulai dari beberapa klub yang dibagi menjadi grup. Lalu mencari peringkat tertinggi dari klub dan runner up dari suatu grup.

Selanjutnya akan diambil dua klub dari masing-masing grup yang akan dipertandingkan, lewat jadwal pertandingan yang diambil dari sistem drawing atau undian. Pada fase knockout atau sistem gugur, nantinya dibagi menjadi beberapa fase perdelapan final, perempat final, semi final, dan terakhir adalah pertandingan final untuk mendapatkan juara dari kompetisi ini.

Kompetisi ini pertama kali digelar pada tahun 1955 dan diresmikan kembali dengan format yang diperbarui oleh FIFA pada tahun 1992. Total jumlah klub yang menjadi peserta ajang ini berjumlah 78 buah klub.

2. UEFA Europa League

goal.com

Secara sistem kompetisi, UEFA League dengan UEFA Champion League sama saja. Yakni dimulai dari fase grup dan berlanjut ke sistem knockout. Yang membedakan adalah klub–klub peserta kompetisi yang mempertemukan klub profesional di Eropa ini, diambil dari klub–klub dengan peringkat klasemen di bawah posisi 1 dan 2.

Yakni antara peringkat 3 sampai 5 klasemen, dan disesuaikan dengan kuota klub yang ditentukan FIFA kepada masing–masing liga di Eropa. Pertama kali kompetisi ini digelar adalah pada tahun 1971 dengan nama UEFA Cup. Lalu berganti nama menjadi UEFA Europa League dimulai sejak musim 2009 - 2010.

3. FA Cup

fcnaija.com

Kompetisi yang terbilang unik. Karena sudah terbentuk sejak lama dibandingkan kompetisi lainnya. Kompetisi ini sangat diminati para pencinta sepak bola. Pasalnya, di kompetisi khusus untuk klub yang bermain di liga divisi 2 dan divisi utama atau lebih dikenal dengan EPL ini, mempertemukan klub yang mempunyai level berbeda dan strategi pertandingan yang lebih bervariasi pula.

Jumlah peserta kompetisi FA saat ini sebanyak 736 klub dari berbagai divisi liga di Inggris. FA Cup pertama kali diselenggarakan pada tahun 1871 dan sempat mengalami perubahan nama menjadi FA Emirates Cup pada musim sepak bola 2015-2016.

4. Copa Italia

en.wikipedia.org

Kompetisi lain yang tak kalah bergengsinya dari ranah Inggris adalah Copa Italia. Kompetisi yang sudah ada sejak beberapa waktu ini hampir sama dengan kompetisi yang ada di FA Cup. Hanya saja peserta klub yang ikut dalam kompetisi ini tidak sebanyak kompetisi FA Cup.

Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1922 dan dikenal dengan sebutan TIM Cup. TIM adalah sponsor utama dari kompetisi di luar liga Italia ini. Tercatat 78 klub dari serie A, Serie B, dan Serie C liga Italia ikut bergabung di ajang ini.

5. Asia Champion League

dailytelegraph.com

Kali ini adalah kompetisi khusus untuk klub–klub peserta liga di benua Asia. Secara fanatisme, kompetisi yang juga bersistem knockout ini belum terlalu banyak penggemar. Namun gaya permainan klub–klub di liga Asia tidak kalah dari gaya permainan klub–klub di liga Eropa.

Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1967 dengan nama kompetisi Asia Club Championship dan berganti nama menjadi Asia Champion League pada tahun 2002, yang dinaungi badan sepak bola Asia yakni AFC.

Jumlah klub yang menjadi peserta kompetisi ini adalah 45 tim. Dan juaranya berkesempatan untuk ikut kualifikasi kompetisi FIFA Club World Cup.

6. Community Shield

manutd.com

Berbeda dari FA Cup yang diikuti banyak klub dalam kompetisi. Kompetisi yang biasa dikenal dengan FA Community Shield ini menjadi tradisi sebelum digelarnya musim liga baru di English Premier League. Dan pesertanya adalah yang menjadi runner up dan pemenang di kompetisi FA Cup di musim itu.

Jika di ajang lain, ini mirip dengan Spanish Super Cup yang hanya mempertemukan dua klub dan langsung diambil satu juara bagi siapa yang memenangkan pertandingan itu.

7. FIFA Club World Cup

en.as.com

Biasanya kompetisi ini diadakan setiap musim liga berakhir. Umumnya klub mengadakan pertandingan persahabatan di sela–sela belum dimulainya musim liga. Untuk jumlah peserta klubnya juga terbilang sedikit. Setidaknya hanya sekitar 5 klub bertitel juara kompetisi dari luar liga, di mana masing–masing liga berasal dari 5 benua yang ada di dunia, ikut dalam perhelatan ini.

Pertama kali dibentuk pada tahun 2000. Dan diresmikan pada tahun 2005 dengan format yang baru oleh FIFA. Formatnya juga knockout. Jadi klub yang bertanding akan langsung gugur jika kalah dalam pertandingan melawan sebuah tim.

8. Emirates Cup

thenewsnigeria.com

Sebuah kompetisi yang dinaungi oleh sponsor maskapai penerbangan asal Timur Tengah ini adalah kompetisi sepak bola yang biasanya juga diadakan saat musim liga berakhir. Dengan tujuan agar para pemain mempunyai wadah supaya tetap stamina selama menunggu musim liga yang baru.

Kompetisi ini pertama kali digelar pada tahun 2007, dan bertempat di Emirates Stadium sebagai venue yang digunakan untuk melangsungkan pertandingan di kompetisi ini. Kompetisi ini hanya diikuti 4 tim dengan menggunakan gugur untuk langsung diambil juaranya.

9. Copa Libertadores

en.as.com

Kompetisi di luar liga lainnya juga ada yang berasal dari daerah Amerika latin atau bagian Amerika Selatan. Karena bagian Amerika Utara sendiri, olahraga kurang diminati. Kalaupun ada, hanya sedikit saja klub yang mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam pertandingan sepak bola.

Makanya, kompetisi Copa Libertadores ini adalah wadah yang bisa mewakili perwakilan bagi wilayah benua tertentu untuk mengirimkan wakil klub sepak bola terbaiknya ke ajang FIFA Club World Cup.

Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1960 dan diikuti oleh 47 klub dari 10 asosiasi sepak bola di Amerika Selatan.

10. Copa del Rey

worldfootball.net

Jika di Inggris ada yang namanya FA Cup dan Community Shiled sebagai kompetisi di luar liga, di Spanyol juga ada kompetisi serupa dengan yang ada di Inggris. Kompetisi ini bernama Copa del Rey yang juga mempertandingkan sejumlah klub dari berbagai divisi liga di Spanyol.

Kompetisi ini adalah piala Raja yang juga didukung penyelenggaraannya oleh pihak kerajaan Spanyol. Pertama kali kompetisi ini diselenggarakan pada tahun 1903. Jumlah klub yang turut serta dalam kompetisi ini adalah 83 klub. Sistem kompetisinya sama dengan FA Cup dan Copa Italia. Yakni sistem knockout atau gugur.

Verified Writer

Threedots

Another world inside of me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya