TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ricardinho Mirip Ronaldo: Datang Latihan Sejam Lebih Awal

Ricardinho datang satu jam sebelum sesi latihan dimulai

Subhan Faidasa, bersama Ricardinho dan penggawa lain Pendekar United. (Instagram/@subhanfaidasa)

Jakarta, IDN Times - Penggawa Pendekar United, Subhan Faidasa, tersentil dengan sikap profesional Ricardinho. Sebab, bintang futsal dunia itu selalu berlatih lebih keras ketimbang pemain lain.

Ya, Ricardinho saat ini membela tim futsal milik Atta Halilintar, Pendekar United. Hadirnya andalan Timnas Portugal itu dinilai memiliki dampak besar bagi tim.

"Dampak kedatangan Ricardinho di dalam tim sangat luar biasa. Dia membawa pengaruh besar dari segala hal," kata Subhan saat ditemui IDN Times seusai sesi latihan bersama Pendekar United, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga: Gaya Latihan Ricardinho: Suka Bercanda dan Tak Pelit Ilmu

1. Profesionalitas Ricardinho patut ditiru

potret Ricardinho (fifa.com)

Subhan mebagikan pengalamannya berlatih bersama Ricardinho. Meski berstatus pemain futsal terbaik dunia enam kali, andalan Timnas Portugal itu tetap rendah hati.

Profesional dan tingkat kedisplinan Ricardinho begitu tinggi. Subhan berujar, pemain kelahiran asal Valbom, Portugal itu selalu membuat kagum penggawa Pendekar United lainnya.

Sebab, Ricardinho selalu datang satu jam lebih awal sebelum sesi latihan dimulai, untuk berlatih sendiri. Dia sering terpantau masih latihan, di saat rekan-rekannya sedang istirahat.

"Dia disiplin dan sangat profesional. Malam sebelum pertandingan, dia latihan dan gym sendiri. Dia juga datang satu atau setengah jam sebelum latihan. Saat malam, orang lain istirahat, tapi dia ke gym. Orang lain istirahat dia latihan. Luar biasa pokoknya, patut kita contoh," ujar Subhan.

2. Ricardinho selalu membakar motivasi temannya di setiap pertandingan

Ricardinho dalam sesi latihan Pendekar United, Rabu (13/7/2022). (IDN Times/Tino)

Sebagai pemain sarat pengalaman, tentu Ricardinho selalu membakar motivasi dan gairah rekan-rekannya dalam pertandingan. Itu sangat berdampak positif bagi Pendekar United mendulang hasil maksimal.

Pendekar United belum terkalahkan sejak kedatangan pemain berusia 36 tahun itu digaet Atta Halilintar. Dengan rincian tiga kemenangan dan dua kali imbang.

Pun, Subhan menegaskan hasil positif itu didapat dari kerja keras seluruh tim. Terutama taktik dari sang pelatih, Wahyu Triyanto, alias Bewe.

"Ricardinho membawa pengaruh besar dari segala hal. Mental, percaya diri, taktik, permainan, dan suasana tim. Tapi, di luar dari motivasi dan mental dari Ricardinho, ada upaya besar dari tim dan taktik luar biasa dari pelatih," kata Subhan.

Baca Juga: Gaya Kocak Ricardinho saat Diserbu Fans

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya