5 Catatan Menarik Keberhasilan Wales Menuju Piala Dunia 2022

Wales mengalahkan Ukraina dengan skor 1-0

Timnas Wales berhasil memastikan kelolosannya di ajang Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Ukraina dengan skor 1-0. Laga tersebut merupakan final babak playoff Piala Dunia 2022 yang sempat tertunda selama beberapa bulan. 

Gol Wales dicetak melalui gol bunuh diri Andriy Yarmolenko pada menit ke-34. Ukraina mencoba melakukan perlawanan yang intens pada babak kedua walau pada akhirnya tak membuahkan hasil. 

1. Andriy Yarmolenko cetak gol bunuh diri krusial

5 Catatan Menarik Keberhasilan Wales Menuju Piala Dunia 2022potret Andriy Yarmolenko bersama Timnas Ukraina(whufc.com)

Andriy Yarmolenko menjadi pahlawan saat Ukraina berhasil mengalahkan Skotlandia di laga playoff sebelumnya. Pasalnya, dia mencetak gol pembuka saat Ukraina mengalahkan Skotlandia dengan skor 1-3.

Sayangnya, di laga final babak playoff melawan Wales, Yarmolenko mencetak gol bunuh diri pada menit ke-34. Gol berawal dari tendangan bebas keras Gareth Bale yang dicoba disapu oleh Yarmenolenko. Sayangnya, bola tersebut malah mengarah ke gawang Ukraina.

2. Penantian Wales selama 68 tahun untuk bermain di Piala Dunia

5 Catatan Menarik Keberhasilan Wales Menuju Piala Dunia 2022potret Wayne Hennessey bersama Timnas Wales(cpfc.co.uk)

Ini merupakan kelolosan Wales ke Piala Dunia yang spesial. Pasalnya, ini merupakan kelolosan kedua Wales di ajang tersebut. Terakhir kali Wales bermain di Piala Dunia adalah pada 1958 lalu di Swedia.

Butuh penantian selama 68 tahun bagi Wales agar lolos kembali di Piala Dunia. Dalam beberapa edisi sebelumnya, Wales selalu gagal lolos karena kerap mengalami kekalahan di babak kualifikasi.

Baca Juga: Playoff Piala Dunia 2022: Wales Cetak Sejarah

3. Wales akan masuk grup B Piala Dunia 2022

5 Catatan Menarik Keberhasilan Wales Menuju Piala Dunia 2022potret Gareth Bale bersama Timnas Wales (skysports.com)

Dengan kelolosan ini, Wales akan masuk Grup B Piala Dunia 2022. Grup tersebut sebelumnya sudah diisi oleh Inggris, Amerika Serikat, dan Iran. Grup ini merupakan grup yang tak luput dari perhatian.

Pasalnya, grup ini dinilai akan menjadi ajang unjuk gigi terkait situasi politik internasional yang ada. Amerika Serikat dan Inggris merupakan negara-negara yang mengecam pengembangan nuklir yang dituduhkan kepada Iran.

4. Penampilan Kieffer Moore dinilai sangat memuaskan

5 Catatan Menarik Keberhasilan Wales Menuju Piala Dunia 2022potret Kieffer Moore bersama Timnas Wales(cardiffcityfc.co.uk)

Walau tak mampu mencetak gol di laga melawan Ukraina, Kieffer Moore dinilai berhasil tampil bagus. Moore berhasil mencetak tiga peluang emas walau tak bisa dikonversi menjadi sebuah gol.

Selain itu, Moore juga memenangkan lima duel udara saat berhadapan dengan para pemain Ukraina. Pemain Bournemouth itu dipercaya akan semakin naik daun mengingat klubnya juga berhasil lolos ke Premier League 2022/2023 sekaligus Wales yang melaju ke Piala Dunia 2022.

5. Ben Davies menyulitkan para pemain Ukraina untuk mencetak gol

5 Catatan Menarik Keberhasilan Wales Menuju Piala Dunia 2022Ben Davies bersama Wales (twitter.com/SpursOfficial)

Ukraina sebenarnya tampil menyerang di laga melawan Wales. Namun, penampilan apik Ben Davies telah menyulitkan para pemain Ukriana untuk mencetak gol ke gawang Wayne Hennessey.

Davies berhasil melakukan 4 interceptions, 2 blok, 2 sapuan, 1 tekel penting, dan 42 sentuhan. Davies juga mampu membaca pola serangan tim Ukraina dengan baik. Tak hanya itu, Davies juga terlibat dalam tiga umpan lambung saat Wales mencoba untuk membangun serangan.

 

Selamat bagi Wales atas keberhasilannya melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar. Wales berhasil mencatatkan sejarah di ajang ini dengan tampil untuk kedua kalinya setelah 1958 lalu di Swedia.

Baca Juga: Bale Semprot Media Spanyol Usai Antar Wales ke Final Play-off

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya