5 Gelandang Bertahan Muda yang Berhasil Jadi Andalan di Klub Top

Mulai dari Scott McTominay hingga Declan Rice

Posisi gelandang bertahan merupakan posisi yang penting di dalam permainan sepak bola. Pada dasarnya, gelandang bertahan bertugas untuk mengacaukan pola serangan yang dibentuk tim lawan. Selain itu, seorang gelandang bertahan juga bertugas sebagai penyeimbang di lini tengah lapangan. 

Di klub-klub top, gelandang bertahan biasanya diisi oleh pemain-pemain senior, sebut saja Sergio Busquest yang bermain bagi Barcelona dan Casemiro yang bermain bagi Real Madrid. Menariknya, ada beberapa gelandang bertahan muda yang berhasil menjadi andalan di klub top. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Scott McTominay - Manchester United

5 Gelandang Bertahan Muda yang Berhasil Jadi Andalan di Klub Toppotret Scott McTominay bersama Manchester United (thesportsbank.net)

Scott McTominay merupakan lulusan akademi Setan Merah yang berhasil menjadi andalan Manchester United saat ini. Pemain berusia 24 tahun itu memang dikenal sebagai gelandang bertahan yang cermat dalam mengantisipasi pola serangan lawan. Dia lebih sering diduetkan bersama Fred daripada Nemanja Matic di lini tengah klubnya. 

Dapat dikatakan bahwa Scott McTominay merupakan suksesor Michael Carrick. Pemain asal Skotlandia itu juga dipercaya menjadi pemain andalan bagi negaranya dengan memberikan penampilan sebanyak 28 kali sejauh ini.

2. Ismaël Bennacer - AC Milan

5 Gelandang Bertahan Muda yang Berhasil Jadi Andalan di Klub Toppotret Ismaël Bennacer bersama AC Milan (en.africatopsports.com)

Ismaël Bennacer merupakan salah geladang bertahan termungil saat ini. Pemain asal Aljazair itu dikenal sebagai gelandang bertahan yang cermat dalam membaca arah serangan lawan. Pemain berusia 23 tahun itu merupakan pemain AC Milan sejak tahun 2019 lalu. 

Lulusan akademi Arsenal itu sebenarnya merupakan pemain kelahiran Prancis dan besar di negara tersebut. Walau begitu, dia memutuskan untuk membela Timnas Aljazair walau sempat membela Timnas Prancis U-19 dan U-18.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Berharga di Skuad AC Milan Musim Ini, Ada Bennacer

3. Tyler Adams - RB Leipzig

5 Gelandang Bertahan Muda yang Berhasil Jadi Andalan di Klub Toppotret Tyler Adams bersama RB Leipzig (theathletic.com)

Tyler Adams merupakan pemain muda yang berhasilkan diorbitkan oleh RB Leipzig musim lalu. Pemain asal Amerika Serikat itu sudah menjadi gelandang bertahan RB Leipzig sejak tahun lalu. Bahkan, pemain berusia 22 tahun itu dipercaya menjadi kapten di Timnas Amerika Serikat senior. 

Dia sendiri sudah membela Timnas Amerika Serikat sejak tahun 2017 lalu dan sudah memberikan penampilan sebanyak 20 kali. Lulusan akademi New York Red Bulls pastinya menjadi salah satu aset berharga RB Leipzig dalam jangka panjang mengingat performanya yang masih konsisten sejauh ini.

4. Manuel Locatelli - Juventus

5 Gelandang Bertahan Muda yang Berhasil Jadi Andalan di Klub Toppotret Manuel Locatelli berseragam Juventus (twitter.com/tacticalrole)

Manuel Locatelli merupakan pemain pinjaman Sassuolo ke Juventus pada musim ini. Menariknya, pemain berusia 23 tahun itu dipinjam ke Juventus selama 2 musim langsung atau hingga Juni 2023 nanti. Sosok Locatelli memang menjadi andalan di lini tengah Italia dalam ajang Piala Eropa 2020. 

Di Juventus, Locatelli berhasil menjadi sosok penting di lini tengah klub tersebut. Dapat dikatakan Manuel Locatelli merupakan salah satu pemain pinjaman paling berhasil di Serie A saat ini.

5. Declan Rice - West Ham

5 Gelandang Bertahan Muda yang Berhasil Jadi Andalan di Klub Toppotret Declan Rice bersama West Ham United (whufc.com)

West Ham memang bukan anggota The Big Six di Premier League. Walau begitu, klub tersebut merupakan perwakilan Inggris di ajang Liga Europa dan saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara. Tak heran jika West Ham saat ini masuk sebagai daftar klub top di Eropa. 

Keberhasilan West Ham saat ini tak lepas dari gelandang bertahan muda mereka, Declan Rice. Walau berposisi sebagai gelandang bertahan, pemain internasional Inggris itu juga produktif dalam menyumbang gol dengan menorehkan 3 gol dan 3 assist sejauh musim ini.

 

Nah, itu dia 5 gelandang bertahan muda yang sudah membela klub top saat ini. Mereka berlima merupakan aset berharga bagi klub dan negara masing-masing. Adakah geladang bertahan muda favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Declan Rice Bak Monster dan Penyihir West Ham di Musim Ini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya