12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Adakah negara favoritmu dalam daftar di bawah?

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa baru saja selesai. Terdapat 10 negara Eropa yang dipastikan sudah lolos di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Di sisi lain, masih ada 3 tiket Piala Dunia 2022 yang bisa diraih oleh negara-negara Eropa.

Sayangnya, 3 tiket  tersebut harus diperebutkan oleh 12 negara sekaligus yang rata-rata merupakan runner up setiap grup di kualifikasi Piala Dunia 2022. Kira-kira, negara mana saja yang masuk playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa? Berikut daftarnya.

1. Portugal

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal (en.as.com)

Secara mengejutkan, Portugal gagal lolos secara langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar. Pasalnya, Portugal hanya mampu menjadi runner up Grup A di bawah Serbia.

Portugal hanya mampu mengoleksi 17 poin di kualifikasi. Mereka memiliki selisih 3 poin dengan Serbia yang dipastikan lolos di ajang Piala Dunia 2022 lebih dulu.

2. Swedia

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Zlatan Ibrahimovic bersama Timnas Swedia (twitter.com/SportyBet)

Di kualifikasi Piala Dunia 2022, Swedia hanya mampu berada di posisi kedua Grup B. Mereka hanya meraih 15 poin dari 8 laga yang dijalaninya.

Swedia memiliki selisih 4 poin dari pemuncak Grup B, Spanyol. Swedia sendiri sudah memetik 5 hasil kemenangan dan 3 kekalahan di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

3. Italia

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Jorginho bersama Timnas Italia (planetfootball.com)

Juara Piala Eropa 2020, Italia, terancam tak lolos ke Piala Dunia 2022. Pasalnya, Italia hanya mampu berada di posisi kedua Grup C dengan mengoleksi 16 poin.

Mereka memiliki selisih 2 poin dengan Swiss yang dinobatkan sebagai pemuncak Grup C. Walau masuk play off, Italia belum pernah mengalami kekalahan selama kualifikasi Piala Dunia dengan meraih 4 kemenangan dan 4 hasil imbang.

4. Ukraina

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Oleksandr Zinchenko bersama Timnas Ukraina (scoopnest.com)

Ukraina berhasil lolos ke play off Piala Dunia 2022 Qatar setelah berada di posisi kedua Grup D. Ukraina memiliki selisih 6 poin dengan Prancis yang merupakan pemuncak grup tersebut.

Untungnya, Ukraina unggul 1 poin dari Finlandia yang berada di posisi ketiga klasemen. Ukraina meraih 2 kemenangan dan 6 hasil imbang dari 8 laga yang mereka jalani.

5. Wales

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Gareth Bale bersama Timnas Wales (skysports.com)

Wales berhasil membuat kejutan dengan lolos ke play off Piala Dunia 2022. Berada di Grup E, Wales berada di bawah Belgia yang sudah lebih dulu dipastikan lolos.

Wales menyingkirkan Republik Ceko yang berada di posisi ketiga Grup E  dengan unggul 1 poin. Wales meraih 4 kemenangan,  3 hasil imbang, dan 1 kekalahan selama kualifikasi Piala Dunia 2022.

6. Skotlandia

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Andy Robertson bersama Skotlandia (sportscliffs.com)

Negara Britania Raya lainnya yang masuk play off Piala Dunia 2022 adalah Skotlandia. Skotlandia meraih 23 poin di bawah Denmark yang mendapatkan 27 poin.

Skotlandia meraih 7 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 1 kekalahan. Mereka mencetak 17 gol dan kebobolan 7 gol.

Baca Juga: 10 Negara Eropa yang Lolos ke Piala Dunia 2022

7. Turki

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Burak Yilmaz bersama Timnas Turki (tekdeeps.com)

Di Grup G, Turki menjadi perwakilan di ajang play off Piala Dunia 2022. Ada juga Belanda yang sudah dipastikan lolos setelah berada di puncak Grup G dengan mengoleksi 23 poin.

Turki berhasil menyingkirkan Norwegia dan Montenegro. Persaingan di grup tersebut memang dikenal ketat karena selisih poin antara Turki dan Norwegia hanya 3 poin.

8. Rusia

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Igor Akinfeev bersama Rusia (sportmob.com)

Di laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022, Rusia harus kalah dari Kroasia dengan skor 1-0. Dengan hal tersebut, Kroasia lolos langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Rusia harus puas berada di posisi kedua Grup H dan akan berjuang di babak play off. Rusia menyingkirkan Slovenia dan Slovakia yang juga difavoritkan lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

9. Polandia

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Robert Lewandowski bersama Timnas Polandia (sportslumo.com)

Polandia harus mengakui keunggulan Inggris di kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasalnya, di Grup I, Polandia memiliki selisih 6 poin dengan Inggris yang berstatus pemuncak grup.

Polandia meraih 6 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan di ajang ini. Walau mencetak 30 gol, jumlah kebobolan yang dimiliki skuad Polandia cukup banyak, yaitu 11 gol.

10. Makedonia Utara 

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Goran Pandev bersama Timnas Makedonia Utara (sportreviews.com)

Secara mengejutkan, Makedonia Utara berada di posisi kedua Grup J. Negara tersebut memiliki selisih 9 poin dengan sang pemuncak grup, Jerman.

Untungnya, Makedonia Utara masih bisa bermain di play off Piala Dunia dengan selisih 1 poin dengan Rumania yang berada di posisi ketiga. Makedonia Utara memang layak melaju ke play off mengingat mereka merupakan tim terproduktif kedua di Grup J.

11. Austria 

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret David Alaba bersama Austria (wall.alphacoders.com)

Austria memang berada d posisi keempat Grup F di bawah Denmark, Skotlandia, dan Israel. Menariknya, Austria masuk play off Piala Dunia 2022.

Itu disebabkan oleh terdapatnya 2 slot bagi perwakilan terbaik UEFA Nations League yang tak lolos di kualifikasi Piala Dunia 2022 via fase grup. Austria menjadi salah satu yang terbaik di UEFA Nations League bersama Republik Ceko.

12. Republik Ceko 

12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropapotret Patrik Schick bersama Republik Ceko (teamtalk.com)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Republik Ceko masuk play off Piala Dunia 2022 Qatar. Republik Ceko berada di posisi ketiga Grup E di bawah Wales dan Belgia.

Walau begitu, Republik Ceko masuk ke babak play off karena menjadi perwakilan UEFA Nations League terbaik bersama Austria. Ceko berada di plot 2 bersama Austria, Ukraina, Makedonia Utara, Polandia, dan Turki.

 

Itu dia 12 negara yang masuk dalam babak play off Piala Dunia 2022. Terdapat banyak negara top yang masuk dalam babak ini. Kira-kira, negara mana saja yang mampu memperebutkan 3 tiket Piala Dunia 2022 zona Eropa?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Dunia 2022

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya