5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Sevilla sebelum Jose Luis Mendilibar

Ada yang menjuarai Liga Europa

Sevilla berhasil merengkuh trofi Liga Europa 2022/2023. Kepastian itu didapat setelah klub berjuluk Los Nervionenses tersebut menaklukkan AS Roma di final. Ini menjadi trofi ketujuh Sevilla di Liga Europa.

Di balik kesuksesan Sevilla musim ini, Jose Luis Mendilibar menjadi sosok penting. Sosok 62 tahun itu meramu strategi hingga menang atas AS Roma yang ditangani Jose Mourinho. Mendilibar sendiri baru ditunjuk Sevilla pada Maret 2023.

Meski minim trofi, Mendilibar berhasil melanjutkan dominasi Sevilla di Liga Europa. Sebelum sang pelatih, Sevilla cukup sering gonta-ganti pelatih. Berikut lima pelatih terakhir yang menukangi Sevilla sebelum Jose Luis Mendilibar.

1. Jorge Sampaoli

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Sevilla sebelum Jose Luis MendilibarJorge Sampaoli (twitter.com/SevillaFC)

Jorge Sampaoli menjadi pelatih terakhir Sevilla sebelum Jose Luis Mendilibar. Di bawah asuhan Sampaoli, Sevilla tampil kurang memuaskan, khususnya di LaLiga Spanyol. Hal itu membuat pelatih asal Argentina tersebut digantikan Mendilibar.

Ditunjuk pada Oktober 2022, Sampaoli harus berpisah dengan Sevilla pada Maret 2023. Hanya 5 bulan lebih menukangi Sevilla, Sampaoli mencatatkan 31 pertandingan. Ia meraih 13 kemenangan dan 12 kekalahan.

2. Julen Lopetegui

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Sevilla sebelum Jose Luis MendilibarJulen Lopetegui (twitter.com/SevillaFC)

Sebelum menunjuk Jorge Sampaoli, Sevilla cukup lama ditangani Julen Lopetegui. Pelatih asal Spanyol ini ditunjuk sebagai pelatih Sevilla pada awal musim 2019/2020. Pada awal musim 2022/2023, performa Sevilla asuhan Lopetegui menurun drastis. Ia pun dipecat pada Oktober 2022.

Di bawah asuhan Lopetegui, Sevilla mencatatkan 170 pertandingan. Hasilnya, Lopetegui membawa Sevilla meraih 90 kemenangan, 44 hasil imbang, dan 36 kekalahan. Lopetegui juga menjadi salah satu pelatih yang membawa Sevilla menjuarai Liga Europa 2019/2020.

Baca Juga: 7 Pemain Sevilla dengan Nilai Pasar Terendah pada 2022/2023

3. Joaquin Caparros

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Sevilla sebelum Jose Luis MendilibarJoaquin Caparros (twitter.com/SevillaFC)

Joaquin Caparros menjadi salah satu pelatih yang cukup dekat dengan Sevilla. Pelatih yang kini berusia 67 tahun itu sudah beberapa periode menukangi Sevilla. Salah satu momen terakhir Caparros melatih Sevilla terjadi pada Maret 2019 hingga Juni 2019.

Pada tahun sebelumnya, Caparros juga pernah menjadi pelatih sementara hingga berakhirnya musim. Secara keseluruhan, Caparros mencatatkan 194 pertandingan selama menjadi pelatih Sevilla. Hasilnya adalah 85 kemenangan, 47 hasil imbang, dan 62 kekalahan. Sayangnya, Caparros tak meraih satu pun trofi bersama Sevilla.

4. Pablo Machin

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Sevilla sebelum Jose Luis MendilibarPablo Machin (twitter.com/SevillaFC)

Pablo Machin menjadi pelatih yang menukangi Sevilla pada awal musim 2018/2019. Sayangnya, ia tak bertahan hingga akhir musim karena harus dipecat pada Maret 2019. Kala itu, Machin gagal membawa Sevilla lolos dari babak 16 besar Liga Europa.

Karier pelatih 48 tahun ini pun hanya bertahan selama 257 hari bersama Sevilla. Machin menangani Sevilla dalam 50 pertandingan di semua kompetisi. Dari jumlah tersebut, ia meraih 26 kemenangan, 9 hasil imbang, dan 15 kekalahan.

5. Vincenzo Montella

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Sevilla sebelum Jose Luis MendilibarVincenzo Montella (twitter.com/SevillaFC)

Salah satu pelatih terakhir yang menukangi Sevilla sebelum Jose Luis Mendilibar adalah Vincenzo Montella. Pelatih asal Italia tersebut juga tak bertahan lama membesut Los Nervionenses. Ditunjuk pada Desember 2017, Montella hanya bertahan hingga April 2018.

Hal itu tak lepas dari hasil buruk yang diderita Sevilla saat ditangani Montella. Memainkan 28 pertandingan, ia hanya mampu membawa Sevilla meraih 11 kemenangan. Sisanya, Sevilla meraih 7 hasil imbang dan 10 kekalahan.

Patut kita nantikan apakah Jose Luis Mendilibar akan bertahan lama di Sevilla. Setelah ditinggal Unai Emery, Sevilla memang belum menemukan sosook pelatih yang cocok meski berhasil meraih trofi Liga Europa.

Baca Juga: Rapor 5 Debutan Sevilla yang Turut Menjuarai Liga Europa 2022/2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya