11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratis

Willian salah satunya!

Dalam dunia sepak bola, perpindahan pemain sudah menjadi hal yang wajar. Tak semua kepindahan pemain melibatkan dana dari tim yang merekrut. Ada juga beberapa pemain yang berganti klub secara gratis. Hal tersebut terjadi karena kontrak pemain bersama tim lamanya telah selesai. Pemain yang pindah secara gratis bukan berarti sudah tak berkualitas.

Ada beberapa pemain yang masih patut diandalkan hingga memiliki market value yang cukup tinggi. Seperti Willian yang baru saja bergabung dengan Arsenal setelah kontraknya tidak diperpanjang Chelsea. Pemain Brasil tersebut masih memiliki banderol yang cukup tinggi meskipun pindah secara gratis. Berikut daftar pemain dengan banderol termahal yang pindah klub secara gratis. 

1. Robert Lewandowski - 50 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratisbundesliga.com

Pemain pertama yaitu Robert Lewandowski yang bergabung dengan Bayern Munchen secara gratis. Hal tersebut menyusul kontraknya yang tak diperpanjang Borussia Dortmund pada musim 2013/2014. Padahal pemain Polandia tersebut masih memiliki banderol yang cukup tinggi saat itu, yakni 50 juta euro. 

2. Stefan de Vrij - 40 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratisinter.it

Inter Milan berhasil mendapatkan bek yang cukup berkualitas secara gratis pada musim 2018/2019. Pemain tersebut yaitu Stefan de Vrij yang kontraknya tidak diperpanjang Lazio. Saat bergabung dengan Nerazzurri, bek asal Belanda tersebut memiliki market value senilai 40 juta euro. 

3. Leon Goretzka - 40 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratisfcbayern.com

Pemain berikutnya masih berusia cukup muda, yakni Leon Goretzka. Memiliki kualitas yang cukup bagus, Schalke justru melepas Goretzka secara gratis pada musim 2018/2019 ke Bayern Munchen. Saat itu ia masih berusia 23 tahun dan memiliki banderol senilai 40 juta euro. 

4. Aaron Ramsey - 40 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratisgoal.com

Juventus menjadi salah satu tim yang cukup jago dalam mendatangkan pemain baru secara gratis. Salah satu pemain yang didatangkan Si Nyonya Tua tanpa mengeluarkan biaya adalah Aaron Ramsey. Pemain Wales tersebut bergabung dengan Juve pada awal musim 2019/2020 setelah meninggalkan Arsenal. Saat itu Ramsey masih memiliki banderol senilai 40 juta euro. 

5. Michael Ballack - 35 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratistwitter.com/ChelseaFC

Michael Ballack menjadi salah satu pemain penting saat berseragam Chelsea. Padahal pemain Jerman tersebut didatangkan Chelsea secara gratis pada musim 2006/2007. Saat itu Ballack meninggalkan Bayern Munchen dan masih memiliki banderol senilai 35 juta euro. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Direkrut Klub Premier League dari Olympiacos

6. Adrien Rabiot - 35 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratismetro.co.uk

Selain mendapatkan Aaron Ramsey secara gratis, Juventus juga mendatangkan Adrien Rabiot tanpa mengeluarkan biaya pada awal musim 2019/2020. Pemain Prancis tersebut tak diperpanjang kontrak oleh Paris Saint-Germain meskipun baru berusia 24 tahun. Memiliki kualitas yang cukup baik sebagai gelandang, Rabiot saat itu memiliki market value senilai 35 juta euro.

7. Emre Can - 30 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratisgoal.com

Semusim sebelum mendapatkan Aaron Ramsey dan Adrien Rabiot, Juventus lebih dulu mendatangkan gelandang secara gratis. Pemain tersebut yaitu Emre Can yang direkrut Si Nyonya Tua dari Liverpool tanpa mengeluarkan biaya. Saat bergabung dengan Juve, pemain Jerman tersebut memiliki banderol senilai 30 juta euro. 

8. Santi Mina - 30 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratislalasport.com

Pada awal musim 2019/2020, Celta Vigo berhasil merekrut pemain gratis, yakni Santi Mina. Pemain Spanyol tersebut sebenarnya masih berusia cukup muda, yakni 24 tahun. Namun Mina tak diperpanjang kontraknya oleh Valencia. Saat direkrut Celta Vigo, Mina memiliki market value senilai 30 juta euro.

9. Ander Herrera - 25 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratisbleacherreport.com

Pemain lain yang hijrah secara gratis pada awal musim 2019/2020 adalah Ander Herrera. Pemain Spanyol tersebut tampil tak terlalu memuaskan bersama Manchester United. Hal tersebut membuat Setan merah tak memperpanjang kontraknya. Herrera pindah secara gratis ke raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. Saat bergabung dengan PSG, Herrera masih memiliki banderol senilai 25 juta euro.

10. Thomas Meunier - 24 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratises.psg.fr

Thomas Meunier akan membela Borussia Dortmund pada musim depan. Die Borussen mendapatkan pemain Belgia tersebut secara gratis dari Paris Saint-Germain. Saat ini pemain 28 tahun tersebut memiliki market value senilai 24 juta euro. 

11. Willian - 22,5 juta euro 

11 Pemain dengan Mahar Mahal yang Pindah Klub Secara Gratisarsenal.com

Pemain terbaru yang pindah tim secara gratis adalah Willian. Pemain Brasil tersebut telah selesai kontraknya bersama Chelsea pada akhir musim ini. Tim sekota The Blues yaitu Arsenal tak ingin melewatkan kesempatan merekrut Willian secara gratis. Meskipun sudah berusia 32 tahun, Willian masih memiliki kualitas yang mumpuni. Saat ini ia memiliki market value senilai 22,5 juta euro. 

Itulah 11 pemain yang pindah klub secara gratis meskipun memiliki market value yang masih cukup tinggi. Ada pemain favoritmu?

Baca Juga: 7 Transfer Pemain Termahal dalam Sejarah Bayern Munchen, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya