6 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Musim Ini

Kebanggaan Asia, nih!

Jepang merupakan negara di Benua Asia yang memiliki sepak bola yang cukup maju. Kekuatan sepak bola Jepang memang sudah tak diragukan lagi, khususnya di kancah Asia. Mereka juga selalu menjadi wakil benua Asia di Piala Dunia. Kedigdayaan sepak bola Jepang bukanlah tanpa alasan. Banyak pemain dari Negeri Sakura yang berani menjalani karier di Eropa.

Umumnya, mereka mengawali karier di Bundesliga hingga kemudian dilirik klub elit Eropa lain. Saat ini juga ada pemain Jepang yang membela klub Bundesliga. Beberapa dari mereka juga telah mencatatkan pertandingan cukup banyak Bundesliga musim ini. Berikut daftar pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Bundesliga musim ini.

1. Wataru Endo (Stuttgart)

6 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Musim Inibundesliga.com/Getty Images

Wataru Endo merupakan pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Bundesliga musim ini. Pemain berposisi gelandang bertahan itu telah menjadi bagian dari Stuttgart sejak musim 2019/2020. Namun, saat itu ia berstatus pinjaman dari klub Belgia, Sint-Truidense. Berkat performanya yang gemilang, ia pun dikontrak permanen sejak awal musim ini.

Musim ini Endo telah mencatatkan 21 pertandingan bersama Stuttgart di Bundesliga. Lebih fokus dalam memutus serangan lawan, ia pun baru menorehkan 2 assist. Jika terus konsisten, pemain 28 tahun ini mungkin saja direkrut klub yang lebih besar.

Baca Juga: Gak Hanya Haaland, Ini 5 Pemain Norwegia yang Membela Klub Bundesliga

2. Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt)

6 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Musim Inibundesliga.com/Sebastian Widmann

Berikutnya ada Daichi Kamada yang mungkin sudah cukup familier. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini terbilang cukup berpengalaman bersama klub Bundesliga. Ia merupakan pemain Jepang yang kini membela Eintracht Frankfurt. Kamada diboyong Frankfurt dari Sagan Tosu pada musim 2017/2018.

Namun, pada musim 2018/2019 ia sempat dipinjamkan ke klub Belgia, Sint-Truidense VV. Meskipun tak mampu membawa klubnya berprestasi lebih jauh, ia memiliki peran penting di lini tengah Frankfurt. Pada musim ini, pemain 24 tahun tersebut telah membela Frankfurt dalam 20 pertandingan di Bundesliga. Kamada mencatatkan 2 gol dan 10 assist dari penampilannya tersebut.

3. Ritsu Doan (Arminia Bielefeld)

6 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Musim Iniarminia-bielefeld.de

Salah satu pemain asal Jepang yang baru membela klub Bundesliga sejak awal musim ini adalah Ritsu Doan. Pemain yang berposisi sebagai sayap kanan tersebut merupakan pemain yang dipinjam Arminia Bielefeld dari PSV Eindhoven. Meskipun berstatus pinjaman, pemain 22 tahun itu langsung menjadi andalan utama Arminia.

Doan membela Arminia Bielefeld dalam 20 pertandingan di Bundesliga dengan catatan 3 gol dan 3 assist. Dengan usianya yang masih terbilang muda, ia tentu saja berpeluang besar meniti karier lebih lama di Bundesliga, bahkan bisa saja direkrut klub elite. Apalagi, ia juga sudah menjadi salah satu pemain yang telah mencatatkan caps bersama Timnas Jepang.

4. Makoto Hasebe (Eintracht Frankfurt)

6 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Musim Inibundesliga.com

Di urutan keempat ada pemain senior Jepang, Makoto Hasebe. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut sudah lama berlaga di Bundesliga bersama Eintracht Frankfurt. Hasebe menjadi pemain yang paling berpengalaman bersama klub Bundesliga dalam daftar ini.

Pemain yang kini berusia 37 tahun tersebut telah berseragam Frankfurt sejak musim 2014/2015. Sebelumnya, ia sudah bermain membela klub Bundesliga sejak tahun 2008 bersama Wolfsburg dan Nuremberg. Bersama Eintracht Frankfurt, ia telah mencatatkan 17 pertandingan di Bundesliga musim ini. Sebagai seorang gelandang bertahan, Hasebe lebih fokus dalam memutus serangan lawan.

5. Yuya Osako (Werder Bremen)

6 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Musim Initwitter.com/dw_sports

Berikutnya ada Yuya Osako yang juga sudah cukup lama membela klub Bundesliga. Pada musim 2018/2019, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini diboyong Werder Bremen dari FC Koln. Hingga saat ini, ia masih menjadi andalan Bremen dan mencatatkan cukup banyak pertandingan.

Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut telah mencatatkan 15 pertandingan bersama Werder Bremen di Bundesliga musim ini. Beroperasi di lini serang, Osako baru menorehkan 1 assist. Osako sendiri, sudah merasakan sepak bola Jerman sejak tahun 2014 bersama 1860 TSV Munich.

6. Keita Endo (Union Berlin)

6 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga Musim Inirbb24.de/imago images/Contrast

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Keita Endo yang membela klub Bundesliga mulai musim ini. Performa gemilang Endo bersama klub Jepang, Yokohama Marinos, membuat Union Berlin tertarik memboyongnya dengan status pinjaman. Pemain yang baru berusia 23 tahun tersebut bisa saja mendapat kontrak permanen jika tampil apik.

Hingga saat ini, pemain yang berposisi sebagai sayap kiri itu sudah mendapat kesempatan tampil dalam beberapa pertandingan. Ia telah membela Union Berlin dalam 8 pertandingan di Bundesliga. Namun, dari kesempatan yang ia dapat sejauh ini, Endo baru mencetak 1 gol.

 

Itulah enam pemain Jepang yang telah mencatatkan penampilan di Bundesliga musim ini. Tak hanya membanggakan publik Jepang, kiprah mereka di Bundesliga juga membanggakan Asia.

Baca Juga: 7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya