5 Pemain Tertua yang Mentas di Fase Grup Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo masuk daftar

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi tontonan menarik bagi penggemar sepak bola. Sejak fase grup, ada juga beberapa bintang yang sudah tak lagi muda tampil.

Meskipun sudah tak muda lagi, mereka tetap menjadi andalan di negaranya masing-masing. Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo di Portugal.

Lantas, siapa saja pemain tertua yang mentas di fase grup Piala Dunia 2022?

1. Atiba Hutchinson (Kanada)

5 Pemain Tertua yang Mentas di Fase Grup Piala Dunia 2022Atiba Hutchinson (twitter.com/CanadaSoccerEN)

Pemain tertua yang mentas di fase grup Piala Dunia 2022 adalah Atiba Hutchinson. Ia merupakan gelandang veteran yang masih menjadi andalan Timnas Kanada. Pada fase grup, sang kapten itu tampil membela Kanada dalam tiga pertandingan. 

Pertandingan terakhirnya menghadapi Maroko di laga ketiga. Dalam pertandingan yang dimainkan pada 1 Desember 2022 itu, Hutchinson sudah berusia 39 tahun 9 bulan 23 hari. Sayangnya, ia tak mampu membantu negaranya melaju ke babak berikutnya.

2. Pepe (Portugal)

5 Pemain Tertua yang Mentas di Fase Grup Piala Dunia 2022Pepe (twitter.com/officialpepe)

Berikutnya, ada Pepe yang juga mencatatkan pertandingan di fase grup Piala Dunia 2022. Bek tengah ini membela Portugal dalam dua pertandingan. Setelah mengantarkan timnya lolos dari fase grup, Pepe masih memiliki kesempatan tampil kembali.

Terbaru, Pepe membela Portugal saat melawan Korea Selatan. Dalam pertandingan yang digelar pada 2 Desember 2022 itu, ia sudah menginjak usia 39 tahun 9 bulan 5 hari. Piala Dunia kali ini pun kemungkinan besar menjadi kesempatan terakhirnya.

Baca Juga: 5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!

3. Dani Alves (Brasil)

5 Pemain Tertua yang Mentas di Fase Grup Piala Dunia 2022Dani Alves (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pemain ketiga ini tentunya sudah tak asing lagi karena pernah bersinar saat main di Eropa. Dani Alves sudah tak muda lagi, tetapi mendapat kesempatan membela Brasil di Piala Dunia 2022.

Ia hanya memainkan satu pertandingan di fase grup. Tepatnya saat Brasil menghadapi Kamerun di laga terakhir pada 2 Desember 2022.

Dalam pertandingan tersebut, Alves sudah berusia 39 tahun 6 bulan 26 hari. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini mencatatkan 125 caps bersama Brasil.

4. Thiago Silva (Brasil)

5 Pemain Tertua yang Mentas di Fase Grup Piala Dunia 2022Thiago Silva (fifa.com)

Thiago Silva menjadi andalan Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar. Dipercaya sebagai kapten, ia sukses mengantarkan negaranya lolos ke babak gugur. Pemain yang kini membela Chelsea itu selalu menjadi andalan Selecao di lini belakang dalam dua laga awal.

Di laga kedua menghadapi Swiss, Silva sudah menginjak usia 38 tahun 2 bulan 6 hari. Dengan tambahan 2 pertandingan di fase grup Piala Dunia 2022, ia telah mencatatkan 111 caps bersama Timnas Brasil.

5. Cristiano Ronaldo (Portugal)

5 Pemain Tertua yang Mentas di Fase Grup Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo (fifa.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah sang megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Pada gelaran tahun ini, Ronaldo dituntut untuk meraih gelar Piala Dunia. Edisi kali ini bisa jadi yang terakhir bagi mantan pemain Manchester United itu.  

Sejauh ini, langkah CR7 dan Portugal masih berjalan mulus hingga lolos ke babak gugur. Saat Portugal menghadapi Korea Selatan, Ronaldo sudah menginjak usia 37 tahun 9 bulan 27 hari. Ia masih berkesempatan mencatatkan rekor baru pada babak berikutnya.

Usia hanyalah angka bagi para pemain tersebut. Pada usianya yang sudah tak muda lagi, mereka tetap habis-habisan membela negara agar melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 3 Kandidat Suksesor Cristiano Ronaldo Sebagai Kapten Portugal

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya