5 Pemain Top Dunia yang Ternyata Lulusan Akademi Le Havre

Selain Paul Pogba, ada siapa saja?

Mungkin tak banyak yang tahu jika ada klub sepak bola bernama Le Havre AC. Klub ini berasal dari Prancis yang kini bermain di Ligue 2 atau kasta kedua Liga Prancis. Namun, jika kamu mendengar nama Paul Pogba pasti sudah sangat familiar.

Siapa sangka, jika pemain sekelas Pogba pernah menimba ilmu di akademi Le Havre sebelum direkrut tim akademi Manchester United. Pogba sendiri hanya salah satu contoh dari beberapa pemain ternama yang merupakan produk akademi Le Havre.

Klub-klub asal Prancis memang cukup dikenal sebagai tempat lahirnya para pemain hebat, dan Le Havre adalah salah satunya. Lantas, siapa saja pemain top dunia yang ternyata lulusan akademi Le Havre? Berikut kami sajikan ulasannya.

1. Steve Mandanda (Marseille)

5 Pemain Top Dunia yang Ternyata Lulusan Akademi Le Havreligue1.com

Salah satu pemain ternama yang pernah menimba ilmu di akademi Le Havre ada Steve Mandanda. Kiper yang kini sudah berusia 35 tahun itu tentu saja sudah cukup dikenal. Meskipun sudah tak muda lagi, ia masih menjadi andalan Olympique Marseille tepatnya sejak sejak 2007/2008. Sebelumnya, Mandanda dikontrak profesional oleh Le Havre pada 2005/2006. 

Awalnya, Marseille meminjam kiper asal Prancis itu dari Le Havre. Penampilannya yang memukau membuat kiper yang satu ini dipermanenkan Marseille. Saat dikontrak tim utama Le Havre, ia telah menjalani 70 pertandingan. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 26 clean sheet dan harus 69 kebobolan.

2. Benjamin Mendy (Manchester City)

5 Pemain Top Dunia yang Ternyata Lulusan Akademi Le Havregoal.com/Getty Images

Kemudian ada Benjamin Mendy, lulusan akademi Le Havre yang saat ini berseragam Manchester City. Pemain berposisi bek kiri ini sempat dikontrak tim utama Le Havre sejak musim 2011/2012 hingga 2012/2013.

Sebelum ke City, ia sempat membela klub Prancis lainnya yaitu Olympique Marseille dan AS Monaco. The Cityzens pun tertarik memboyongnya tepatnya pada musim 2017/2018 dari Monaco.

Hingga saat ini, pemain berkebangsaan Prancis ini masih menjadi bagian skuad Pep Guardiola. Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut sempat menjalani 64 pertandingan bersama Le Havre di semua kompetisi.

Baca Juga: 10 Pemain Prancis yang Catatkan Nilai Transfer Tertinggi, Fantastis!

3. Ferland Mendy (Real Madrid)

5 Pemain Top Dunia yang Ternyata Lulusan Akademi Le Havregoal.com/Getty Images

Bek kiri lainnya yang juga pernah menimba ilmu di akademi Le Havre ada Ferland Mendy. Namanya mulai dikenal ketika memperkuat raksasa Spanyol, Real Madrid. Ia diboyong El Real dari Olympique Lyon pada musim 2019/2020 lalu.

Sebelum membela Lyon, ia juga pernah memperkuat tim utama Le Havre. Tepatnya sejak musim 2015/2016 hingga 2017/2018. Selama dua musim berseragam Le Havre, pemain 25 tahun itu mencatatkan 50 pertandingan.

Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 2 gol dan 6 assist. Kini, pemain asal Prancis itu mulai dipercaya menjadi pilar utama El Real.

4. Paul Pogba (Manchester United)

5 Pemain Top Dunia yang Ternyata Lulusan Akademi Le Havrefoxsportsasia.com

Berikutnya ada Paul Pogba yang tentu saja sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Pemain berposisi gelandang ini belum sempat dikontrak tim utama Le Havre. Saat masih tergabung di tim muda Le Havre, bakat Pogba sudah tercium pencari bakat United. Dirinya pun diboyong United pada musim 2009/2010.

Sempat membela Juventus, ia akhirnya kembali ke Old Trafford pada musim 2016/2017. Menjadi salah satu gelandang top dunia, sepanjang kariernya pemain 27 tahun ini telah mencatatkan 388 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga berhasil menorehkan 72 gol serta 83 assist.

5. Riyad Mahrez (Manchester City)

5 Pemain Top Dunia yang Ternyata Lulusan Akademi Le Havregoal.com/Getty Images

Pemain ternama yang juga pernah menimba ilmu di akademi Le Havre ada Riyad Mahrez. Pemain yang saat ini menjadi andalan Manchester City tersebut sempat dikontrak tim utama Le Havre da musim 2011/2012. Pada musim 2014/2015 ia kemudian hijrah ke Leicester City dan tampil mengesankan yang membuat The Cityzens kepincut.

Hingga akhirnya, Mahrez direkrut The Cityzens pada musim 2018/2019 dan bertahan hingga kini. Saat dikontrak Le Havre, pemain 29 tahun ini tampil dalam 66 pertandingan. Berposisi sebagai penyerang sayap, pemain Aljazair itu menorehkan 10 gol dan 12 assist.

 

Itulah lima pemain ternama tak disangka lulusan akademi Le Havre. Mungkin klubnya kurang dikenal, namun ternyata Le Havre menjadi tempat lahirnya pemain bintang. Siapa pemain dalam daftar ini yang paling bersinar?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya